Asuransi Manulife Indonesia: Profil, Manfaat, dan Preminya

Di Indonesia ada banyak perusahaan asuransi yang hadir dengan berbagai macam layanan kesehatan dan asuransi jiwa dengan berbagai macam harga premi yang ditawarkan, salah satunya Manulife Indonesia.

Sebagai perusahaan asuransi terbesar asal Kanada yang hadir di Indonesia, Manulife juga terdaftar secara resmi oleh OJK. 

Asuransi Manulife memiliki variasi produk asuransi jiwa, kesehatan, dan syariah. Selain itu, perusahaan ini juga perpaduan investasi dengan keuntungan yang melimpah. Tidak hanya memberikan perlindungan kepada perorangan, Manulife juga menyasar pasar karyawan perusahaan.

Sebelum membeli produknya, sebaiknya memahami profilnya. Berikut ini informasi penting mengenai Manulife Indonesia:

Profile Manulife Indonesia

Asuransi Manulife Indonesia: Profil, Manfaat, dan Preminya

Manulife Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa yang merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, sebuah grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang berdiri dari tahun 1985 dan kini beroperasi di Kanada, Amerika Serikat dan Asia. Salah satunya di Indonesia.

Manulife Indonesia menawarkan berbagai macam layanan asuransi atau proteksi jiwa, seperti asuransi kecelakaan dan kesehatan, serta layanan investasi dan dana pensiun.

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi bisa dipastikan perusahaan asuransi ini terpercaya dan diakui profesionalitasnya.

Manulife menyediakan layanan informasi seputar proses pengajuan klaim untuk Asuransi Individu, hingga asuransi Kumpulan. 

Sedangkan untuk produk yang ditawarkan Manulife antara lain Kesehatan/Asuransi Kesehatan, Perlindungan dan Tabungan, Proteksi dan Investasi.

Jenis produk asuransi Manulife Indonesia

Asuransi Manulife Indonesia terkenal dengan polis asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dalam memberikan perlindungan terhadap nasabahnya, asuransi Manulife Indonesia terdiri dari beberapa jenis, yaitu: 

  • Asuransi Jiwa yang mampu melindungi stabilitas keuangan oleh keluarga yang ditinggalkan, dan cara agar mereka mampu melanjutkan kehidupan setelah pencari nafkah meninggal dunia
  • Asuransi Kesehatan yang tersedia terdiri dari Asuransi Kesehatan dan Penyakit Kritis.
  • Perlindungan dan Tabungan, yang disediakan bagi kamu yang mencari program pensiun demi masa tua lebih tenang.
  • Proteksi & Investasi dengan premi berkala. Polis ini menjadi solusi  untuk menjaga dan melindungi aset atau investasi dari adanya inflasi yang tidak menentu, serta merupakan perlindungan terhadap berbagai macam faktor risiko kehidupan kedepannya. 
  • Korporasi, yang bisa digunakan oleh perusahaan atau pemberi kerja untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan karyawannya. Polis ini terdiri dari Asuransi Jiwa & Kesehatan, Group Savings dan Pensiun. 

Pilihan polis asuransi Manulife Indonesia dan manfaatnya 

Setiap asuransi pasti memiliki manfaat bagi penggunanya dan asuransi yang terbaik adalah polis yang mampu memberikan manfaat lengkap dan limit asuransi yang tinggi, namun tetap dengan harga premi yang terjangkau.

Asuransi Manulife hadir untuk memberikan layanan prima dan manfaat lengkap. Salah satu manfaat asuransi jiwa adalah mampu menjaga stabilitas keuangan keluarga setelah nasabah meninggal dunia. Berikut ini beberapa produk dan manfaat dari asuransi ini:

Asuransi Jiwa Manulife

Manulife memiliki sejumlah produk asuransi Jiwa yang manfaatnya bisa disesuaikan dengan nasabahnya, antara lain:

  • Manulife Essential Assurance: santunan meninggal dunia sampai umur 100 tahun
  • Term Saving Protection: santunan meninggal dunia, santunan tambahan (jika meninggal dunia akibat kecelakaan)
  • Santunan Jiwa Proteksi: santunan meninggal dunia, pengembalian premi
  • Manulife Persona Guard: santunan meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan cacat tetap total atau sebagian akibat kecelakaan
  • MiCredit Assurance Balance (MiCA Balance): Menanggung tagihan kartu kredit apabila peserta meninggal dunia, mengalami cacat total tetap, atau terdiagnosis salah satu penyakit kritis.

Asuransi unit link Manulife

Unit Link Manulife merupakan salah satu kategori produk yang dihadirkan oleh Manulife Indonesia. Unit Link Manulife unggul pada produk MiSmart Insurance Solution (MiSSION) yang memberikan 3 manfaat sekaligus dalam satu produk asuransi, yaitu jiwa, kesehatan, dan investasi.

Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dari produk Unit Link Manulife berdasarkan produk yang dipilih dan harga preminya:

  • MiSmart Insurance Solution (MiSSION): Memberikan santunan meninggal dunia, tagihan sesuai limit (as charged) dan manfaat loyalitas (minimum premi Rp4 juta/tahun)
  • Manulife Prime Assurance: Adanya tambahan premi dasar sebesar 102%, asuransi jiwa gratis, serta penggantian biaya Rumah Sakit (minimum premi Rp120 juta/tahun)
  • Manulife Investment Protector: Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan dan manfaat akhir masa pertanggungan (minimum premi Rp12 juta/tahun)
  • MiWealth Assurance: Penambahan alokasi investasi sebesar 102% dan manfaat loyalitas (minimum premi Rp12 juta/tahun)
  • Manulife Education Protector: Manfaat dana pendidikan sebesar 170%, santunan meninggal dunia & cacat total tetap, manfaat loyalitas dan manfaat masa akhir kontrak (minimum premi Rp5 juta/tahun)
  • Manulife Lifestyle Protector: Biaya pertanggungan hingga Rp2,5 miliar, manfaat masa akhir pertanggungan, santunan cacat total/tetap & meninggal dunia (minimum premi Rp5 juta/tahun)
  • MiSmart Insurance Solution Syariah (MiSSION Syariah): Memberikan manfaat surplus underwriting, manfaat loyalitas dan dilengkapi dengan asuransi kesehatan (minimum premi Rp4 juta/tahun)
  • Berkah Savelink: Diberikan santunan meninggal dunia, manfaat akhir asuransi dan manfaat surplus underwriting (minimum premi Rp4 juta/tahun)

MiUltimate HealthCare (Asuransi Kesehatan Manulife)

Polis ini merupakan produk asuransi kesehatan unggulan dari Manulife. Manfaat yang diberikannya bisa sesuai tagihan (as charged) dengan limit tahunan dan rencana yang dipilih sesuai pada Tabel Manfaat Perawatan Rawat Inap. 

Nasabah juga akan mendapatkan penggantian biaya rumah sakit sesuai dengan yang tercantum pada Tabel Manfaat Perawatan Rawat Inap, baik karena sakit maupun karena kecelakaan.

Tak hanya memberikan perlindungan di dalam negeri, asuransi kesehatan Manulife bisa digunakan di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat, dengan manfaat biaya kamar sebesar 3x lipat dari plan. 

Menariknya, polis ini juga menyediakan limit tahunan tambahan untuk penyakit kritis jika tertanggung menderita sakit kritis seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal atau transplantasi organ. 

Asuransi Pendidikan Manulife Education Protector

Polis ini memberikan jaminan tabungan pendidikan untuk masa depan anak. Selain itu, orang tua juga dapat mengantisipasi jika sewaktu-waktu mendapat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau kehilangan mata pencaharian. 

Pembayaran premi manulife cukup fleksibel, dana pendidikan terjadwal hingga 170 persen. 

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK Manulife)

Program tabungan Manulife menjadi unggulan bagi karyawan yang sedang menyiapkan dana pensiun. Polis ini memberikan jaminan dana pensiun bagi karyawan yang telah memasuki usia pensiun.

Nasabah akan menerima manfaat jaminan kesinambungan penghasilan di usia pensiun. Iurannya bersifat fleksibel karena dapat disesuaikan dengan iuran perusahaan. 

Premi asuransi Manulife

Asuransi Manulife Indonesia: Profil, Manfaat, dan Preminya

Untuk harga premi dari asuransi jiwa Manulife bisa berbeda-beda tiap produk tergantung dari usia tertanggung, jenis pekerjaan tertanggung, riwayat kesehatan, gaya hidup, jumlah nilai uang pertanggungan, masa kontrak polis, manfaat tambahan (rider). Namun, untuk pastinya premi asuransi jiwa Manulife mulai dari Rp55 ribuan per bulan.

Sedangkan untuk premi asuransi pendidikan untuk produk Manulife Education Protector yaitu senilai Rp5 juta per tahun.

Asuransi kesehatan merupakan hal terpenting yang harus dimiliki, hal tersebut disebabkan karena biaya medis terus meningkat dan dengan memiliki asuransi kesehatan maka kita mampu menjalani kehidupan dengan tenang dan tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi masalah dengan kesehatan kita.

 Premi untuk asuransi kesehatan Manulife tergantung dari profil nasabah dan jenis polis yang dipilih. Faktor yang mempengaruhi antara lain seperti usia, jenis kelamin, gaya hidup, penyakit bawaan, sampai besaran uang pertanggungan yang dipilih.

Cara klaim dana asuransi Manulife

Untuk dapat melakukan klaim, kamu bisa melaporkan kejadian klaim dalam kurun waktu 90 hari, terhitung dari tertanggung meninggal dunia atau sejak berakhirnya masa polis. 

