Harga Oli Shell Terbaru dan Ciri Keaslian Produk 

Oli Shell menjadi salah satu merek pelumas yang diburu pelanggan. Oli atau pelumas menjadi faktor penting yang mempengaruhi performa kendaraan. Sebagai pelumas, oli Shell bertugas melumasi komponen atau partikel yang ada di dalam sistem mesin, sehingga bisa bekerja dengan baik. Dengan adanya oli, mesin menjadi lebih enteng sehingga tenaga yang dihasilkan pun menjadi maksimal. 

Selain sebagai pelumas untuk membuat enteng gerak mesin, oli juga berfungsi untuk merekatkan komponen mesin, membersihkan gram hasil pembakaran, sebagai pereda daya kalor, dan meng‌hindari komponen mesin dari korosi. 

Seiring pertumbuhan kendaraan yang semakin meningkat, kebutuhan akan pelumas mesin juga ikut meningkat, begitu juga dengan oli Shell. Banyak pemilik kendaraan yang membeli oli terbaik untuk performa mesin mobilnya untuk menghindari mesin cepat rusak. 

Pelumas asal Belanda ini sudah malang melintang di pasar otomotif global. Produk berkualitas yang dihasilkan pun memberi manfaat baik untuk mesin kendaraan. 

Selain itu, pelanggan pun diberi kemudahan dalam mendapatkan produk oli Shell. Tak hanya di toko-toko otomotif tapi juga tersebar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di banyak kota besar seperti Jabodetabek, Jawa Timur dan Sumatera Utara. 

Sekilas tentang Shell Indonesia 

Sebelum mengenal produknya, tak ada salahnya juga untuk mengenal latar belakang produsen pelumas satu ini. 

Shell Indonesia merupakan perusahaan energi terintegrasi yang berkomitmen memenuhi kebutuhan energi dunia. Royal Dutch Shell plc berdiri di Den Haag pada tahun 1890. Sedangkan menurut sejarahnya Shell sudah beroperasi di Indonesia sejak 1884, dimana Aeilko Jans Zijlker menemukan jejak minyak di Sumatera. 

Penggalian sumur minyak pertama di Sultan Langkat yang tak berhasil, dilanjuti Aeilko menggali sumur di Pangkalan Brandan Sumatera Utara hingga akhirnya bisa beroperasi dan memproduksi untuk komersial. 

Sebagai pemasok energi, Shell memperkuat posisinya sebagai pemain terdepan di industri minyak dan gas. Operasi Shell sendiri terbagi dalam empat bisnis yaitu hulu, gas terpadu, hilir serta proyek dan teknologi. 

Dalam bisnis Hulu, Shell berfokus pada eksplorasi cadangan gas alam dan gas cair dan mengembangkannya sebagai proyek baru utama. Sedangkan di Gas Terpadu, terfokus pada gas alam cair atau LNG dengan mengkonversi gas ke cair (GTL). 

Di bisnis Hilir, Shell mengkonsentrasikan diri pada mengubah minyak mentah menjadi berbagai jenis produk sulingan yang bisa dimanfaatkan untuk penggunaan domestik, industri dan transportasi. Sedangkan di proyek dan teknologi, Shell menghadirkan pengembangan baru serta penelitian untuk menghasilkan investasi yang inovatif dan hemat biaya. 

Jenis-jenis Oli Shell Helix

Harga Oli Shell Terbaru dan Ciri Keaslian Produk 

Nah, sebagai produsen energi terbaik di kelasnya, Shell mengeluarkan banyak jenis oli untuk mobil dimana setiap jenisnya memiliki kelebihan yang berbeda.  

Salah satu pelumas keluaran Shell yang dikhususkan untuk mobil adalah Shell Helix. Kenapa harus Shell Helix? Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Shell Helix, antara lain memberi perlindungan terhadap keausan dan korosi mesin dari pembakaran, sehingga mesin menjadi awet dan panjang usianya. 

Selain itu Shell Helix diklaim menjadi satu-satunya pelumas mesin yang menjadi mesin mobil tetap bersih seperti baru. Formulasi yang rendah friksi dan rendah viskositas menjadikan kendaraan lebih irit bahan bakar. Adanya teknologi Superior Active Cleansing yang bermanfaat membersihkan mesin dari endapan, sehingga mesin tetap bekerja dengan optimal. 

