Biaya Modifikasi Mobil Beserta Konsep dan Referensinya

Bagi para penggemar otomotif, melakukan modifikasi mobil bisa menjadi sesuatu yang dilakukan untuk menambah kesenangan. Tak jarang, modifikasi mobil memakan banyak biaya alih-alih ingin mobilnya tampil beda dengan mobil orang lain. Tak sedikit orang gak menjadikan biaya sebagai masalah.

Pecinta otomotif rela merogoh kocek dalam-dalam demi mobil modifikasi impian. Bahkan biaya modifikasi mobil bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk tampilan yang sesuai dengan keinginan.

Sebenarnya, mobil apa saja sih yang bisa dimodifikasi? Apa saja tren modifikasi mobil yang keren dan bisa membuat mobil tampil beda?

Jenis mobil yang bisa dimodifikasi

Jenis mobil yang bisa dimodifikasi bisa dikategorikan dalam dua jenis yaitu old car atau mobil tua, dan new car atau mobil baru.

Banyak orang beranggapan bahwa jenis mobil tua pasti pecintanya adalah mereka yang sudah tua atau berumur. Kini, anggapan tersebut terpatahkan dengan hadirnya para pecinta mobil tua dari kalangan muda.

Dari sisi manapun, modifikasi mobil tua selalu terlihat keren jika dilakukan dengan tepat. Cat baru dan tambahan aksesoris, akan membuat mobil tua kesayanganmu menjadi lebih stylish.

Untuk mobil baru, biasanya modifikasi dilakukan untuk mobil jenis sedan dan SUV. Namun tidak menutup kemungkinan memodifikasi jenis lain, misal MPV atau pick up.

Biaya modifikasi mobil sedan mulai dari Rp4 juta. kamu bisa mengganti velg mobil original ke velg racing. Begitupun dengan mobil SUV, mulai dari Rp4 juta-an, kamu sudah bisa mengganti velg mobil asli ke velg racing agar mobil semakin gagah.

Soal biaya modifikasi mobil MPV ditaksir sekitar Rp1,5 sampai Rp 3 juta tergantung model, jenis dan bahan. Biasanya semakin bagus bahan dan modelnya tentu semakin mahal harganya.

Tren dan gaya modifikasi mobil keren

Biaya Modifikasi Mobil Beserta Konsep dan Referensinya

Pandemi membuat tren modifikasi mobil makin diminati. Soal gaya atau konsep, ada dua kemungkinan yang digandrungi yaitu JDM dan Elegan.

JDM (Japanese Domestic Market)

Modifikasi konsep JDM atau Japanese Domestic Market sebenarnya sudah lama ada. Jangan salah, rasanya tetap cocok saja jika mobil baru maupun lama dimodifikasi dengan konsep ini.

Modifikasi JDM adalah modifikasi yang menggunakan ban meaty di mana profil ban yang digunakan agak tebal sehingga terkesan seperti daging (meat). Pelek yang digunakan bisa berukuran 15 inci, bisa pakai ban 195/50 R15 atau 195/55 R15. Sementara pelek 16 inci bisa pakai ukuran 205/50 R16 dan seterusnya.

Agar tampilannya lebih JDM, cobalah aplikasikan chamber kit yang nantinya hasil tampilan ban sedikit miring agar ada ruang ayun lebih antara ban dan fender.

Elegan

Konsep elegan menekankan ke penggunaan suspensi udara. Konsep ini membuat tampilan roda empat menjadi lebih ceper dengan air suspension.

Air suspension aftermarketnya dibagi menjadi dua yaitu manual dan elektrikal. Sedangkan sistem kakinya dibagi menjadi dua juga yaitu strut, dimana shock dan per atau balon menjadi satu, dan bag shock dan per atau balon terpisah.

Sistem suspensi udara elektrikal bisa diatur secara computerized melalui management system. Ketinggian mobil bisa diatur dan disimpan sesuai keinginan dan konsep.

Carbon Grey atau Charcoal Grey tampaknya menjadi warna yang populer khususnya di tahun 2021 mengingat kesan mewah dan sporty yang dihasilkan.

