10 Rekomendasi Merk Ban Motor untuk Jalan Basah dan Kering

Tinggal di Indonesia yang memiliki dua musim harus siap dengan berbagai kondisi. Termasuk mempersiapkan merk ban motor untuk jalan basah dan kering.

Memiliki ban motor yang cocok digunakan untuk kondisi jalan yang basah dan kering penting, tentunya untuk keselamatan diri. Ban jadi lebih stabil dan tidak mudah tergelincir atau aus di berbagai kondisi jalan. 

Mengingat musim hujan sudah mulai muncul di Indonesia, ada baiknya kamu mengganti ban motor yang bisa digunakan di jalanan basah maupun kering agar tetap aman. 

Dikhawatirkan apabila ban motor kamu tidak memiliki kualifikasi yang bagus di berbagai kondisi jalanan, maka ban jadi tidak stabil dan membuat kamu mudah tergelincir. 

Merk ban motor terbaik untuk jalanan basah dan kering

10 Rekomendasi Merk Ban Motor untuk Jalan Basah dan Kering

Berikut ini beberapa rekomendasi merk ban motor matic maupun lainnya untuk jalan basah dan kering untuk kamu. 

1. Aspira Premio Terreno

Ban motor ini diproduksi oleh Aspira dan sudah dibekali dengan teknologi yang bagus sehingga cocok digunakan untuk berbagai kondisi jalan, baik jalanan basah maupun kering. Aspira Premio Terrano cocok digunakan untuk menempuh jalanan basah.

Desainnya memiliki konstruksi yang kuat dan kokoh ini juga cocok untuk berbagai medan jalanan dan tak mudah membuat tergelincir saat dikendarai.  Untuk kamu yang hobi touring, merk ban ini juga cocok digunakan. Harga ban mobil dari Aspira Premio Terreno dibanderol dengan harga mulai dari Rp169 ribu hingga Rp229 ribu. 

2. Michelin Pilot MotoGP

Merk ban motor ini dilengkapi dengan tapak semi-slick sehingga bisa memberikan cengkeraman yang kuat, terutama di jalanan basah dan juga kering. 

Ban motor ini juga bisa kamu pilih untuk aktivitas berkendara sehari-hari, seperti di jalanan perkotaan hingga jalanan yang basah. 

Ada empat ukuran untuk ban motor merk Michelin Pilot MotoGP, yakni ban depan 90/80-14, ban belakang 100/80-14, ban depan 90/80-17, dan ban belakang 100/80-17. 

Harga ban ini dibanderol sebesar Rp350 ribu. 

3. Corsa Platinum V Series

Merk ban motor ini dilengkapi dengan teknologi Ecosave dan sudah tersedia dengan formula silica kompon. 

Ban motor ini mengklaim bahwa bahannya awet dan mampu mencengkram dengan baik, terutama di kondisi jalan yang basah maupun kering. 

Ukuran ban motor merk Corsa Platinum V Series ini didominasi ban motor matic dan juga underbone. Ban ini juga cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari. 

Harga ban motor merk Corsa Platinum V Series yakni mulai dari Rp120 ribu hingga Rp200 ribu. 

4. IRC

Ban motor merk IRC ini cocok digunakan untuk berbagai kondisi jalan seperti jalan basah dan kering. Ban ini sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru seperti adanya pembuangan air dan juga efektif dalam pengereman. 

Ada beberapa pilihan seperti IRC NR 69, NR 82, dan NR73. Kamu bisa memilih tipe ban motor ini sesuai dengan motor kamu. 

Harga untuk ban motor merk IRC adalah mulai dari Rp120 ribu hingga Rp530 ribuan. 

5. Maxxis

Merk ban motor terbaik untuk jalanan basah dan kering lainnya adalah merk Maxis. 

Merk ban motor ini bahkan diklaim termasuk ban motor tipe tubeless dan non tubeless terbaik. Selain itu, desain ban motor ini pun cukup kekinian dan cocok untuk anak muda. 

Harga ban motor Maxxis pun bervariasi mulai dari Rp149 ribuan hingga Rp184 ribuan. 

6. Battlax (Bridgeston)

Battlax adalah salah satu merk ban motor yang diproduksi oleh Bridgestone. Ban motor ini dilengkapi dengan teknologi terbaru yang bagus untuk keamanan kita. 

Harga ban motor Battlax termasuk mahal, yakni mulai dari Rp660 ribu. Harga ini tentunya sebanding dengan kualitas dan fitur keamananya. 

7. Ban Dunlop

Apabila kamu sedang mencari ban motor, merk Dunlop bisa kamu jadikan pilihan. Merk ban ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Sebab, ban Dunlop juga menjadi produk yang digunakan untuk mobil Formula 1. Jadi, keamanannya pun pasti terjamin dan tidak mudah tergelincir di berbagai kondisi jalan. 

