Mobil MPV – Keunggulan, Daftar Rekomendasi, dan Harganya

Budaya Indonesia yang sering mengajak keluarga besar bepergian menjadikan mobil MPV adalah jenis mobil keluarga yang paling tepat.

Faktanya, mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle mampu menampung banyak penumpang 

Bahkan, Indonesia menjadi pangsa besar untuk jenis mobil ini dari segala segmen dan merek tipe mobil ini.

Hal ini mendorong produsen mobil semakin berinovasi untuk menciptakan mobil MPV dengan spesifikasi dan fitur yang mengikuti zaman.

Nah, kamu yang masih maju mundur untuk membeli mobil ini, simak alasan kenapa kamu harus tahu dan tips membeli mobil MPV. Temukan juga rekomendasi terbaik di sini. 

Keunggulan mobil MPV

Mobil MPV – Keunggulan, Daftar Rekomendasi, dan Harganya

Mobil Multi Purpose Vehicle adalah salah satu segmen mobil yang paling digemari banyak keluarga di Indonesia. 

Apa sih yang membuat mobil jenis ini diminati dan paling laris di pasaran Indonesia. Yuk, intip kelebihan mobil Multi Purpose Vehicle sebelum kamu membelinya. 

1. Memiliki kabin luas

Salah satu keuntungan mobil Multi Purpose Vehicle adalah mobil ini memiliki ruang kabin yang luas dibanding jenis mobil lainnya. Sebab mampu menampung banyak penumpang, mobil ini juga disebut sebagai mobil keluarga. 

Mobil Multi Purpose Vehicle menjadi incaran orang Indonesia karena masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan bepergian dengan banyak orang atau sanak keluarga. 

Mobil ini diklaim sebagai salah satu tipe mobil terfavorit di Indonesia.

2. Harga terjangkau

Selain memiliki daya tampung yang banyak, mobil Multi Purpose Vehicle juga memiliki harga yang cukup kompetitif di pasar Indonesia. 

Dibanding dengan mobil jenis SUV yang hanya mampu menampung 4-5 orang, mobil keluarga ini malah memiliki harga yang lebih murah. 

Kisaran harga mobil Multi Purpose Vehicle murah di Indonesia mulai dari kisaran Rp150 juta hingga Rp250 juta. Sementara mobil SUV dibandrol harga mulai Rp250 juta ke atas. 

3. Kapasitas bagasi bisa disesuaikan

Memiliki mobil MPV terbaik memungkinkan kamu untuk memaksimalkan kapasitas bagasi. Dengan begitu, kamu memiliki ruang lebih untuk penyimpanan barang.

Pada dasarnya, jika kamu ingin memperluas kapasitas bagasi, kamu hanya cukup melipat bangku di baris kedua atau ketiga dari belakang. 

Jika bagasi sudah tidak diperlukan, kamu bisa merakit kembali bangku penumpangnya.

Berbeda dengan jenis mobil seperti SUV atau hatchback, jenis mobil ini memang sudah memiliki kapasitas bagasi yang luas. Namun, daya tampung penumpangnya lebih sedikit dibanding mobil Multi Purpose Vehicle.  

4. Nyaman untuk jarak jauh

Luas kabin yang lebar dan kapasitas bagasi yang bisa dimaksimalkan memberikan pengalaman terbaik dalam berkendara bersama keluarga. Berkendara menempuh jarak jauh akan semakin mengasyikan. 

Terlebih bangku penumpang yang lega dan empuk memberikan kenyamanan selama menyusuri jalanan menuju destinasi wisata. 

5. Aman berkendara di genangan air 

Kebanyakan mobil MPV sudah menggunakan ground clearance tinggi.

Hal tersebut ternyata mampu menaikan performa mobil ini ketika meluncur di medan yang cukup sulit seperti jalanan bergelombang hingga jalanan berlubang. 

Tak hanya itu mobil ini aman untuk melintasi di atas genangan air atau banjir. Berkat memakai bodi yang tinggi dan peletakan keamanan mesin yang cukup tinggi.

