Lampu Mobil – Jenis dan Fungsi HID, LED, serta Halogen

Tak hanya variasi pada bodi mobil, kini banyak orang yang memodifikasi lampu mobil.

Pasalnya, kini lampu mobil tidak hanya berfungsi sebagai penerang, tetapi sudah menjadi salah satu aksesori yang dapat menunjang penampilan mobil secara keseluruhan.

Apalagi saat ini, mobil tidak hanya menjadi kebutuhan dan difungsikan sebagai sarana transportasi. Sudah banyak orang yang memiliki mobil sebagai aset ataupun koleksi.

Selain sebagai lampu penerang utama, ada juga lampu variasi mobil yang ditempatkan sebagai aksesori tambahan. Karena itu, tak heran jika sekarang jenis lampu semakin beragam.

Ingin tahu jenis-jenis lampu mobil dan perbedaan antara satu lampu dan lampu lainnya? Simak artikel berikut ini.

Jenis lampu mobil berdasarkan bahan dan tingkat intensitas cahaya

Lampu Mobil – Jenis dan Fungsi HID, LED, serta Halogen

Jenis lampu kendaraan bisa dibedakan berdasarkan bahan dan tingkat intensitas cahayanya. Ini informasi selengkapnya.

1. Halogen

Jenis lampu ini adalah jenis yang paling umum digunakan pada mobil. Lampu halogen biasanya menjadi penerang utama (headlamp) yang terletak pada bagian depan mobil.

Tingkat intensitas cahaya yang dihasilkan lampu halogen berkisar antara 35-55 watt. Cara kerjanya adalah menggunakan filament (kawat pijar), seperti lampu pijar pada umumnya pada suhu tinggi.

Filament inilah yang bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang sehingga cocok digunakan sebagai lampu utama.

2. HID atau High Intensity Discharge

Berbeda dengan lampu jenis halogen, cahaya lampu HID berasal dari pengapian gas Xenon yang berada di dalam tabung.

Meski demikian, nyalanya lebih terang dan lebih tahan lama dibandingkan dengan lampu halogen yang menggunakan filament.

Kekurangan lampu jenis ini adalah penggantiannya membutuhkan arus listrik yang berbeda dan harus menggunakan  ballast untuk menyeimbangkannya.

3. LED atau High Emitting Diodes

Selain digunakan sebagai aksesori tambahan pada rem dan plat mobil, lampu LED kini juga sudah digunakan sebagai lampu utama pada mobil karena mempunyai beberapa keunggulan:

  • membutuhkan daya yang lebih kecil,
  • intensitas cahayanya lebih terang dibandingkan dengan HID,
  • tahan lama, dan
  • pemasangannya mudah karena tidak membutuhkan ballast.

Namun, pemasangannya tetap membutuhkan penambahan relay dan conversion kit. Namun, kamu tak perlu khawatir karena peralatan tersebut biasanya sudah tersedia sebagai satu paket saat membeli lampu LED.

Lampu LED terdiri dari bermacam-macam jenis yang pada umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. LED Limited: lampu ini biasanya digunakan sebagai lampu utama karena memiliki intensitas cahaya yang tinggi.
  2. LED Cree: lampu ini dipakai sebagai lampu tambahan pada rem atau sebagai sein.
  3. LED COB (chip and board): lampu ini berupa susunan deretan chips dalam satu papan yang umumnya digunakan sebagai lampu kabin platform.

Keunggulan dan kekurangan lampu mobil HID, LED, dan Halogen

Setiap jenis lampu kendaraan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu berencana ingin mengganti lampu kendaraan, lebih baik ketahui dulu sisi positif dan negatifnya berikut ini.

1. HID

Lampu HID cukup digemari karena menghasilkan cahaya sangat terang tetapi tidak membutuhkan daya yang tinggi. Cahayanya yang putih terang membuat tampilan mobil menjadi lebih mewah dan elegan.

Namun, tahukah kamu jika penggunaan HID sebagai lampu HID sebagai lampu utama lebih baik dihindari karena dapat membahayakan pengendara lain.

Terangnya cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID bisa menyebabkan kebutaan sesaat pada pengendara lain yang sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan mata.

Solusinya, kamu bisa menggunakan proyektor untuk memfilter cahaya dan menjadikannya tidak menyebar ke segala arah.

Meski terang saat cuaca cerah, ternyata sinar lampu HID akan melemah saat hujan. Pancaran sinarnya tidak bisa menembus guyuran hujan deras dan bisa mengurangi visibilitas pengemudi mobil.

Lampu HID juga membuat mika kaca dan krom reflektor pada headlamp menjadi lebih cepat kusam. Kekurangan terakhir adalah harganya masih terbilang mahal.

2. LED 

LED cukup unggul dibandingkan HID karena menghasilkan cahaya yang terang dengan daya yang lebih kecil. Lampu jenis ini pun cukup tahan lama sehingga lampu LED mobil diminati oleh pencinta otomotif.