Harga ban motor Dunlop mulai dari Rp140 ribu hingga Rp225 ribu. 

8. Ban Pirelli

Merk ban motor terbaik yang cocok untuk kondisi jalan basah dan kering berikutnya adalah ban merk Pirelli. 

Produk ban yang diproduksi di Italia ini termasuk ke dalam ban premium yang cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Bahkan, ban ini juga bagus untuk motor matic. 

Harga ban motor Pirelli yakni mulai dari Rp158 ribu hingga Rp220 ribuan. 

9. Corsa

Ban merk Corsa juga bisa kamu pilih untuk ban motor kamu yang cocok digunakan untuk semua kondisi jalanan, baik jalanan kering atau basah. 

Ban merk Corsa ini mengklaim memiliki kualitas mencengkram yang baik sehingga tidak mudah membuat tergelincir saat melewati jalanan yang basah atau kering. 

Harga ban motor Corsa sekitar Rp196 ribu. 

10. FDR

Apabila kamu ingin membeli ban merk lokal, kamu bisa nih memilih ban FDR. Kualitasnya pun tak kalah bagus dibanding dengan merk ban internasional lainnya. 

Ban FDR juga sudah dilengkapi dengan teknologi dual compound yang membuat kamu lebih aman saat berkendara. 

Selain itu, tingkat cengkraman ban merk FDR ini juga cukup kuat, sehingga membuat ban jadi lebih stabil. 

Selain itu, model atau motif ban ini juga tidak simetris, sehingga mampu membelah air dengan bagus dan tidak membuat ban jadi licin.

Harga ban motor FDR yakni sekitar Rp107 ribu hingga Rp524 ribu. 

Tips memilih merk ban motor 

10 Rekomendasi Merk Ban Motor untuk Jalan Basah dan Kering

Ada banyak merk ban motor terbaik dengan fitur dan teknologi yang bagus, terutama untuk kondisi jalanan yang basah dan kering.

Namun, kamu tidak bisa asal memilih merk ban motor secara sembarangan. Harus disesuaikan dengan model dan jenis motor kamu. Berikut ini beberapa tips memilih merk ban motor terbaik. 

1. Pilih ukuran yang tepat

Setiap jenis motor pastinya memiliki ukuran ban motor dari pabrikan. Pastikan saat memilih ban disesuaikan dengan ukurannya, ya.

Jangan sampai kamu memilih ban motor yang terlalu kecil atau terlalu besar. Sebab, hal ini bisa membahayakan kamu dan juga pengendara lain. 

Selain itu, pilih juga ukuran ban yang sesuai dengan ukuran velg kamu. 

2. Pilih permukaan ban yang sesuai

Ban motor sendiri memiliki beberapa kriteria, yakni ban untuk jalanan basah, kering, atau basah dan kering. 

Kamu bisa memilih merk ban motor untuk jalan basah dan kering sekaligus biar lebih aman dan tak perlu ganti-ganti lagi. 

3. Pilih ban motor dengan motif yang sesuai

Beberapa ban motor memiliki motif yang berbeda-beda. Motif ini berfungsi membantu kamu ketika melewati beberapa kondisi jalan, seperti bebatuan dan juga jalanan yang basah. 

Untuk kamu yang tinggal di perkotaan, kamu bisa memilih motif yang cocok dan bisa digunakan di kondisi jalanan kering dan basah. 

4. Pilih merk terbaik

Pastikan kamu membeli ban motor dari merek terbaik. Mungkin harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan merk biasa, namun hal ini sebanding dengan keselamatan dan keamanan yang diberikan.

Tak masalah membeli ban motor yang mahal. Harga yang mahal juga sebanding dengan kualitas dan keawetan ban mobilnya. 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi ban motor untuk jalan basah dan kering yang bisa kamu pilih. 

Selain memperhatikan ban motor saat musim hujan, kamu juga sebaiknya mengganti ban mobil dengan merk terbaik, khususnya yang cocok digunakan untuk musim hujan dan musim kemarau. 

Perhatikan juga ukuran ban mobil dan tekanan ban mobil agar nyaman saat dikendarai dan tentunya tidak membahayakan kamu dan orang lain. 

FAQ seputar merk ban motor untuk jalan basah dan kering

Berapa harga ban motor untuk jalan basah dan kering?

Harganya cukup bervariasi bergantung pada merek dan model bannya. Namun, rata-rata harganya adalah mulai dari Rp150 ribuan hingga Rp600 ribuan. Sebelum membeli, kamu bisa menanyakannya terlebih dulu pada bengkel motor terdekat. 

Apa merk ban motor yang bagus?

Beberapa rekomendasi merk ban motor yang bagus seperti Michelin, IRC, Dunlop, Aspira, Corsa. FDR, Maxxim, Pirelli, hingga Battlax. Kamu bisa menyesuaikan merk ban motor dengan jenis motor kamu sesuai kebutuhan, ya.