6 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Bagaimana cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus?

Mobil merupakan jenis kendaraan yang banyak diminati masyarakat kita karena memberikan kenyamanan dan privasi tersendiri. Tujuan orang memiliki mobil pun juga berbeda-beda. 

Ada yang menggunakan mobil sebagai kendaraan sehari-hari, ada yang dijadikan sebagai sumber penghasilan, bahkan ada juga yang dijadikan sebagai hobi untuk dimodifikasi.

Nah, kalau kamu sebagai pemilik atau pengguna mobil selama bertahun-tahun, apakah kamu paham beberapa lampu indikator yang ada di mobilmu?

Tidak hanya sebagai lambang atau gambar tertentu, lampu indikator mobil berfungsi untuk memudahkan para pengemudi melihat kerusakan yang terjadi pada mobilnya.

Umumnya lampu indikator ini berada di dalam speedometer mobil.

Kalau lampu indikator mobil kamu menyala terus, tidak bisa dimatikan, atau bahkan nyala-mati-nyala-mati, tentu ini bisa buat kamu bingung apalagi kalau kamu sedang dalam perjalanan.

Contohnya, lampu indikator kunci menyala atau lampu indikator suhu mobil yang menyala terus.

Apa aja sih penyebab lampu indikator mobil menyala terus? Apa yang harus kamu cek? Bagaimana cara mengatasi lampu mobil kalau menyala terus? Simak ulasannya berikut ini!

1. Cek tangki bensin sebagai cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus

6 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Kamu baru saja isi bensin? Lampu indikator mobilmu menyala terus? Bisa jadi karena tangki bahan bakar mobil kamu belum tertutup secara rapat.

Walaupun terlihat sepele, tangki yang terbuka atau belum tertutup rapat bisa menyebabkan kebocoran bahan bakar lho. 

Penutup tangki bensin berfungsi untuk menampung bensin mobil pada saat kendaraan berjalan. Tangki juga berperan dalam menahan bahan bakar agar tidak tumpah. 

2. Cek filter udara

6 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Udara yang terjebak pada mesin dapat menyebabkan lampu indikator menyala terus dan sensor oksigen mengalami gangguan.

Karena itu, kamu perlu bersihkan atau ganti filter udara mobil sesuai jadwal rutin dari buku pedoman resmi sebagai cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus.

Filter udara pada mobil adalah garda terdepan dalam menyaring serta mencegah kotoran dan debu dari udara masuk ke dalam ruang pembakaran mesin.

Bahkan, filter udara yang dibiarkan kotor dapat mengakibatkan penurunan performa dan berujung pada keausan komponen lain dalam mesin.

Beberapa langkah berikut ini bisa kamu coba sendiri dalam mengecek filter udara mobil.

  • Temukan letak filter udara pada mobilmu.
  • Pada mobil modern, filter udara berada di dalam kotak cold air collector yang tersambung dengan saluran air intake. Sementara untuk mobil dengan karburator, filter terletak di dalam air cleaner yang berbentuk lingkaran dan posisinya di atas mesin.
  • Lepaskan filter udara dari tempatnya dan coba terawang filter ke arah sumber cahaya.
  • Jika tidak ada cahaya yang tembus, coba jatuhkan secara ringan ke permukaan yang keras dengan bagian bawah tetap menghadap ke bawah untuk melepaskan sebagian kotoran.
  • Jika filter masih kotor, kamu bisa mencoba membersihkannya dengan vacuum cleaner atau meniupnya dengan udara bertekanan. Ingat, jangan sampai mendorong kotoran masuk ke dalam filter.
  • Jika filter masih terlalu kotor juga setelah kamu coba bersihkan, itu berarti filter harus sudah diganti dengan yang baru.

3. Rutin servis

6 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Rutin servis juga dapat menjadi cara untuk mengatasi lampu indikator mobil menyala terus. Kamu bisa menanyakan apa penyebab lampu indikator mobil yang menyala terus sambil montir mengecek kendaraan kamu.

Servis secara berkala memang dibutuhkan mobil agar tetap memiliki performa yang baik. Dengan melakukan servis rutin, montir akan mengecek semua kondisi mobil dan memberitahu apakah ada komponen yang bermasalah atau tidak.

Hal ini sebagai upaya untuk segera melakukan perbaikan atau penggantian agar masalah tersebut tidak merembet pada komponen lain.

Usahakan untuk melakukan servis rutin di bengkel resmi agar kondisi mobilmu tetap terjaga dan kredibilitas montirnya pun dapat dipercaya.

4. Cek busi

6 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Bersih-bersih sepertinya harus menjadi kebiasaanmu jika memiliki mobil.

Selain membersihkan filter udara, ternyata kamu juga bisa mengatasi lampu indikator mobil yang menyala terus dengan rajin membersihkan busi mobil,.

