Cara Mengukur Ketebalan Ban Mobil Plus Harga Alat Ukurnya

Ketebalan dan tekanan angin ban mobil jangan sampai disepelekan. Membiarkan ukuran ketebalan dan tekanannya ban mobil tidak ideal bisa memengaruhi pengalaman saat kendaraan.

Jangan sampai hal tersebut tidak memenuhi standar karena bisa memengaruhi kenyamanan dan performa mobil saat digunakan.

Perlu diingat, tekanan angin ban yang tidak ideal bisa membahayakan pengemudi, penumpang hingga pengendara lain. Ukuran tekanan angin ban mobil yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi bisa menjadi pemicu ban bocor.

Pastinya semua orang gak mau kan hal di atas terjadi, yuk pelajari informasi seputar ban mobil di bawah ini.

Pengaruh ketebalan ban pada mobil

Apakah ada pengaruh ketebalan ban pada mobil saat dikendaraI? Secara umum hal tersebut sudah dijelaskan lewat penjelasan di atas.

Saat ini tak jarang mobil menggunakan velg besar dengan profil ban yang cukup tipis, misalnya ukuran 265/30 pada ukuran 19 inci.

Pabrikan otomotif tertentu seperti Hyundai tetap mengandalkan profil ban tebal seperti di Santa-Fe yang menggunakan 235/60 R18 pada tipe bensin.

Pengaruh ukuran ketebalan ban adalah perihal kenyamanan berkendara. Ban berprofil tipis tentu tidak membuat pengalaman berkendara nyaman.

Hal ini terjadi karena ban yang tebal lebih meredam seluruh lonjakan di jalan yang dilintasi mengingat ban bermaterial relatif lunak yang bertindak layaknya matras.

Semakin tebal profil bannya, maka semakin banyak energi yang bisa diserap sehingga ban lebih empuk.

Ban profil tipis tidak bisa meredam ban sebaik ban berprofil tebal dan membuat pengendaraan menjadi lebih keras meski suspense mobilnya sama sekalipun.

Selain itu, ban yang lebih tebal akan melindungi velg dari kerusakan. Inilah pengaruh ketebalan ban untuk menghantam lubang di jalan tol saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Ban yang tebal akan menyerap lebih banyak energi sehingga velg lebih terlindungi, tidak penyok atau bahkan pecah.

Ban yang tebal juga sangat mendukung kebutuhan saat kamu harus mengangkut penumpang dengan jumlah banyak.

Ukuran ketebalan ban mobil

Cara Mengukur Ketebalan Ban Mobil Plus Harga Alat Ukurnya

Performa ban memang harus tetap optimal jika ingin selalu aman dalam berkendara. Jadi, pastikan ketebalan alur ban mobil selalu sesuai standar. Sebagai informasi, kode yang tertera pada sisi luar ban berisi informasi seputar tingkat ketebalan ban. Misalnya, kode ban 205/65R15 95H. Di bagian awal kode, kamu bisa melihat angka 205. Nah, angka ini menunjukkan tingkat ketebalan ban mobil dalam ukuran milimeter saat dipasangi pelek.

Alur ban atau kembangan ban ternyata berpengaruh besar terhadap performa ban di mana ketebalannya harus berada di rentang yang direkomendasikan.

Dengan begitu, alur ban sangat membantu ban untuk mencengkeram dengan permukaan jalan dengan baik dan memberikan traksi untuk melaju.

Jika ketebalan ban atau alur ban sudah tipis, risikonya sangat besar. Keselamatan pun jadi taruhannya. Karena tipis, ban jadi licin sehingga tidak mampu mencengkram permukaan jalan secara optimal.

Ketebalan alur ban atau tread ini akan semakin terasa saat musim hujan di mana pola treadnya yang unik bermanfaat membuang air yang ada di jalan.

Lewat tread tersebut, air di permukaan jalan akan dialirkan melewatinya sehingga ban bisa tetap menapak dengan maksimal.

Agar performa ban tetap optimal, perhatikan ketebalan alur ban. Disarankan mengganti ban dengan yang baru ketika ukuran ketebalan bannya mencapai 1,6 mm.

