9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Mobil offroad adalah salah satu kendaraan yang diperuntukkan untuk dikendarai di medan yang sangat curam, bergelombang dan terjal. Mobil ini bahkan dianggap sebagai mobil yang mampu menerjang jalanan berkerikil hingga medan yang tidak beraspal sama sekalipun.

Karenanya, kendaraan bertipe offroad dijadikan sebagai olahraga ekstrem yang banyak digemari oleh kalangan pecinta otomotif dan olahraga yang menantang.

Artikel ini akan membahas tentang mobil offroad secara lengkap, dari perbedaannya dengan mobil biasa, harga hingga cara merawatnya.

Perbedaan mobil offroad dengan mobil biasa

Perbedaan kedua mobil ini bisa dilihat secara fisik. Salah satu cara membedakan antara offroad dengan mobil biasa adalah ukuran bannya. Umumnya, kendaraan bertipe offroad  ini dilengkapi dengan ban yang lebih besar dengan tapak yang dalam. Inilah salah satu alasan kenapa kendaraan bertipe offroad dijadikan sebagai olahraga ekstrem bahkan kontes balap. 

Tak hanya itu saja, mobil ini sangat mampu beraksi di beberapa daerah yang jalan atau medannya sangat curam dan terjal yang bahkan terlihat mustahil untuk dilewati kendaraan. Karena dipacu di medan yang ekstrem, maka pemilik harus lebih jeli dan teliti dalam melakukan perawatannya apalagi jika mobil penuh dengan lumpur.

Daftar harga mobil offroad terbaik

Sebenarnya, untuk tipe offroad keluaran baru, harganya mulai dari Rp220 juta. Sedangkan untuk mobil offroad termahal harganya mulai dari Rp2 milyar.

Berikut ini daftar harga mobil offroad terbaik, termurah hingga yang sudah mendapatkan modifikasi.

1. Chevrolet Trooper tahun 1986, mobil offroad murah Rp25 jutaan

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Kalau kamu cari tipe offroad murah keluaran dari Chevrolet, inilah jawabannya yaitu Chevrolet Trooper keluaran tahun 1986 yang dibanderol mulai Rp25 juta. Mobil ini punya kapasitas mesin 2200cc.

Daya yang dihasilkan mobil mencapai 4000 rpm yang sangat mumpuni untuk dipakai di area yang ekstrem.

Tak perlukhawatir, walaupun termasuk mobil tua, Chevrolet Trooper masih sangat bagus dan nyaman digunakan untuk kegiatan offroad.

2. Suzuki Katana tahun 1993 mulai dari Rp50 juta

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Suzuki Katana digadang-gadang sebagai mobil offroad paling laris. Salah satu alasannya adalah karena Suzuki Katana memiliki harga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan merk lain yaitu Rp50 juta.

Mesin Suzuki Katana dikenal sangat bandel sehingga sangat cocok untuk untuk melengkapi kegiatan offroad kamu.

3. Daihatsu Feroza tahun 1995 mulai dari Rp55 juta

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Mobil offroad keluaran Daihatsu ini punya bodi yang sekilas mirip dengan Suzuki Katana. Katana dikategorikan sebagai offroad yang memiliki tarikan mencapai 5700 rpm, lebih tinggi dari Chevrolet. Harga Daihatsu Feroza sekitar Rp55 juta

4. Suzuki Jimny tahun 1987, mobil offroad terbaik mulai dari Rp60 juta

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Tidak sedikit penggila offroad beranggapan bahwa Suzuki Jimny merupakan salah satu mobil offroad dengan bodi paling keren sekaligus tangguh. Bannya berukuran besar sehingga membuat tarikan saat kegiatan offroad terasa garang dan menggebu-gebu.

Umurnya yang tua menjadikan mobil ini sebagai mobil antic yang dicintai oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Kamu bisa mendapatkan mobil Suzuki Jimny tahun 1987 ini dengan harga mulai dari Rp60 juta.

5. Daihatsu Taft Rocky tahun 1986 mulai dari Rp70 juta

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Mobil keluaran Daihatsu ini memiliki kapasitas mesin sebesar 2500 cc sehingga mampu melewati berbagai magnet curam yang bahkan tidak bisa dilewati oleh mobil biasa.

Harga Daihatsu Taft Rocky tahun 1986 sekitar Rp70 juta. . Sedangkan untuk Daihatsu Rocky 4000cc edisi baru dan teknologi suv, harganya bisa mencapai Rp220 jutaan.

