Rekomendasi Mobil Nissan – Jenis, Spesifikasi, dan Harganya

Apakah kamu sedang mencari referensi mobil Nissan? 

Nissan adalah salah satu merek mobil terbaik dari Jepang yang kualitasnya tak perlu lagi diragukan. Mampu memenuhi kebutuhan berkendara konsumen Indonesia, mulai dari tipe mobil hatchback hingga SUV.

Tak hanya itu, Nissan mampu memberikan harga yang kompetitif dibanding merk lainnya tanpa mengurangi kualitasnya. 

Sebelum membeli mobil Nissan, ada baiknya kamu ketahui beberapa hal di bawah ini agar tidak menyesal. Inilah rekomendasi mobil Nissan beserta spesifikasi dan harganya yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli. 

Tips membeli mobil Nissan

Rekomendasi Mobil Nissan – Jenis, Spesifikasi, dan Harganya

Ketika memutuskan untuk membeli mobil, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum menentukan pilihan yang pas. Berikut tips untuk memilih Nissan car sesuai dengan kebutuhan dan budget mu. 

1. Menentukan harga mobil 

Hal terpenting dalam membeli mobil baru atau bekas adalah anggaran. Perhatikan dan perhitungkan baik-baik anggaran yang akan digunakan.

Siapkan juga anggaran down payment (DP) sebesar 20% dari harga mobil jika kamu membeli secara kredit. Setelah menentukan anggarannya, kamu dapat memilih model mobil yang kamu inginkan.

2. Harga mobil sesuai bujet

Nissan adalah salah satu merek Jepang yang menawarkan harga mobil yang cukup terjangkau dibandingkan dengan merek Jepang lainnya, seperti Honda, Toyota, Mazda, Lexus, dan banyak lagi.

Walaupun begitu, kualitas yang diberikan Nissan juga sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Disarankan untuk teliti dalam membandingkan harga mobil yang ingin dibeli.

Pilih mobil yang memiliki harga yang sesuai dengan kondisi keuangan, tetapi memiliki fitur dan spesifikasi yang mumpuni di kelas harga yang kamu ingin beli.

3. Memilih tipe mobil sesuai kebutuhan

Ketahuilah setiap spesifikasi dan fitur mobil yang dibutuhkan. Apakah kamu mencari mobil dengan fitur keamanan yang baik atau ingin menonjolkan fitur hiburan, tapi tak meninggalkan sisi fungsinya. 

Setiap jenis dan tipe mobil menawarkan spesifikasi dan fitur yang berbeda.

Contohnya, pada tipe Juke, ada fitur multimedia yang mampu meningkatkan kenyaman saat berkendara dengan menampilkan map dan fitur Auto AC display yang digunakan untuk mengatur suhu dengan cepat dan mudah.

Sementara tipe New Grand Livina menggunakan fitur Electric Steering untuk penyesuaian kendali yang sudah terhubung dengan power yang ditetapkan. 

4. Cari tahu tentang layanan purna jual

Nissan terkenal harganya yang terjangkau dan biaya perawatannya yang ekonomis. Sebab layanan purna jual Nissan sangat baik dan terukur.

Nissan setidaknya memiliki 121 dealer resmi di Indonesia yang mudah diakses konsumen. Pastikan membeli Nissan di dekat tempat tinggal atau kantor agar mudah untuk melakukan perawatan berkala. 

Sementara itu, setiap pembelian mobil baru, pelanggan mendapatkan gratis biaya jasa hingga 4 tahun atau 50.000 km.

5. Perhatikan pajak kendaraan

Jangan anggap pajak adalah hal yang kurang penting! Jika kamu masih berpikiran seperti itu, kamu salah.

Sebab pajak mobil adalah anggaran jangka panjang dibayarkan setiap tahun, ada baiknya jika kamu memilih nominal pajak yang tepat agar saat membayarnya terasa lebih ringan. 

Biaya Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBW) adalah pajak yang dikenakan pada setiap model dan tipe Nissan yang berbeda-beda.

Walaupun model Nissan sama, besaran pajak yang harus dibayar berbeda-beda. Jangan takut untuk bertanya dan mencari tahu!

