Daftar Mobil Asli Buatan Indonesia Plus Harga dan Spesifikasinya

Di sektor industri otomotif, Indonesia tak kalah dari negara lain seperti Jepang, Jerman, atau bahkan Malaysia dalam hal memproduksi mobil. Terbukti, ada beberapa mobil buatan Indonesia yang cukup eksis.

Sebut saja mobil Esemka asal Solo. Produksi mobil dalam negeri bisa dibilang banyak, bahkan beberapa di antaranya sudah diekspor ke luar negeri.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mobil mana merk apa yang diekspor. Jadi, di negara ini memang tidak punya merk mobil buatan Indonesia karena brand yang dipakai masih menggunakan merk global, seperti Toyota atau Daihatsu.

Gak usah kecewa karena mobil buatan Indonesia yang sudah dipasarkan di luar negeri tersebut ternyata sudah mencapai ratusan ribu unit dengan total 80 negara tujuan.

Nah, di artikel ini akan dibahas mobil buatan Indonesia. Ada juga lho mobil listrik buatan Indonesia. Kira-kira bagaimana spesifikasi dan harganya? Berikut informasinya.

1. Maleo (Rp25 – 30 juta)

Mobil Maleo dirilis pada tahun 1993 untuk pertama kalinya. Pihak pengembang mobil ini adalah Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) bekerja sama dengan perusahaan otomotif Rover, Inggris.

Pemakaian komponen mobil ini murni disuplai dari Indonesia sedangkan teknologinya masih mengadaptasi dari Rover. Panjang mobil adalah 3,5 meter, tinggi 1,3 meter, mesin 1200 cc dengan 3 silinder.

Proses perakitan mobil Maleo melibatkan salah satu orang paling cerdas yang dimiliki Indonesia lho yaitu B.J Habibie.

Maleo adalah tipe mobil sedan yang rencananya akan dipasarkan dengan harga yang terjangkau sekitar Rp25 – 30 juta yang dikhususkan untuk rakyat Indonesia mengingat mobil Maleo ditargetkan untuk menjadi mobil rakyat.

Ada 11 rancangan mobil Maleo sampai dengan 1997. Tapi sayangnya proyek ini harus terhenti karena ada proyek mobil Timor dan krisis moneter.

2. Esemka (Rp325 juta)

Mobil Esemka diciptakan oleh perusahaan otomotif asal Solo, Jawa Tengah.  Nama Esemka diambil dari “SMK”, sebagai upaya siswa untuk mengembangkan sektor mobil nasional. Selain itu, pihak pabrik juga secara konsisten memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya manusia dalam negeri.

Mobil Esemka memiliki kapasitas produksi 12.000 unit per tahun. Dalam sebulan, Esemka bisa memproduksi 10 unit SUV dan mini truck. Komponen mobil Esemka dibuat oleh PT INKA dan Pertamina.

Oh iya, walaupun asli buatan Indonesia, tetapi Esemka tidak disebut sebagai mobil nasional mengingat pengelolaannya dilakukan sepenuhnya oleh pihak swasta.

3. Mahesa (Rp60 juta – Rp70 juta)

Mobil Mahesa memiliki 3 varian, yaitu double cabin, pick up, dan kendaraan pertanian yang sangat memudahkan petani untuk membajak sawah karena menggunakan sistem PTO (power take off) yang tersambung langsung ke mesin pertanian. Mobil ini dijual dengan harga Rp50-70 jutaan.

Mobil buatan Indonesia ini dibuat oleh sosok Sukiyat. Ia mengusung konsep mobil pedesaan dengan menggunakan mesin diesel 650 cc 1 piston. Mobil ini mampu melaju sampai dengan 55 km/jam. Konsumsi bahan bakarnya sangat, 1 liter/30 km.

4. Timor (Rp29 juta – Rp33 juta)

Daftar Mobil Asli Buatan Indonesia Plus Harga dan Spesifikasinya

Pada 1996 PT Timor Putra Nasional yang dimiliki Tommy Soeharto mendapat dukungan Soeharto untuk melakukan proyek mobil nasional Timor yang tercantum dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 1996. Pendanaan proyek ini terbilang paling besar.

Lagi-lagi proyek ini harus terhenti karena protes dari industri otomotif dunia ditambah lagi dengan krisis moneter dan turunnya Presiden Soeharto dari jabatan presiden. Mobil ini dihargai Rp29 juta – Rp33 juta kala itu.

5. GEA (Rp45 juta – Rp50 juta)

Perusahaan BUMN PT INKA kembali membuat mobil bernama GEA, singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. Seperti namanya, sumber tenaga mobil GEA adalah mesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional) berkapasitas 640 cc dengan 2 silinder yang merupakan buatan BPPT.

GEA adalah mobil berjenis citycar yang akan dijual dengan harga Rp45-50 juta. Sayangnya, proyek mobil ini mangkrak dan sudah lama tidak terdengar kabarnya.

