Mandiri Inhealth – Manfaat, Premi Asuransi, dan Cara Klaimnya

Mandiri Inhealth adalah perusahaan asuransi komersial dengan produk berupa asuransi jiwa dan kesehatan yang telah berdiri sejak 1962.

Perusahaan asuransi ini berada di bawah naungan PT Bank Mandiri (Persero) dengan kepemilikan saham 80%, serta PT Kimia Farma (Persero) dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) dengan kepemilikan saham masing-masing 10%.

Sebagai perusahaan asuransi, Mandiri Inhealth fokus menawarkan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Semua layanannya ditunjang jaringan kantor yang mencakup:

  • 12 kantor pemasaran,
  • 50 kantor pelayanan,
  • 10 kantor operasional, dan
  • 825 pegawai.

Ingin tahu lebih banyak tentang asuransi Mandiri Inhealth? Simak artikel berikut ini.

Jenis asuransi Mandiri Inhealth dan manfaatnya

Mandiri Inhealth – Manfaat, Premi Asuransi, dan Cara Klaimnya

Hingga kini perusahan asuransi Mandiri memiliki enam pilihan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Enam asuransi tersebut merupakan asuransi perorangan/individual dan asuransi kumpulan/grup. Asuransi yang ditawarkannya cocok dimiliki nasabah perorangan ataupun perusahaan.

Berikut ini pilihan asuransinya.

1. Mandiri Inhealth Managed Care

Mandiri Inhealth Managed Care adalah asuransi kesehatan kumpulan yang cocok dimiliki perusahaan untuk memberi tanggungan biaya ke para karyawannya.

Asuransi ini menawarkan layanan promotif (kegiatan terkait edukasi kesehatan), preventif (pencegahan penyakit), kuratif (pengobatan penyakit), dan rehabilitatif (pemulihan).

Manfaat pilihan asuransi Managed Care.

  • Manfaat rawat jalan tingkat pertama dan lanjutan.
  • Manfaat rawat inap dan pelayanan obat.
  • Manfaat rider (tambahan) untuk perawatan gigi, melahirkan, kacamata, ambulans, alat bantu gerak, dan operasi khusus.

2. Mandiri Inhealth Group Term Life

Mandiri Inhealth Group Term Life adalah asuransi jiwa yang diberikan perusahaan kepada para karyawannya.

Asuransi ini akan memberi manfaat asuransi berupa uang pertanggungan (UP) kepada ahli waris yang ditentukan peserta asuransi.

Besaran UP yang akan didapatkan ditentukan pihak perusahaan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, seperti lama masa kerja dan besaran gaji karyawan.

UP akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia karena sakit atau mengalami kecelakaan dalam masa pertanggungan dan atau jika masa pertanggungan telah berakhir.

3. Mandiri Inhealth Indemnity

Mandiri Inhealth Indemnity adalah asuransi kesehatan kumpulan dengan manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan.

Manfaat yang akan didapatkan berupa:

  • Manfaat rawat inap dan jalan.
  • Manfaat tunai bila tertanggung menggunakan BPJS untuk pembiayaan perawatan kesehatan.
  • Manfaat perawatan kesehatan lain, seperti persalinan, perawatan gigi, kacamata, dan lain-lain sesuai kebutuhan tertanggung.

4. Mandiri Inhealth Personal Accident

Mandiri Inhealth Personal Accident adalah asuransi yang akan memberikan manfaat asuransi kepada tertanggung atau ahli waris yang ditunjuk apabila peserta asuransi mengalami risiko-risiko yang telah disepakati dalam masa pertanggungan polis.

Risiko yang termasuk dalam perjanjian polis adalah:

  • Tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Tertanggung mengalami cacat total ataupun tetap karena kecelakaan.
  • Santunan biaya yang disebabkan kecelakaan.

5. Mandiri Inhealth Endowment

Mandiri Inhealth Endowment adalah asuransi kumpulan yang akan memberi manfaat bagi ahli waris apabila peserta asuransi mengalami risiko dalam masa pertanggungan asuransi.

Namun, jika hingga akhir masa pertanggungan tertanggung tidak mengalami risiko dan tetap hidup, ia akan mendapatkan manfaat dalam bentuk uang tunai.

6. Mandiri Inhealth Credit Life

Mandiri Inhealth Credit Life adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat berupa pelunasan sisa utang tertanggung di bank apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan asuransi. 

Premi Mandiri Inhealth

Premi asuransi Mandiri bisa berbeda satu dengan lainnya karena didasarkan pada jenis asuransi yang digunakan dan hasil negosiasi dari kesanggupan perusahaan dalam membayar premi.

Setiap pilihan asuransi Mandiri memiliki skema penghitungan masing-masing, berikut ini selengkapnya.