6. Lakukan test drive

Test drive adalah langkah terakhir untuk memperkuat keputusan membeli Nissan baru atau lama.

Ketika kamu sudah yakin dengan tipe Nissan yang ingin dibeli, layanan test drive bisa kamu manfaatkan untuk uji coba kelayakan dan kenyamanan Nissan yang ingin dibeli.

Test drive dapat dilakukan di showroom Nissan atau pameran Nissan untuk pembelian Nissan baru.

Sementara jika kamu membeli Nissan bekas, kamu boleh membuat kesepakatan dengan penjual untuk melakukan uji jalan kendaraan.

Rekomendasi jenis dan harga mobil Nissan terbaru

Rekomendasi Mobil Nissan – Jenis, Spesifikasi, dan Harganya

1. Nissan X-Trail

Muncul pertama kali di Indonesia awal tahun 2001, Nissan X-Trail adalah salah satu jenis mobil SUV dari Nissan yang tangguh, tapi kenyamanannya juga tidak bisa diragukan.

Model ini hanya memiliki satu varian mesin dengan menggunakan tipe mesin QR25DE 2.5L 4 silinder berkapasitas 999 cc dengan transmisi CVT. Tenaga yang dihasilkan hingga 6.000 rpm dan torsi 23,8 Nm. 

Nissan X-Trail terlihat gagah dengan garis tegas di bodinya. Sejumlah aksen krom mewah memberikan kesan yang eksklusif tetapi tidak berlebihan.

Dibekali grill khas Nissan dan desain headlamp yang mengkilap, menciptakan kesan SUV yang modern. 

Ketika masuk kabin, bangku yang dilapisi bahan kulit menekankan kesan mewah pada mobil ini.

Selain itu, mobil ini bertaburan dengan fitur-fitur baru dari Nissan, seperti Around View Monitor (AVW) untuk memantau ruangan 360 derajat.

Nissan X-Trail juga memiliki fitur keamanan parkir sensor dengan 4 titik kamera. 

Terlampir daftar harga mobil Nissan X-Trail.

Tipe Nissan X-Trail Harga Nissan X-Trail Baru
Nissan X-Trail VL Sekitar Rp547,70 juta

2. Nissan Juke

Mengusung desain yang unik membuat hanya sebagian orang tertarik untuk membeli Nissan Juke. Namun, tipe mobil ini adalah mobil SUV tercanggih yang dimiliki Nissan.

Didesain sebagai mobil yang kompak, Nissan Juke mampu menampung hingga lima orang. Mesin mobil ini mengandalkan mesin edisi HR15DE 1.5L 4 silinder yang menghasilkan kapasitas maksimal 112 hp dan torsi 150 Nm. 

Bicara soal eksterior, mobil ini memiliki kesan futuristik, mewah, dan unik. Terdapat fog lamp dan bumper besar pada bagian depan yang menjadi ciri khas mobil ini. 

Cukup banyak fitur-fitur menarik yang dibawa Nissan Juke ini. Fitur keamanannya menggunakan SRS Airbag System untuk mencegah terjadinya benturan saat kecelakaan.

Ada juga fitur Immobilizer dan Alarm with Shock Sensor sebagai fitur keamanan lainnya. Fitur lainnya adalah Keyless Remote, Anti-Lock Brake, Brake Assist, dan Electronic Brake-force Distribution

Jika kamu tertarik dengan Nissan Juke, berikut harga yang harus kamu siapkan.

Tipe Nissan Juke

Harga Nissan Juke baru

Nissan Juke 1.5 CVT Mulai Rp303,30 juta
Nissan Juke 1.5 Revolt Mulai Rp323,20 juta
Nissan Juke Revolt II Mulai Rp326,60 juta

3. Nissan Serena

Perlu diketahui Nissan Serena yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2020, dari sisi fitur memang tidak selengkap dengan mobil Serena yang diluncurkan di Jepang. 

Namun, Nissan Serena adalah satu-satunya mobil MPV di pasar Indonesia yang memiliki two-tone body color. Terlihat elegan dengan pilihan warna yang mewah membuat siapa pun yang menaikinya terlihat keren.

Dengan kabin yang luas dengan desain boxy, Nissan Serena lebih cocok disebut sebagai mobil keluarga. 