Busi memang sangat penting untuk menunjang performa mesin kendaraan. Kalau busi tersebut rusak atau kotor, biasanya lampu indikator mobil akan menyala.

Cek dan bersihkan busi secara teratur dan berkala agar kondisi mobilmu tetap prima.

5. Cek aki

6 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Sering mendengar aki soak? Salah satu penyebab utama aki soak adalah mobil yang jarang digunakan.

Aki yang tidak mendapat suplai listrik yang cukup, kapasitas kinerjanya akan kurang maksimal sehingga kendaraan sulit dihidupkan.

Kendala ini ternyata dapat mengakibatkan lampu indikator menyala terus, lho. Karena itu, pastikan aki mobil kamu tetap dalam kondisi prima. Cara pengecekannya mudah kok.

Kamu hanya perlu melepaskan kepala aki yang bertanda minus. Kemudian kendorkan dan angkat kepala aki secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu pasang kembali aki dan nyalakan mobil.

6. Cek mesin

6 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Hal terakhir yang kamu bisa lakukan jika lampu indikator mobil menyala terus adalah dengan cek kondisi mesin mobil. Kamu bisa memeriksa sendiri bagian mesin secara keseluruhan kok. 

Caranya dengan membuka kap mesin dan periksa bagian radiator, aki, kabel aki, busi, kabel busi, sistem pendingin AC, rotak atau membran, selang mesin, dan bagian sekring secara teliti.

Apabila ada kerusakan kecil, kamu bisa memperbaikinya sendiri kalau kamu memang memahami mesin mobil.

Sediakan alat pembongkar dan peralatan yang kamu perlukan selama proses replacement.

Kalau peralatanmu belum lengkap, kamu bisa membeli terlebih dahulu di bengkel terdekat. Kalau tidak mau repot, langsung bawa ke bengkel resmi terdekat.

Macam jenis lampu indikator mobil

Ada banyak lampu indikator mobil, apa kamu sudah tau apa saja jenis dan kegunaannya? Coba cek penjelasannya berikut ini!

1. Lampu indikator check engine

Arti lampu indikator pada mobil di bagian check engine yang menyala bisa menandakan ada yang tidak beres pada bagian mesin mobil atau kelistrikan. Check engine adalah salah satu lampu indikator yang cukup krusial.

Untuk mengetahui penyebab kerusakan mesin, harus menggunakan peralatan khusus yang ada di bengkel. Agak berisiko jika kamu mencobanya sendiri.

Untuk itu, segera bawa mobil kamu ke bengkel terdekat jika lampu indikator check engine kamu menyala.

2. Lampu indikator sabuk pengaman

Lampu indikator sabuk pengaman akan menyala jika pengemudi atau penumpang belum menggunakan sabuk pengaman.

Umumnya  indikator sabuk pengaman dilengkapi dengan bunyi dan alarm untuk mengingatkan pengemudi agar menggunakan seatbelt. Utamakan selalu keamanan dalam berkendara ya.

3. Lampu indikator SRS

SRS atau Supplemental Restraint System adalah sistem pengamanan tambahan pada mobil, seperti airbag, seatbelt, serta sensor keselamatan. 

Kalau kamu melihat lampu indikator bertuliskan “SRS” atau gambar orang duduk memangku bulatan, itu berarti mobil tersebut sudah dilengkapi dengan airbag yang berfungsi untuk melindungi penumpang mobil ketika terjadi tabrakan.

Jika lampu indikator ini menyala, itu berarti terjadi malfungsi pada sistem airbag mobil. Cek segera ke bengkel agar airbag mobil kamu bisa berfungsi normal apabila terjadi tabrakan.

4. Lampu indikator suhu mobil

Jika indikator suhu mobil kamu berwarna kuning atau oranye, itu berarti temperatur mesin masih dalam keadaan sedang. Namun, jika indikatornya menunjukkan warna merah, kamu harus segera menepi dan matikan mobil. 

Biasanya hal ini menyebabkan kendaraan menjadi mogok. Usahakan untuk mematikan terlebih dulu AC, radio, serta sistem lainnya.

Kondisi suhu panas umumnya terjadi ketika mesin mobil dipacu melebihi kapasitas maksimumnya atau terjadi kerusakan pada sistem pendinginan.

Selain itu, lampu indikator suhu mobil juga bisa menyala ketika air radiator mobil berkurang atau bocor.

5. Lampu indikator aki

Jika lampu indikator aki menyala, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa.

Penyebabnya mungkin karena aki yang sudah rusak, pemasangan kabel yang buruk, permasalahan dinamo ampere, atau aki tidak mau mengisi. Jangan disepelekan karena dapat membuat mobil mogok saat dalam perjalanan!