Konsep modifikasi mobil berbagai merek dan biayanya

Biaya Modifikasi Mobil Beserta Konsep dan Referensinya

Mobil sedan modifikasi bisa dikatakan sebagai varian mobil yang sering dijumpai baik di jalan raya atau kontes modifikasi.

Modifikasi mobil sedan dilakukan dengan mengusung konsep yang beragam, dengan gaya sport, elegant, VIP, bahkan extreme.

Gak cuma konsepnya, merek dan tipe mobil sedan yang dimodifikasi juga banyak, sebut saja Honda Civic, Toyota Corolla, sedan Mercedes-Benz, dan sedan BMW.

Berikut inspirasi modifikasi mobil sedan berdasarkan merek dan tipe mobil tersebut di atas.

1. Modifikasi mobil sedan Honda Civic

Mobil Honda Civic pada dasarnya sudah punya desain yang lumayan sporty sehingga gak heran kalau penggemarnya adalah mereka yang berjiwa muda.

Banyak dari mereka memodif Honda Civic lantaran mudah simpel. Mobil ini makin terlihat keren dengan hanya mengaplikasikan bodykit bemper, sideskirt dan ganti velg.

Biar makin kece, jangan lupa tambahkan wing atau sayap di belakang. Jangan kaget kalau Honda Civic yang kamu modifikasi bakal terlihat sangar.

2. Modifikasi mobil sedan Toyota Corolla

Toyota Corolla punya pengguna yang termasuk banyak yang tersebar di seluruh dunia. Mungkin saja kamu salah satunya.

Alhasil, kalau kamu mau modifikasi mobil sedan Toyota Corolla, suku cadang aftermarketnya bakal mudah didapat karena banyak bengkel dan pecinta otomotif yang menjualnya.

Memodifikasi sedan Toyota Corolla, terutama keluaran terbaru, kamu cukup pakai bodykit custom untuk bumper lengkap dengan sideskirt. Jangan lupakan velg dengan diameter yang lebih besar dari ukuran semula.

3. Modifikasi Mobil Sedan Mercedes-Benz

Berbeda dengan mobil di atas yang kerap dimodif dengan konsep sporty, mobil sedan Mercedes-Benz keluaran Eropa ini umumnya dimodif dengan gaya yang lebih elegan dan berkelas.

Ciri khas modifikasi sedan Mercedes-Benz adalah pemakaian velg besar, bodi mobil dibuat ceper dengan pemasangan suspensi udara, serta ruang kabin dibuat jauh lebih mewah.

4. Modifikasi Mobil Sedan BMW

Sama dengan Mercedes-Benz, umumnya modifikasi sedan BMW juga bergaya elegan. Meski demikian, banyak juga yang menyulap BMW kesayangannya menjadi mobil sedan modif sport.

Gak salah, hal tersebut dikarenakan pada dasarnya, BMW sendiri punya karakter yang lebih sporty dibanding Mercedes-Benz.

5. Modifikasi mobil Alphard

Puas dengan mobil-mobil di atas, mobil Alphard juga salah satu yang sering jadi objek modifikasi, lho. Sebagian orang bahkan menganggap memodifikasi mobil Alphard adalah hal mudah.

Mobil Alphard ini bisa dikatakan sebagai salah satu mobil mewah keluaran Toyota yang berhasil mencuri perhatian pecinta otomotif Indonesia. Nah, kamu bisa nih mencoba memodifikasinya baik dari eksterior maupun interiornya.

Diketahui bahwa interior mobil keluarga yang satu ini, memang sudah didesain menarik. Tampilan yang futuristik, menambah kesan mewah pada mobil segmen Multi-Purpose Vehicle atau MPV ini.

Kamu bisa nih membuat mobil ini jadi semakin menarik dengan memodifikasi joknya. Gak usah khawatir karena jok mobil Alphard banyak ditemukan di pasaran. Jangan lupa ya untuk tetap menjunjung tinggi nilai kenyamanan mobil.