Dapur pacu mengandalkan mesin MR20 4 silinder CVTC berkapasitas 1.997 cc. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 150 PS dan torsi 200 Nm.

Transmisi Xtronic CVT juga dilengkapi dengan Adaptive Shift Control yang membaca secara otomatis gaya mengemudi dan menyesuaikan performa mobil yang dibutuhkan. 

Sementara itu, fitur keamanannya di mobil Serena cukup lengkap.

Mobil ini menggunakan fitur Anti-Lock Braking System, Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, Electronic-force Brake Distribution, dan Hill Start Start Assist sebagai sistem keamanan dasar. 

Berikut harga Nissan Serena tahun 2021 di pasaran.

Tipe Nissan Serena

Harga Nissan Serena Baru

Nissan Serena X Sekitar Rp462,90 juta
Nissan Serena Highway Star Sekitar Rp481,00 juta

4. Nissan Livina

Nissan Livina dikenal sebagai Nissan dengan harga terjangkau dengan memiliki tiga varian Nissan Livina 2020, Nissan Livina E MT, dan Nissan Livina VL AT. 

Untuk eksterior, desain khas Nissan grill V-Motion yang dipakai membuat identitas Nissan Livina terkesan modern dan stylish. Dual LED Signature dan Day-Time Running Lights semakin mempercantik tampilan mobil ini. 

Seperti generasi sebelumnya, Nissan Livina terbaru masih didominasi warna hitam pada kabinnya. Bagian dasbornya sudah dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 7 inci dengan fitur multimedia.

Kamu bisa dengan mudah jika ingin membuat atau menerima panggilan. 

Nissan Livina juga membawa fitur keamanan dasar lengkap, seperti Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control, dan Traction Control System.

Untuk varian tertingginya, terdapat tombol otomatis Start/Stop untuk menghidupkan dan mematikan mesin hanya melalui satu tombol.

Dapur pacunya menggunakan mesin milik Mitsubishi 1.5L 4A91 MIVEC 4 silinder. Nissan Livina berkapasitas 1.499 cc yang mampu mencapai tenaga hingga 102 hp dan torsi 141 Nm. 

Kalo kamu mencari mobil keluarga, Nissan Livina ini cocok buatmu. Cek daftar harga Nissan Livina baru di bawah ini. 

Tipe Nissan Livina

Harga Nissan Livina baru

Nissan Livina E MT Sekitar Rp208,30 juta
Nissan Livina EL MT Sekitar Rp231,80 juta
Nissan Livina EL AT Sekitar Rp242,80 juta
Nissan Livina VE AT Sekitar Rp259,40 juta
Nissan Livina VL AT Sekitar Rp272,10 juta

Daftar harga mobil Nissan bekas di bawah 50 juta Rupiah

Jika kamu berniat untuk membeli mobil Nissan bekas karena harga mobil Nissan bekas lebih murah, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli, seperti jarak tempuh mobil, performa mesin, dan kondisi mobil.

Pastikan jarak tempuh mobil masih pendek dan kondisi mobil dalam keadaan baik. Berikut kisaran harga jenis mobil Nissan lama yang ramah di kantong. 

Nissan X-Trail Mulai Rp49 juta
Nissan Livina Mulai Rp55 juta
Nissan Evalia Mulai Rp67 juta
Nissan Serena Mulai Rp79 juta
Nissan Grand Livina Mulai Rp80 juta
Nissan Juke Mulai Rp97 juta

FAQ

Mobil Merk Nissan apa aja?

Banyak tipe mobil merek Nissan, seperti Nissan March, Nissan Livina, Nissan Grand Livina, Nissan Serena, Nissan Evalia, Nissan Juke, Nissan Kicks, Nissan Navara, Nissan Terra, dan masih banyak lagi.

Apakah Nissan masih ada di Indonesia?

Walaupun pabrik Nissan yang berada di Purwakarta tutup, penjualan mobil Nissan di Indonesia masih dilakukan hingga kini.

Berapa harga mobil Nissan Terra?

Harga mobil Nissan Terra berkisar Rp478,90 juta-Rp680,80 juta di Indonesia.