6. Lampu indikator oli

Kalau lampu indikator oli menyala, itu berarti kondisi oli mobil kamu perlu untuk dilakukan penambahan atau diganti. Hal ini untuk mencegah agar mobilmu tidak cepat rusak dan kinerja mobil tetap optimal.

7. Lampu indikator tekanan ban

Jika indikator tekanan ban menyala, jangan disepelekan ya. Hal ini berarti salah satu atau beberapa ban mobil kamu kekurangan tekanan. Jika dibiarkan, akibatnya dapat terjadi kecelakaan.

Usahakan untuk rutin mengecek tekanan ban mobil sebelum bepergian. Selain untuk keamanan, berkendara pun juga dapat menjadi lebih nyaman karena dapat mengurangi gesekan.

Saat ini sudah banyak jenis mobil yang memasang indikator tekanan ban untuk mengetahui jika ada yang tidak beres dengan tekanan ban.

Indikator tersebut berisi petunjuk mengenai tekanan ban yang sesuai dengan kondisi mobil.

8. Lampu indikator ABS

ABS atau Anti-lock Brake System adalah sistem pengereman mobil agar tidak terkunci saat terjadi pengereman mendadak.

Ketika ban terkunci, kecelakaan dapat terjadi karena mobil kehilangan kendali. Pada teknologi ABS, terdapat lampu indikator yang akan menyala ketika sistem rem ABS bekerja.

Jika lampu indikator ABS menyala terus, itu berarti ada masalah lain pada komponen mobilmu. Penyebabnya bisa minyak rem mobil berkurang, masalah pada speed sensor, masalah kabel pada di dalam mesin, atau lainnya.

9. Lampu indikator bensin

Lampu indikator bensin pasti mudah dipahami pemilik mobil. Lampu indikator ini biasanya akan menyala terus jika mobil kehabisan bahan bakar.

Oleh karena itu, sebelum bahan bakar benar-benar habis dan membuatmu repot, segera isi bensin mobil kamu ke SPBU terdekat ya.

10. Lampu indikator rem

Jika lampu indikator rem menyala itu menandakan bahwa rem tangan mobil masih aktif.

Namun, jika rem tangan sudah dilepas, tetapi lampu indikator masih menyala juga, hal itu berarti bahwa minyak rem mobil kamu sudah habis.

Segera isi minyak rem mobil dengan menggunakan minyak rem yang direkomendasikan.

11. Lampu indikator pintu terbuka

Sebelum mengemudi, pastikan semua pintu mobil tertutup rapat. Jika tidak, lampu indikator pintu terbuka akan menyala.

Fitur ini bisa berbeda-beda untuk setiap jenis mobil, ada indikator yang menyala terus jika ada salah satu pintu yang belum tertutup rapat.

Namun, ada juga indikator yang lebih detail memberikan notifikasi mengenai pintu bagian mana yang belum tertutup.

12. Lampu indikator airbag

Lampu indikator airbag berfungsi untuk menandakan bahwa airbag atau pelampung kendaraan sedang digunakan. Kalau lampu indikator airbag menyala, tapi sedang tidak dipakai, kamu perlu mencari tahu penyebabnya. 

Biasanya hal ini terjadi karena saklar seatbelt terganggu atau ada kotoran di sekitar seatbelt yang mengganjal. Hal ini dikarenakan ada hubungan yang sangat erat antara indikator seatbelt dengan airbag.

Penyebab lampu indikator mobil menyala terus

Seperti yang telah dijelaskan di atas, lampu indikator mobil yang menyala terus dapat menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan mobilmu.

Tidak boleh disepelekan, kamu harus cari tau penyebabnya agar kondisi mobil kamu tetap optimal. Nah, apa saja penyebab lampu indikator mobil menyala terus, baik saat kondisi mesin mati ataupun hidup?

1. Gangguan catalytic convertor

Lampu indikator yang menyala terus dapat dikarenakan adanya gangguan pada catalytic converter.

Catalytic converter adalah komponen mobil yang berfungsi untuk menyaring hidrokarbon berupa bensin yang belum terbakar. Komponen ini juga berfungsi untuk menyaring polutan dari mesin mobil.

2. Penutup tangki bensin belum rapat

Penyebab lainnya adalah penutup tangki bensin yang belum rapat. Penutup tangki bensin berfungsi untuk menampung bensin mobil pada saat kendaraan berjalan.

Tangki juga berperan dalam menahan bahan bakar agar tidak tumpah. Jadi, pastikan penutup tangki bensin tertutup rapat agar lampu indikator mobil tidak menyala terus, ya.

3. Gangguan sensor oksigen mobil

Sensor oksigen mobil berfungsi untuk memeriksa emisi gas buang kendaraan dengan cara mengukur oksigennya. Sensor ini juga dapat menjadi petunjuk apakah campuran bahan bakar mobil sudah pas atau belum.