Kesan luxury Toyota Alphard memang memudahkan kamu untuk memoles eksteriornya. Kamu bisa memodifikasi dengan cara mengganti velg mobil dengan velg aftermarket. Meskipun velg tersebut banyak dijual di pasaran, kamu gak bisa sembarangan memilih.

Alangkah baiknya belilah velg dari merek yang sudah terjamin kualitasnya. Sebagai referensi, kamu bisa membeli velg dengan ring ukuran 16, 17 hingga ring 20. Kalau kamu berani, coba juga buat mobil kamu menjadi lebih ceper.

6. Modifikasi Honda Brio

Sebagai salah satu mobil Low Cost Green Car (LCGC) terlaris di Indonesia, tentu saja pemilik mobil Honda Brio sangat banyak. Kamu dengan mudah menjumpai mobil ini di jalan.

Saking banyaknya, tidak sedikit pemilik Honda Brio ingin mobilnya berbeda dari milik orang lain. Caranya yaitu dengan memodifikasinya.

1. Modifikasi bodykit Honda Brio

Penambahan bodykit pada setiap sisi Honda Brio membuat mobil kamu makin keren. Kamu bisa memesan bodykit ke pengrajin. Harga bodykit Honda Brio bervariasi tergantung dari tingkat kedetailan, kesulitan, dan material.

Disarankan untuk membeli bodykit berbahan plastic mengingat durabilitasnya lebih baik sehingga gak mudah pecah. Sementara, bodykit fiberglass bisa langsung pecah saat terbentur polisi tidur atau jalanan berlubang.

Oh iya, kamu juga bisa mengecat lho bodykit yang dibeli dengan warna senada dengan body mobil atau bereksperimen dengan warna berbeda sesuai dengan konsep.

2. Modifikasi velg Honda Brio

Velg pabrikan mobil Honda Brio adalah velg ring 14 yang tergolong sangat kecil. Bisa saja kamu menggantinya dengan velg ring 15 atau ring 16.

Dengan velg yang lebih besar, mobil akan terlihat lebih ceper, karena gap antara ban dengan body berkurang. Banyak velg Honda Brio yang beredar di pasaran merupakan produk abal-abal dengan mengatasnamakan merek velg ternama, seperti OZ, BBS dan Enkei.

Jangan sampai deg pakai velg KW karena bisa langsung pecah ketika menabrak pembatas jalan dan membuat ban langsung sobek.

3. Modifikasi Honda Brio stiker

Pilihan warna Honda Brio di antaranya yaitu putih, hitam, merah, biru, hijau, dan silver. Warnanya yang polos membuka kesempatan buat kamu untuk menambahkan stiker agar menjadi lebih segar dan berbeda dari mobil Brio lainnya.

Pilihlah motif stiker mobil sesuai dengan selera dan konsep modifikasi. Harganya stiker mobil sendiri bervariasi, tergantung ukurannya. Disarankan untuk membeli stiker yang sudah dilaminasi agar warnanya tidak cepat kusam.

4. Modifikasi Honda Brio sunroof

Biaya modifikasi Honda Brio terbilang cukup besar. Biaya pemasangan sunroof saja memakan biaya rata-rata Rp10 juta. Karena atap Honda Brio bakal dipotong untuk memasang sunroof atau moonroof, pilihlah  bengkel yang kompeten agar hasilnya detail dan tidak mengecewakan.

Penambahan sunroof sudah pasti membuat Honda Brio terlihat lebih mewah. Perlu diketahui, saat ini belum ada mobil Rp100 jutaan yang memiliki sunroof.

7. Modifikasi mobil Avanza

Modifikasi mobil Avanza bisa dimulai dari bagian interior khususnya di bagian jok dan audio. Misalnya, modifikasi mobil Avanza silver menggunakan jok model dual tone hitam dan putih serta model wajik untuk modifikasi mobil Avanza hitam.

Kamu bisa modifikasi audio di bagian depan atau belakang mobil menggunakan bass mobil yang lebih menggelegar. Gunakan power audio yang berkualitas yang beredar di pasaran. Kamu pasti akan semakin nyaman berada dalam mobil sekalipun dalam kemacetan.