6. Toyota Land Cruiser Hardtop, mobil offroad terbaik tahun 1986 mulai dari Rp125 juta

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Toyota Land Cruiser memiliki kapasitas mesin sebesar 4700cc, dilengkapi sunroof, dan mampu menghalau banjir. Mobil offroad termasuk keluaran baru yang memiliki harga yang lumayan mahal yaitu Rp125 juta untuk keluaran tahun 1986.

7. Toyota Hilux tahun 2016 mulai dari Rp300 juta

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Satu lagi mobil offroad mahal datang dari Toyota melalui Toyota Hilux tahun 2016 yang dibanderol Rp300 juta – Rp480 juta.

Mobil ini adalah diesel, memiliki kapasitas mesin sebesar 2500cc, menghasilkan daya dan tenaga hingga 3400 rpm, dan desain bodi yang sangat elegan dan juga futuristik.

8. Mitsubishi Triton Double Cabin mulai dari Rp70 juta

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Mobil ini jadi langganan mobil offroad modifikasi yang punya kabin ganda. Generasi ketiga Mitsubishi Triton sering dijuluki sebagai L200 Strada. Desainnya cenderung kotak namun masih terlihat gagah. Sementara untuk Triton generasi keempat juga punya julukan lain yaitu Strada Triton dengan model yang lebih modern dibanding L200.

L200 Strada yang belum jadi mobil offroad modifikasi bisa ditawar sampai Rp55 juta – Rp100 juta tergantung kondisi. Sementara untuk Strada Triton harganya berkisar di angka Rp70 jutaan.

9. Ford Ranger mobil offroad terbaik mulai dari Rp100 juta

9 Mobil Offroad Terbaik Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Mobil offroad modifikasi ini terkenal dengan aksesorisnya yang berlimpah dan desain modern. Jika kamu ingin yang lebih murah, bisa pilih Ford Ranger bekas tambang.

Mobill kabin ganda seperti ini sudah terbukti tangguh dipakai di medan-medan ekstrim lokasi pertambangan. Gak heran, sebagai mobil pekerja keras, Ford Ranger banyak dijadikan mobil offroad modifikasi.

Jika kamu beli mobil ini, pilihlah yang mesin dan kaki-kakinya masih sehat. Kalaupun ada minus, maka pertimbangkan kekurangan itu untuk diperbaiki. Bumper pada kendaraan offroad sudah sangat melekat di tipe ini, jadi gak masalah kalau gak diganti.

Cara perawatan mobil offroad

Di atas sudah dijelaskan kalo tipe offroad jelas berbeda dengan mobil biasa. Selain ganti oli, ada beberapa tips cara melakukan perawatan kendaraan bertipe offroad berikut ini.

  • Bersihkan bagian luar dan dalam ban dengan mencabutnya terlebih dahulu.
  • Cek apakah ada tekanan angin ban dengan menetesi busa sampo mobil ke area bibir pelek.
  • Ganti minyak rem mobil secara berkala.
  • Ganti oli gearbox setiap dua tahun atau lebih sering jika kamu sering menggunakannya di area lumpur atau debu.
  • Servis mobil offroad kamu rutin sebulan sekali, tidak hanya jika akan balapan atau dipakai di medan berat.

Tertarik membeli mobil offroad? Dari informasi di atas semoga bisa membantu kamu menemukan mobil impian kamu, ya! Jangan lupa untuk menambah perlindungan asuransi mobil mengingat kegiataan yang akan kamu tempuh dengan kendaraan ini cukup berbahaya dan rentan. 

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

FAQ seputar mobil offroad

Apa perbedaan mobil offroad dan mobil biasa?

Perbedaan kedua mobil ini bisa dilihat secara fisik. Salah satu cara membedakan antara tipe offroad dengan tipe biasa adalah ukuran bannya. Umumnya, kendaraan bertipe offroad dilengkapi dengan ban yang lebih besar dengan tapak yang dalam. Inilah salah satu alasan kenapa mobil offroad dijadikan sebagai olahraga ekstrem bahkan kontes balap mobil offroad.

Berapa harga mobil offroad?

  1. Chevrolet Trooper tahun 1986 mulai dari Rp25 juta
  2. Suzuki Katana tahun 1993 mulai dari Rp50 juta
  3. Daihatsu Feroza tahun 1995 mulai dari Rp55 juta
  4. Suzuki Jimny tahun 1987 mulai dari Rp60 juta
  5. Daihatsu Taft Rocky tahun 1986 mulai dari Rp70 juta
  6. Toyota Land Cruiser Hardtop tahun 1986 mulai dari Rp125
  7. Toyota Hilux tahun 2016 mulai dari Rp300 juta
  8. Mitsubishi Triton Double Cabin mulai dari Rp70 juta
  9. Ford Ranger mulai dari Rp100 juta