Kalau lampu indikator mobilmu menyala terus, jangan lupa juga untuk mengecek ada tidaknya gangguan pada sensor oksigen!

4. Gangguan di mass airflow sensor

Gangguan pada mass airflow sensor juga dapat menjadi penyebab lampu indikator mobil menyala terus.

Mass airflow sensor berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang mengalir lewat katup gas pada throttle body. Dibutuhkan pengecekan secara detail ke bengkel resmi agar lampu indikator tidak terus menerus menyala.

5. Busi bermasalah

Terakhir, lampu indikator mesin nyala terus juga bisa disebabkan busi yang bermasalah.

Sebagai bagian yang penting pada kendaraan, busi bermanfaat sebagai pembakar mesin, cadangan aki, menghidupkan mesin mobil, serta menjaga stabilitas mesin mobil.

Cek segera busi kendaraan jika lampu indikator mobil terus menyala.

Komponen yang perlu dicek atau diganti saat lampu indikator menyala terus

Saat dilakukan pengecekan oleh montir, biasanya kamu akan diberitahu tentang beberapa komponen yang sering berhubungan dengan lampu indikator yang menyala tersebut.

Jika terjadi gangguan, mungkin masih bisa diperbaiki. Namun, jika sudah rusak, sudah pasti harus diganti.

Nah, apa saja komponen yang perlu di cek atau diganti kalau lampu indikator mobil menyala terus? Berikut ini adalah beberapa komponennya.

  • Control valve evaporative emissions purge. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan, menyaring, dan mentransfer uap.
  • Solenoid evaporative emissions purge. Komponen yang menggerakkan katup canister pada control valve yang secara otomatis terhubung ke rangkaian EFI. 
  • Tutup tangki bahan bakar. Komponen ini berfungsi untuk menghalangi agar bensin tidak tumpah.
  • Thermostat. Komponen ini berfungsi untuk mengatur buka tutup sirkulasi cairan pendingin pada mesin mobil.
  • Busi. Komponen ini berfungsi sebagai sebagai pembakar mesin, cadangan aki ketika aki sudah soak, menghidupkan mesin mobil, penghasil listrik yang bentuknya dapat berupa percikan-percikan api, dan menjaga mesin mobil agar tetap stabil.
  • Catalytic converter. Komponen ini berfungsi untuk menyaring hidrokarbon dan polutan yang dihasilkan mesin mobil.
  • Koil pengapian. Komponen ini berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik dari aki yang awalnya hanya belasan volt menjadi ribuan volt.
  • Sensor mass air flow. Komponen ini berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang mengalir melalui throttle valve atau katup gas pada throttle body.
  • Sensor oksigen. Bekerja untuk memeriksa emisi gas buang kendaraan dengan cara mengukur kandungan oksigen di dalam gas buang.

Pentingnya asuransi mobil

Ketika memiliki kendaraan, pastikan juga kamu memiliki asuransi kendaraan yang akan melindungi kamu dari biaya tidak terduga yang menguras kantong, amit-amit misalnya kalau terjadi kecelakaan dan sejenisnya.

Beberapa manfaat asuransi kendaraan meliputi:

  • Menutup biaya perbaikan mobil apabila terjadi kerusakan.
  • Memberi perlindungan mobil dari risiko kecelakaan.
  • Memberi penggantian jika terjadi kehilangan akibat pencurian.
  • Membantu merencanakan keuangan dan mengurangi pengeluaran.
  • Memberi rasa tenang dan aman.
  • Manfaat fitur layanan tambahan.
  • Bebas dari tanggungan pihak ketiga.
  • Bebas dari biaya ekstra.
  • Bebas biaya derek mobil.
  • Membantu mengurus kerusakan selama 24 jam.
  • Diskon untuk pertanggungan pihak ketiga.

Kamu bisa memilih asuransi mobil all risk atau TLO. Asuransi mobil all risk menanggung segala jenis kerusakan, baik kerusakan kecil maupun total.

Sementara asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan total saja atau biaya perbaikan mobil di atas 75 persen dari harga mobil tersebut saat itu.

FAQ

Apa penyebab lampu indikator injeksi menyala terus?

Secara teknis, lampu ini akan menyala jika adanya gagal fungsi sensor yang terdapat di area mesin.

Penyebab lainnya bisa dikarenakan mass air flow, manifold absolute pressure, camshaft position sensor, oil pressure sensor, dan water temperature sensor.

Apakah penyebab lampu indikator aki menyala terus?

Penyebabnya mungkin karena aki yang sudah rusak, pemasangan kabel yang buruk, permasalahan dinamo ampere, atau aki tidak mau mengisi.

Apa itu engine check?

Logo bergambar mesin pada speedometer mobil. Apabila menyala, itu berarti ada masalah serius yang harus ditanggulangi segera.