Toleransi maksimal ketebalannya adalah 1,4 mm. Jika sudah kurang, maka bisa dipastikan kondisi ban sudah buruk karena tidak mampu mencengkeram jalan.

Cara mengukur ketebalan ban

Untuk melakukan pengukuran ukuran ketebalan ban mobil, diperlukan alat khusus yang disebut sebagai Tire Depth Gauge.

Bentuk alat tersebut berupa simbol segitiga yang terletak di batas terbawah kembangan ban dan tonjolan karet di sela kembangan ban.

Jika TWI sudah terlihat atau malah terkikis, ban wajib diganti tanpa perlu. Ini berarti tread sudah menipis.

Jika belum terlihat, kamu bisa mencari tahu ketebalan tread dari sana. Ingat, jangan mengukur dari dasar paling dalam alur ban karena tidak akan menggambarkan ketebalan tread yang sesungguhnya.

Apabila tingkat ketebalan di bawah rentang toleransi atau mendekati, segera ganti ban. Jangan sampai ban semakin botak. 

Daftar harga pengukur ketebalan ban mobil

Cara Mengukur Ketebalan Ban Mobil Plus Harga Alat Ukurnya

Alat pengukur ketebalan ban mobil atau tire depth gauge banyak dijual di pasaran, termasuk di e-commerce. Alat ini berguna untuk mengukur kedalaman ban sehingga kamu dapat dengan akurat mengetahui apakah ban mobil atau motor sudah aus dan layak untuk diganti atau belum. 

Saat ini sudah banyak alat pengukur ketebalan ban dengan teknologi digital LCD sehingga hasil ukur ditampilkan dengan sangat akurat dan mudah dimengerti. Lalu berapa harganya? 

  • GemRed Tyre Tread Depth Gauge QST-601: Rp88.000
  • Incoco Digital Tread Depth Gauge Ingco HDCP00101: Rp110.000
  • Fatools CO250115 –  Digital Depth Gauge Size 6″: Rp1.500.000
  • Teclock Digital Depth Gauge Type: DMD-210J: Rp5.200.000
  • Mitutoyo 571-203-30 Digital ABS Abslolute AOS Depth Gauge Gage 0-300mm: Rp6.650.000

Selain harga di atas, masih ada banyak alat pengukur ketebalan ban mobil manual maupun digital dari berbagai merk. Kamu tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhan. 

Ban mobil tidak boleh dilewatkan pemeriksaannya dari ukuran tekanan dan ketebalannya. Ban yang bagus akan memberikan performa berkendara yang maksimal. Jangan lupa lengkapi perlindungan dengan asuransi mobil, ya!

FAQ seputar ketebalan ban mobil

Berapa ukuran tekanan ban mobil?

Perlu diketahui, ukuran tekanan angin setiap ban mobil umumnya dianjurkan sama. Jika satu ban direkomendasikan 30 Psi maka ban yang lain harus mengikutinya. Tujuannya adalah agar kendaraan stabil saat dikendarai. Dengan ukuran tersebut, mobil masih bisa menampung penumpang hingga 5 orang.

Bagaimana cara mengukur ketebalan ban mobil?

Cara mengukur ketebalan ban diperlukan alat khusus yang disebut sebagai Tire Depth Gauge. Bentuk alat tersebut berupa simbol segitiga yang terletak di batas terbawah kembangan ban dan tonjolan karet di sela kembangan ban. Jika TWI sudah terlihat atau malah terkikis, ban wajib diganti tanpa perlu. Ini berarti tread sudah menipis.

Bagaimana pengaruh ukuran ketebalan ban mobil?

Pengaruh ukuran ketebalan ban adalah perihal kenyamanan berkendara. Ban berprofil tipis tentu tidak membuat pengalaman berkendara nyaman. Hal ini terjadi karena ban yang tebal lebih meredam seluruh lonjakan di jalan yang dilintasi mengingat ban bermaterial relatif lunak yang bertindak layaknya matras.