Kekurangannya adalah sinarnya lebih putih dan kurang kuat dibandingkan dengan halogen sehingga tidak cukup terang digunakan saat hujan. Harganya pun lebih mahal dibandingkan dengan halogen.

3. Halogen

Keunggulan lampu halogen adalah cahayanya cukup kuat tetapi tidak menyilaukan. Lampu ini juga bisa menembus kabut karena sorot lampunya panjang dan kuat sehingga cocok digunakan pada saat hujan.

Selain harga yang murah dan banyak tersedia di pasaran, penggantiannya pun juga mudah. Sebab saat bohlam lampu putus, kamu hanya perlu mengganti bohlamnya saja.

Kekurangannya adalah karena menghasilkan panas yang cukup tinggi, lampu menjadi cepat buram.

Lampu ini juga boros karena sekali dipakai menghasilkan daya minimal sebesar 55 watt sehingga sangat menguras aki mobil dan membuatnya cepat drop.

Jenis lampu mobil berdasarkan fungsi

Lampu Mobil – Jenis dan Fungsi HID, LED, serta Halogen

Lampu kendaraan juga bisa dibedakan berdasarkan fungsinya. Apa saja? Cek daftar di bawah ini.

1. Lampu senja (lampu kota)

Lampu senja adalah lampu yang harus dinyalakan saat kamu mengendarai mobil di jalanan, meski pada siang hari. lampu ini biasanya berada pada headlamp dan akan menyala otomatis saat kamu menghidupkan mobil.

Lampu ini biasanya menggunakan jenis LED agar lebih irit.

2. Lampu tail (stop lamp)

Lampu tail adalah lampu berwarna merah yang terletak di bagian belakang mobil dan berfungsi untuk memberi tahu pengendara lain di belakang jika kamu hendak berhenti. Jenis lampu yang biasanya dipakai adalah LED.

3. Lampu dekat (low beam)

Lampu ini berfungsi untuk menerangi jalan dalam jarak yang pendek atau sekitar lima meter di depan mobil. Lampu ini biasanya dinyalakan saat malam hari pada kondisi jalanan ramai dan cukup pencahayaan.

4. Lampu jauh (high beam)

Lampu jauh memiliki jarak jangkauan cahaya sekitar 10 meter dan menggunakan jenis halogen. Oleh karena itu, lampu ini cocok digunakan saat perjalanan malam hari dalam kondisi jalanan yang sepi dan gelap.

5. Lampu kabut (fog lamp)

Lampu kabut terletak di bagian bawah bumper mobil. Lampu yang berwarna kuning terang ini digunakan saat kamu berada di jalanan yang berkabut tebal.

6. Lampu rem (brake light)

Lampu berwarna merah yang terletak di bagian belakang ini akan semakin terang ketika kamu menginjak pedal rem. Sehingga bisa memperingatkan pengendara lain di belakang untuk berhati-hati karena kamu sedang mengerem.

7. Lampu sein (turn signal lamp)

Lampu sein berwarna kuning dan digunakan sebagai isyarat kepada pengendara lain jika kamu hendak berbelok ke kanan atau kiri.

8. Lampu hazard

Lampu hazard hanya digunakan saat keadaan darurat saja, caranya dengan menyalakan sein kanan dan kiri secara bersama-sama.

9. Lampu mundur

Lampu berwarna kuning keputihan yang berada di bagian belakang mobil ini akan menyala saat mobil akan bergerak mundur.

10. Lampu kabin mobil

Lampu yang berada di dalam interior mobil ini digunakan sebagai penerangan di malam hari. lampu ini biasanya berwarna kuning redup, tujuannya agar tidak mengganggu kendaraan yang ada di belakang.

11. Lampu indikator mobil

Ini adalah lampu yang berada pada dasbor yang akan menyala sesuai kondisi yang terjadi pada mobil.

12. Lampu strobo mobil

Ini merupakan salah satu jenis lampu aksesori yang hanya boleh digunakan untuk kendaraan kedaruratan, seperti seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, Palang Merah Indonesia (PMI), kepolisian, dan patrol jalan tol.

Ciri khas lampu ini adalah memiliki warna terang dan bergerak memutar.

Tips memilih lampu kendaraan

  1. Pahami fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing jenis lampu kendaraan.
  2. Pilih nyala lampu yang sesuai kebutuhan. Lebih baik tidak memilih nyala lampu yang menyilaukan karena dapat membahayakan pengendara lain.
  3. Perhatikan daya listrik yang dibutuhkan, lampu yang membutuhkan daya listrik tinggi akan membuat aki boros dan cepat drop.

FAQ

Apakah lampu LED mobil lebih terang?

LED lebih terang dibandingkan halogen, tetapi tidak lebih terang dibandingkan dengan HID.

Bisakah lampu halogen diganti LED?

Bisa, caranya dengan menggunakan adaptor khusus dari lampu LED.