  1. Premi Managed Care tergantung pada plan dan skema yang dipilih pihak perusahaan.
  2. Premi Indemnity bergantung pada plan, usia tertanggung, dan manfaat tambahan (rider) yang dipilih perusahaan untuk tertanggung.
  3. Premi Group Term Life disesuaikan dengan usia tertanggung dan manfaat yang dipilih. Besaran premi dihitung dari pertimbangan antara manfaat dengan peluang risiko tertanggung.
  4. Premi Personal Accident bergantung pada jenis industri yang dijalankan perusahaan. Semakin rawan terjadi kecelakaan kerja, akan semakin tinggi preminya.
  5. Premi Endowment bergantung pada besaran uang pertanggungan, jangka waktu pertanggungan, usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan tertanggung.
  6. Premi Credit Life bergantung pada lama pinjaman dan usia tertanggung saat melakukan pinjaman tersebut pada kreditur.

Cara klaim asuransi Mandiri Inhealth

Cara klaim asuransi Mandiri sangat mudah karena dapat dilakukan cashless ataupun reimbursement. Berikut ini caranya.

1. Klaim asuransi Mandiri cashless

Jika menggunakan cara cashless, kamu hanya perlu membawa kartu asuransi dan menyerahkannya kepada petugas rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Dengan begitu, seluruh biaya perawatan kesehatan yang kamu butuhkan akan otomatis ditanggung perusahaan asuransi.

2. Klaim asuransi Mandiri reimbursement

Dengan cara ini, kamu akan membayar biaya perawatan medis terlebih dahulu sebelum diklaim ke perusahaan asuransi. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Isi form klaim asuransi yang telah disediakan.
  • Sertakan dokumen pendukung berupa: nota biaya tagihan rumah sakit, resume medis, kartu identitas, dan kartu keanggotaan asuransi.
  • Jika sudah lengkap, kirim seluruh berkas ke perusahaan atau langsung ke pihak asuransi.
  • Proses pengajuan klaim ini akan diproses dalam waktu 14 hari kerja sejak berkas dikumpulkan.

Untuk klaim asuransi jiwa Mandiri juga terdapat dua cara yang dapat dipilih, yaitu:

1. Klaim asuransi oleh tertanggung

Klaim ini biasanya dilakukan tertanggung untuk menarik manfaat asuransi berupa dana tunai jika masa pertanggungan telah selesai dan tertanggung tidak mengalami risiko apa pun. Ini langkah-langkahnya.

  • Mengisi formulir pengajuan permintaan manfaat pertanggungan asuransi dengan menyertakan bukti polis yang masih berlaku.
  • Menyertakan dokumen berupa identitas diri atau surat kuasa apabila tertanggung memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengurus klaim.

2. Klaim auransi oleh ahli waris

Klaim ini dilakukan apabila tertanggung mengalami risiko meninggal dunia, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Isi formulir klaim asuransi jiwa.
  • Siapkan dokumen pendukung berupa surat keterangan kematian dari kelurahan atau petugas yang berwenang, surat keterangan sebab kematian yang dikeluarkan dokter, dan surat keterangan otopsi atau visum jika dibutuhkan.
  • Apabila tertanggung meninggal dunia di luar negeri, ahli waris harus menyertakan surat kematian yang dikeluarkan pihak berwenang dan sudah dilegalisir konsulat jenderal RI setempat.

Keunggulan asuransi Mandiri

Mandiri Inhealth – Manfaat, Premi Asuransi, dan Cara Klaimnya

1. Pilihan produk yang beragam

Asuransi Mandiri menawarkan produk asuransi yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Bahkan, setiap produk dibagi menjadi beberapa tingkatan yang berbeda, misalnya Mandiri Inhealth Silver, Gold, dan Platinum.

Dengan demikian, nasabah memiliki banyak pilihan tanpa harus memaksakan kemampuan.

2. Fasilitas klaim yang lengkap

Klaim yang mudah adalah salah satu keunggulan dari asuransi Mandiri. Hal itu dimungkinkan dengan pilihan fasilitas klaim yang lengkap, mulai dari cashless, reimbursement, hingga klaim khusus asuransi jiwa.

3. Layanan dan call center asuransi Mandiri Inhealth yang responsif

Untuk bisa menggunakan layanan asuransi Mandiri, kamu bisa memakai berbagai kanal.

Salah satunya adalah Mandiri Inhealth Mobile, sebuah aplikasi khusus yang tersedia di smartphone untuk mengecek data dan informasi yang kamu butuhkan sebagai nasabah dari asuransi ini.

Kamu juga bisa datang langsung ke kantor layanan nasabah atau menghubungi call center Mandiri Inhealth di nomor 14071 atau 14072 yang aktif dan siap membantu selama 24 jam.

FAQ

Apa saja yang di-cover Mandiri Inhealth?

Mandiri Inhealth akan cover berbagai kebutuhan mulai dari biaya rawat inap dan rawat jalan ataupun asuransi tambahan (rider) yang khusus dipilih nasabah.

Apakah asuransi Mandiri cover swab test?

Ya, asuransi Mandiri cover swab test.

Apakah asuransi Mandiri menanggung biaya persalinan?

Ya, asuransi Mandiri menanggung biaya persalinan mulai dari perawatan selama masa kehamilan hingga pra kehamilan. Namun, asuransi ini bersifat rider atau tambahan.