Pindah ke bagian eksterior, kamu bisa memodifikasi mobil Avanza menggunakan cutting stiker pada bodi mobil. Tentunya, langkah ini harus dipikirkan matang agar warna mobil tetap sesuai dengan warna yang tertera pada STNK.

Jika kamu gak mau menggunakan stiker, kamu bisa menggunakan bodykit tanpa perlu pusing memikirkan konsep warna agar sama dengan yang tertera di STNK.  Perubahan eksterior ini bisa dilakukan pada mobil Avanza Veloz dan generasi lainnya.

Selain interior dan eksterior, lakukan juga perubahan di bagian kaki-kaki mobil Avanza dengan mengganti velg standar menjadi velg aftermarket yang beragam dari velg racing, velg celong hingga velg chrome.

Oh iya, ukuran velg standar mobil Avanza biasanya ring 14 sampai ring 15 inchi. Cobalah menambah ukuran velgnya menjadi ring 17.

Tips modifikasi mobil biar makin bergaya

Bagi kamu yang baru pertama kali berencana memodifikasi, ada baiknya pikirkan dulu apa saja yang harus disiapkan. Jangan sampai kamu menyesal karena hasilnya jelek dan gak sesuai harapan.

Berikut ini adalah tips untuk memodifikasi mobil biar makin kece.

1. Tentukan konsep atau gaya

Menentukan tema sangat penting bir gak ada tema yang saling bertubrukan dan malah tak nyambung satu sama lain.

Tema atau gaya modifikasi sangat beragam, mulai dari racing, sporty, gothic, retro, modern, elegan, atau cute. Tema tersebut bisa kamu sesuaikan dengan eksterior dan interior mobil.

Misalnya, kamu memilih tema tema racing, maka kamu bisa menambahkan garis dan angka di body luar seperti di game balap.

2. Estimasi biaya dan bengkel

Setelah menentukan tema, selanjutnya adalah menentukan berapa biaya modifikasi mobil dan di mana akan melakukannya.

Sebagai pemula, sebaiknya lakukan modifikasi sederhana terlebih dahulu dan dapatkan komponen semurah mungkin dengan kualitas yang masih oke.

Jika kamu melakukan modifikasi di bengkel, tanyakan biaya yang mereka patok dengan konsep yang kamu inginkan.

3. Siapkan daftar komponen yang diperlukan

Gak cuma membuat estimasi biayanya, kamu juga perlu membuat daftar komponen apa saja yang diperlukan. Hal ini sangat penting agar kamu bisa mengetahui di mana kamu akan membeli dan mendapatkannya.

Mulailah dari mencatat komponen apa saja yang dibutuhkan untuk sektor mesin, selanjutnya adalah velg, body Kit, kaca film, audio, dan aksesoris lain.

Bagi sebagian orang, memodifikasi mobil memang seru apalagi kalau sudah berkaitan dengan hobi. Perlu diingat, sebelum melakukan modifikasi, sebaiknya kamu tentukan dahulu bagian apa yang ingin diubah dan jangan lupa tetap utamakan aspek keselamatan dan kenyamanan.

FAQ seputar modifikasi mobil

Jenis mobil apa yang bisa dimodifikasi?

Jenis mobil yang bisa dimodifikasi bisa dikategorikan dalam dua jenis yaitu old car atau mobil tua, dan new car atau mobil baru.

Berapa biaya modifikasi mobil sedan?

Biaya modifikasi mobil sedan mulai dari Rp4 juta. kamu bisa mengganti velg mobil original ke velg racing. Begitupun dengan mobil SUV, mulai dari Rp4 juta-an, kamu sudah bisa mengganti velg mobil asli ke velg racing agar mobil semakin gagah.

Apa itu modifikasi JDM?

Modifikasi JDM adalah modifikasi yang menggunakan ban meaty di mana profil ban yang digunakan agak tebal sehingga terkesan seperti daging (meat). Pelek yang digunakan bisa berukuran 15 inci, bisa pakai ban 195/50 R15 atau 195/55 R15. Sementara pelek 16 inci bisa pakai ukuran 205/50 R16 dan seterusnya.