Setelah itu, siapkan dokumen yang diperlukan klaim meninggal dunia dan cacat total tetap, antara lain:

  • Formulir klaim yang disediakan oleh Manulife Indonesia
  • Surat Keterangan Kematian atau Surat Pemeriksaan Dokter
  • Hasil pemeriksaan penunjang
  • Surat keterangan dari kepolisian (bila kematian tertanggung disebabkan oleh kecelakaan atau dugaan tindakan kejahatan)

Sementara dokumen untuk klaim akhir masa pertanggungan meliputi:

  • Polis
  • Surat keterangan mengenai bukti diri pemegang polis

Kirimkan semua dokumen tersebut ke kantor pusat/cabang Manulife terdekat. Selanjutnya, pihak Manulife akan memeriksa kelengkapan dokumen klaim yang dikirimkan nasabah. Terakhir, bila dokumen yang dikirimkan sudah lengkap dan sudah sesuai dengan persyaratan, maka pihak Manulife akan membayarkan klaim sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam polis

Keunggulan produk Manulife

Ada banyak sekali keunggulan dari produk-produk Manulife, berikut beberapa keunggulan Manulife Indonesia:

  • Benefit pembayaran hingga 6x dari jumlah premi yang dibayarkan
  • Manfaat penggantian biaya rumah sakit
  • Pembayaran manfaat sesuai tagihan dengan limit tahunan dan rencana yang dipilih
  • Adanya manfaat santunan meninggal dunia sampai umur 100 tahun
  • Adanya manfaat dari Manulife Education Protector yang menjamin masa depan pendidikan anak, dengan biaya premi yang fleksibel
  • Manfaat limit tahunan tambahan
  • Biaya kamar di luar negeri yang memberikan manfaat biaya kamar sebesar 3x lipat dari plan yang dipilih bila dirawat di luar negeri

Di masa pandemi Covid-19, Manulife memberikan perlindungan kesehatan langsung, tanpa masa tunggu ketika terdiagnosis Covid-19 sesuai dengan syarat dan ketentuan polis asuransi kesehatan yang dimiliki nasabah.

Nasabah juga akan mendapatkan tambahan manfaat tutup usia Rp100 juta (ekstra benefit) dari manfaat untuk polis aktif, serta bahan manfaat tutup usia Rp200 juta (ekstra benefit) bagi pemilik polis individu Manulife mulai 10 Maret 2020.

Kontak Manulife

Alamat kantor pusat Manulife Indonesia

PT Asuransi Jiwa Manulife

Sampoerna Strategic Square, South Tower, 3rd floor

Jalan Jenderal Sudirman Kav. 45-46, Jakarta Selatan 12930, Indonesia

Layanan Customer Service

  • Telepon: 021-2555-7777
  • Fax: (021) 2555 2226
  • 0800-1-606060 (bebas pulsa)
  • Email: CustomerServiceID@manulife.com / glhcsid@manulife.com

Kamu bisa menghubungi layanan pelanggan pada jam operasionalnya di hari Senin sampai Jumat pukul 18.15-16.30 WIB, kecuali libur nasional.  

Untuk membeli produknya, kamu bisa langsung menghubungi call center, agen asuransi, maupun kantor cabang terdekat.

Saat ini, kamu juga bisa membeli asuransi secara online melalui MiAccount yang bisa diunduh di smartphone atau via laptop dan PC. Kalau mau lebih mudah atau ingin mendapatkan perbandingan terbaik, bisa membeli melalui marketplace asuransi seperti Lifepal.co.id. 

Jangan lupa cari tahu dulu profil perusahaan asuransi dan pilihan polis yang disediakannya melalui DuitPintar, ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

FAQ

Apa itu Manulife?

Manulife Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa yang merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, sebuah grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang berdiri dari tahun 1985 dan kini beroperasi beroperasi di Kanada, Amerika Serikat dan Asia. Salah satunya di Indonesia.

Apa manfaat Manulife?

Manulife memberikan banyak sekali manfaat seperti, menjaga stabilitas keuangan keluarga jika nasabah (yang menjadi tulang punggung keluarga meninggal dunia), menjadi sarana investasi atau tabungan, menjamin keberlangsungan dan kelanjutan hidup untuk anak-anak atau keluarga di masa mendatang, melindungi diri dan keluarga dari ketidakpastian dana dan hal-hal yang tidak dapat diprediksi seperti kecelakaan, kesehatan atau kematian.

Apakah dana asuransi Manulife bisa dicairkan?

Jawabannya tentu saja, iya. Dana asuransi baru bisa dicairkan selama beberapa tahun setelah pengajuan asuransi atau sesuai yang tertera pada polis. Klaim dana asuransi Manulife bisa dilakukan dengan cara melaporkan kejadian klaim dalam kurun waktu 90 hari (setelah kejadian/sejak berakhir masa polis) atau sesuai ketentuan yang tertera di polis.