6. Kancil (Rp17 juta)

Daftar Mobil Asli Buatan Indonesia Plus Harga dan Spesifikasinya

Mobil Kancil sempat terlihat berseliweran di jalanan ibu kota. Mobil ini dirintis tahun 1999 oleh PT Karunia Abadi Niaga Citra Indonesia Lestari yang disingkat Kancil, meskipun sebenarnya Kancil adalah singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah.

Mesin mobil buatan Indonesia ini berkapasitas 404 cc dengan torsi sebesar 28 Nm di 2.500 rpm. Harga mobil ini yaitu Rp17 jutaan. Proyek mobil ini sempat terhenti karena tak lolos uji kelayakan Kementerian Perhubungan. Namun, kini mobil Kancil sudah bisa digunakan sebagai kendaraan pribadi berplat hitam.

7.  Mobil caravan buatan Indonesia, Tawon (Rp43 juta – Rp63 juta)

Mobil ini dirakit oleh PT Super Grasindo Jaya yang dirintis tahun 2021. Mobil dengan harga Rp43 juta – Rp63 juta ini hanya memiliki kapasitas mesin 650 cc dan diharapkan mampu bersaing dengan low cost green car (LCGC).

Mobil Tawon ini merupakan mobil caravan buatan Indonesia yang memanfaatkan kreativitas pelajar SMK lho khususnya pelajar di daerah Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Sama seperti mobil sebelumnya, mobil Tawon kini tidak terdengar kabarnya.

8. Mobil listrik buatan Indonesia, Selo (Rp1,5 miliar)

Daftar Mobil Asli Buatan Indonesia Plus Harga dan Spesifikasinya

Mobil Selo adalah mobil listrik buatan Indonesia yang hampir menyerupai mobil Lamborghini dan supercar MCLaren MP12C. Sebagai mobil listrik sport, desain sporty dan elegan tentu menjadi desain utama mobil ini.

Kompartemen untuk body dan interior seperti velg hingga model scissors mobil Selo menggunakan komponen asli Indonesia.

Mobil listrik generasi kedua ini diklaim mampu menempuh kecepatan hingga 220 km/jam dengan laju maksimal kekuatan 182 hp dan kapasitas mesin 130 kw. 

Kapasitas baterainya mencapai 360 V di mana dayanya bisa diisi selama 4 jam. Mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 250 km dalam keadaan baterai penuh.

Fitur lainnya adalah regenerative brake di mana daya pengeremannya bisa dialokasikan juga untuk mengisi daya baterai. Harga mobil listrik buatan Indonesia ini Rp1,5 miliar.

9. Bus listrik Ahmadi (Rp1,2 miliar)

Dasep Ahmadi seorang alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah orang yang membuat bus listrik Ahmadi ini. Bus ini diperkenalkan tahun 2012.

Bus listrik Ahmadi mampu melaju dengan kecepatan hingga 80 km/jam dan dapat menempuh jarak maksimal 130 km. Daya pacu bus listrik ini sebesar 220 kw, setara dengan 294 hp. Baterai bus listrik Ahmadi menggunakan lithium ion berkapasitas hingga 21 kWh sebanyak 36 unit.

Pengisian daya baterai mobil ini memakan waktu 4 sampai 5 jam hingga full saat baterai kosong. Harga bus listrik ahmadi mulai dari Rp1,2 Miliar.

10. Mobil keren buatan Indonesia, Tucuxi (Rp1,5 miliar)

Mobil ini diproduksi pada tahun 2012 oleh Danet Surayatama dengan desain tampilan yang unik. Tampak depan mobil ini seperti bentuk wajah lumba-lumba.

Kualitas mesin mobil Tucuxi cukup tangguh dan daya pacu tenaga mencapai 268 hp sehingga dapat bersaing dan bersanding dengan mobil konvensional berkapasitas 3000 cc. Mobil karya anak bangsa ini konon dibanderol sekitar Rp1,5 miliar.

Nah, itu tadi 11 mobil buatan Indonesia. Sangat disayangkan, beberapa di antara tidak ada kabar dan proyeknya mangkrak.

Selain mobil di atas, ada juga lho mobil buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri seperti Daihatsu Gran Max, Toyota Agya, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Carry, dan Wuling Almaz.

FAQ seputar mobil buatan Indonesia

Apa saja mobil buatan Indonesia?

  1. Maleo – Rp25 – 30 juta
  2. Esemka – Rp325 juta
  3. Mahesa – Rp60 juta – Rp70 juta
  4. Timor – Rp29 juta – Rp33 juta
  5. GEA – Rp45 juta – Rp50 juta
  6. Kancil – Rp17 juta
  7. Tawon – Rp43 juta – Rp63 juta
  8. Selo – Rp1,5 miliar
  9. Bus listrik Ahmadi – Rp1,2 miliar
  10. Tucuxi – Rp1,5 miliar

Apa saja mobil buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri?

Mobil buatan Tanah Air yang diekspor ke luar negeri di antaranya Daihatsu Gran Max, Toyota Agya, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Carry, dan Wuling Almaz.