Tips jitu membeli mobil MPV

Membeli mobil bukan perkara yang mudah, apalagi mobil Multi Purpose Vehicle untuk keluarga. Kamu harus memperhatikan dan mempertimbangkan dengan matang beberapa aspek sebelum memutuskan untuk membeli. 

Dari daftar tips cermat membeli mobil MPV di bawah ini, semoga memberikan sedikit gambaran buat kamu ya!

1. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Hal yang paling krusial ketika membeli mobil Multi Purpose Vehicle adalah kemampuan finansial dan ketersediaan dana. Jika dicermati, harga mobil bisa lebih mahal jika dibandingkan dengan harga properti.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, harga mobil cenderung turun nilainya.

Pastikan membeli mobil sesuai dengan kebutuhan dan ketersedian dana. Pilih mobil MPV dengan harga yang sesuai dompet dan memiliki spesifikasi dan fitur yang sesuai. 

Perhatikan dan hitung juga dengan pajak barang mewah yang dibayarkan. Kadang model mobil sama, tetapi spesifikasinya berbeda, pajak tahunan yang dibayarkan juga akan berbeda. 

2. Efisiensi bahan bakar

Efisiensi penggunaan bahan bakar juga berpengaruh pada kemampuan finansialmu. Setelah membeli mobil MPV, biaya bahan bakar akan menjadi biaya rutin.

Dalam menekan pengeluaran biaya, mobil pilihanmu harus memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Efisiensi dapat diketahui dari jarak tempuh yang berhasil ditempuh dalam satu liter konsumsi bahan bakar. 

3. Tentukan kapasitas mesin mobil

Mobil Multi Purpose Vehicle didesain untuk menampung penumpang banyak hingga tujuh orang. Namun, bagaimana dengan kapasitas mesinnya? 

Kapasitas mesin pada mobil biasanya dinyatakan dalam bentuk besaran volume silinder piston mesin seperti 1.500 cc, 2.000 cc, 2.500 cc, dan seterusnya.

Perlu diingat semakin besar kapasitas mesin yang dimiliki mobil Multi Purpose Vehicle, itu berarti semakin besar tenaga yang akan dihasilkan. 

Selain menginginkan mobil Multi Purpose Vehicle terbaik, kamu pasti juga menginginkan mobil yang mampu bermanuver kencang di jalanan, bukan? 

4. Cek fitur keamanan

Sebagai mobil keluarga, aspek keamanan sangat diutamakan demi keselamatan seluruh penumpang termasuk anak-anak. 

Beberapa fitur keamanan di mobil Multi Purpose Vehicle yang harus ada misalnya sabuk pengaman yang dipasang di seluruh bangku penumpang.

Bagian dashboard harus dilengkapi dengan AirBag untuk mengurangi guncangan ketika kecelakaan. Adanya sistem penguncian otomatis pada pintu dan kaca jendela membuat mobil MPV aman untuk anak-anak. 

Akhir-akhir ini beberapa mobil MPV mewah sudah dilengkapi dengan fitur terbaru, seperti Anti-Lock Braking System demi memberikan keamanan ekstra. 

5. Perhatikan aspek kenyamanan

Karena mobil ini ditujukan untuk menampung banyak penumpang dan pengangkut barang dengan kapasitas banyak, aspek keamanan juga harus diperhitungkan karena penumpangnya cukup beragam dari anak-anak hingga orang lanjut usia.

Mereka akan lebih cepat merasa lelah ketika berkendara dengan jarak yang tidak dekat.

Berikut hal yang perlu diperhatikan seperti desain dan bahan atau material yang digunakan untuk bangku penumpang, suspensi yang empuk, serta AC yang sejuk dan merata.

6. Layanan purna jual

Jangan meremehkan layanan purna jual yang ditawarkan produsen mobil karena hal ini menjadi jaminan yang diberikan kepada konsumen!

Adanya layanan jaminan purna akan mempermudah mendapatkan beberapa layanan seperti suku cadang asli, servis resmi, hingga garansi. 

Semakin terkenal produsen biasanya jaminan yang diberikan banyak dan mudah ketika melakukan proses klaim. 

Rekomendasi daftar mobil MPV murah dan mewah serta harganya

Mobil MPV – Keunggulan, Daftar Rekomendasi, dan Harganya

Jika hal-hal sudah dipertimbangkan dan kamu sudah membuat keputusan ingin membeli mobil Multi Purpose Vehicle seperti apa, di bawah ini adalah daftar mobil dan harganya.

Daftarnya mulai dari harga mobil Multi Purpose Vehicle murah hingga mobil Multi Purpose Vehicle mewah yang bisa jadi pilihan kamu berkendara bersama keluarga. Yuk, intip rekomendasi terbaik dari kita!

1. Mobil MPV Daihatsu Sigra

Mobil MPV murah pertama datang dari produsen mobil terkenal Daihatsu. Daihatsu Sigra diklaim sebagai salah satu mobil Multi Purpose Vehicle dengan harga terjangkau dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni. 

Series mobil ini memiliki dua pilihan varian kapasitas mesin 1 liter dan 1,2 liter. Hal ini adalah jawaban kenapa mobil ini lebih murah.

Dilihat dari eksteriornya, Daihatsu Sigra mengusung bodi yang stylish dan menawan. Interiornya pun luas dan lega cukup untuk menampung banyak orang dan bawaannya.

Fiturnya pun cukup lengkap dengan dilengkapi fitur keamanan, seperti seat belt, AirBag, pengaturan otomatis AC, dan power window.

Harga mobil MPV ini dibanderol dengan harga paling murah Rp108.900.000 dan harga paling mahal Rp149.650.000.

2. Mobil MPV Wuling Confero

Solusi mobil murah selanjutnya datang dari produsen Wuling. Wuling Confero mengandalkan mesin berkapasitas  1.485 cc yang akan memberikan tarikan yang responsif. 

Pada eksterior dilengkapi lampu Daytime Running Lights, tampilan sporty memberikan kesan yang gagah ketika melaju di jalanan.

Interiornya didesain simpel, tapi tetap fungsional. Walaupun datang dengan harga yang kompetitif, Wuling Confero membuat fitur interior, seperti Electronic Multi Tripmeter, Heater, Tacho Meter, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, fitur keamanan meliputi Child Safety Lock, Rear Seat Belts, Seat Belts Warning, Front dan Side Impact Beams, serta AirBag

Varian mobil Multi Purpose Vehicle Wuling Confero paling rendah dijual dengan harga Rp148.000.000, sedangkan varian paling tinggi dipasarkan dengan harga Rp197.800.000.

3. Mobil MPV Honda Mobilio

Pada kelas menengah, mungkin mobil Honda Mobilio bisa menjadi pilihan yang oke. Mobil Multi Purpose Vehicle ini adalah salah satu mobil keluarga terfavorit di Indonesia.

Rangka yang elegan dan lekukannya terlihat seksi di jalanan. Ground clearance-nya cukup tinggi sehingga masih enak diajak melewati medan yang sedikit terjal.

Selain itu, mesin berkapasitas 1.496 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 118 PS dengan torsi 145 Nm. Fitur Anti-Lock Braking System sudah tersedia. 

Kabinnya cukup luas untuk diajak bepergian bersama keluarga. Tak hanya itu, interiornya terasa menarik dengan adanya fitur hiburan seperti layar berukuran 6,2 inci, Bluetooth, Radio FM AM, dan dukungan port USB.

Harga mobil MPV Honda Mobilio dijual dengan harga mulai Rp196.000.000 hingga Rp248.500.000.

4. Mobil MPV Nissan Serena

Nissan merilisi series mobil Nissan Serena pertama kali pada Januari 2020. Nissan Serena datang sebagai mobil Multi Purpose Vehicle di kelas mobil mewah dengan spesifikasi dan fiturnya yang tak main main.

Bodi yang besar semakin membuktikan bahwa Nissan Serena mampu diajak bermanuver di jalanan. Fitur Touchless Sliding Door pada pintu kedua memberikan kesan mewah.

Interiornya tak kalah menakjubkan. Nissan Serena sudah dilengkapi fitur-fitur canggih, seperti Moving Object Detection, 2nd Row Seat Slide + Long Side System, dan Intelligent Around View Monitor.

Dapur pacunya mengandalkan mesin berkapasitas 1.997 cc yang menghasilkan tenaga hingga 150 PS dengan torsi 199 Nm.

Mobil Multi Purpose Vehicle Nissan Serena pada tahun ini dibanderol dengan harga Rp457.000.000 untuk varian X-Grade dan Rp475.000.000 untuk varian Highway Star.

5. Mobil MPV Hyundai H1

Mobil Multi Purpose Vehicle mewah lainnya datang dari Hyundai. Hyundai H-1 adalah salah satu MPV mewah yang sekelas dengan Vellfire, Alphard, dan Nissan Elgrand, tapi menawarkan harga jauh dibawah pesaingnya.

Tampilan Hyundai H1 lebih fresh dan classy dengan facelift terbaru dari Hyundai.

Mesin berkapasitas 2.497 cc dibenamkan dan mampu memuntahkan tenaga hingga 168 PS bertorsi 392 Nm. 

Interiornya lapang dan terlihat kemewahannya dari bahan-bahan yang dipakai.

Fitur-fitur modern dan canggih pun dipasang, seperti Power Door Lock, Door Ajar Warning, Day & Night Rear View Mirror, Crash Sensor, Anti Theft Device, Central Locking, Electric Folding rear View Mirror, On Board Computer, dan masih banyak lagi. 

Harga mobil Multi Purpose Vehicle Hyundai H1 dijual dengan harga Rp506.500.000 untuk varian paling rendah dan Rp619.500.000 untuk varian paling tinggi.

6. Mobil MPV Toyota Alphard

Toyota Alphard adalah salah satu mobil Multi Purpose Vehicle mewah. Kamu pasti sudah sangat familier dengan mobil ini karena sangat populer di kalangan atas mulai pengusaha, selebritas, hingga politisi.  

Mobil premium ini dibungkus dengan desain yang gahar pada bagian depan dengan bodi yang bongsor kotak. 

Toyota Alphard memiliki dua varian mesin yang digunakan, yaitu mesin berkapasitas 2.4 liter  dibanderol harga Rp1.025.000.000 dan untuk V6 3.5 liter dijual dengan harga Rp1.952.100.000

Tak perlu diragukan lagi, kabin pada Toyota Alphard sangat lapang dan desain yang semakin menegaskan kemewahan.

Terdapat fitur tambahan dari Toyota yaitu Toyota Safety Sense yang mampu membaca potensi kecelakan.

Tak hanya itu, mobil MPV premium ini juga membawa fitur canggih, seperti Dynamic Radar Cruise Control dan Automatic High Beam. Fitur keamanannya pun paling lengkap dibanding dengan tipe mobil MPV lainnya. 

FAQ

Apa itu mobil SUV dan MPV?

Mobil SUV singkatan dari Sport Utility Vehicle adalah tipe mobil yang didesain untuk melaju di berbagai jenis medan mulai yang bergelombang hingga medan terjal.

Sementara Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah mobil yang memiliki daya tampung yang tinggi biasanya disebut sebagai mobil keluarga.

Apa arti low MPV?

Low MPV adalah tipe mobil Multi Purpose Vehicle yang memiliki fitur sederhana, bodi yang tidak terlalu besar, mobil MPV paling irit bahan bakar, dan mampu untuk mobilitas sehari-hari.

Apa singkatan MPV?

Mobil MPV singkatan dari Multi Purpose Vehicle atau kendaraan multiguna.