Ada beberapa jenis Shell Helix dengan jenis dan peruntukan yang berbeda, berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Shell Helix Ultra 0W-20 

Bahan dasar dari oli Shell jenis ini full sintetis yang dilengkapi dengan teknologi PurePlus hingga mampu memberi perlindungan maksimal pada mesin mobil modern berperforma tinggi.

Buat kamu yang memiliki mobil kelas premium keluaran terbaru seperti Honda City, Toyota Corolla Altis, Honda Civic, Mazda 6 sangat tepat memakai oli Shell jenis ini karena kekentalannya yang rendah. 

2. Shell Helix Ultra 5W-40

Sama dengan jenis Helix Ultra 0W-20, oli jenis ini juga punya kekentalan yang sama dan teknologi yang mirip, PurePlus Technology. Selain itu, oli helix ultra satu ini dilengkapi dengan Active Cleansing yang bermanfaat untuk membersihkan ruang mesin mobil dari kerak sisa hasil pembakaran.

Teknologi yang ada di oli jenis ini mampu melindungi mesin dari korosi. Oli satu ini cocok digunakan untuk mobil berperforma tinggi. 

3. Shell Helix Ultra Professional AV 0W-40

Jenis Ultra lain yang dikeluarkan Shell untuk produk pelumasnya adalah Helix Ultra Professional AV 0W-40. Oli ini berbahan full sintetis dengan tingkat kekentalan multigrade dan dilengkapi standar API SN/CF dan juga ACEA A3/B4. 

Tak salah bila dengan teknologi tersebut, pelumas mesin ini cocok digunakan untuk mobil modern berteknologi mutakhir seperti Audi dan VW. 

4. Shell Helix HX8 5W-30

Menggunakan bahan full sintetis dengan kekentalan ganda, Shell Helix HX8 5W-30 ini berteknologi Flexi Molecule, lapisan pelindung mesin yang beradaptasi dengan semua segala jenis kondisi berkendara. 

Pelumas ini bisa membuat sirkulasi pelumasan 30 persen lebih cepat mencapai bagian mesin. Oli jenis ini sangat cocok untuk mesin modern, turbocharger. 

5. Shell Helix HX7 HX7 10W-40

Bagi pemilik mobil yang sudah berusia lima tahun ke atas, oli ini sangat pas untuk digunakan karena mampu membersihkan kerak pada mesin dan mencegah residu. Mesin kendaraan juga nggak gampang cepat aus dan mengalami gesekan. 

6. Shell Helix HX7 Plus 5W-40

Varian HX7 Plus ini menggunakan teknologi Flexi Molecule untuk melindungi mesin dan beradaptasi saat berkendara di segala situasi. 

Tak hanya itu, teknologi ini juga mencegah gejala mesin knocking. Jika ditanya cocok untuk mobil jenis apa, oli ini cocok digunakan untuk mesin mobil berteknologi turbo charger yang digunakan untuk berkendara di jalanan perkotaan maupun berjalan jauh. 

7. Shell Helix HX6 10W-40

Adanya teknologi Active Cleansing, membuat oli ini melakukan pembersihan mesin hingga celah terkecil. 

Pelumas ini menjauhkan mesin dari risiko korosi dan kerak karena menggunakan bahan sintetis hingga tak cepat menguap. 

8. Shell Helix HX5 15W-40

Oli ini sangat direkomendasikan digunakan untuk melumasi mesin mobil-mobil tua karena teknologi Active Cleansingnya yang mampu membersihkan mesin dari endapan residu. Jadi bebas kerak dan juga mencegah keausan serta korosi. 

9. Shell Helix HX3 20W-50

Sama dengan HX5 15W-40, oli ini juga tepat digunakan untuk mesin mobil tua baik yang berbahan bakar bensin, diesel atau gas. Memiliki kekentalan ganda sehingga bisa melindungi mesin dari keausan juga mencegah adanya endapan residu. 

10. Shell Helix Eco 0W-20 

Untuk memuaskan pelanggannya, Shell pun mengeluarkan oli khusus mobil LCGC, yang berbahan dasar full sintetis yang bisa menunjang kinerja mesin dan menghemat bahan bakar. 

11. Shell Helix Eco 5W-30 

Jika saudaranya terbuat dari bahan full sintetis, berbeda dengan Eco 5W-30 yang berbahan semi sintetis. Meski begitu, teknologi yang ada pada oli ini sama dengan kekentalan Eco 0W-20. 

Harga Oli Shell terbaru

Harga Oli Shell Terbaru dan Ciri Keaslian Produk 

Berbedanya peruntukan oli yang dilihat dari kekentalan dan teknologi yang digunakan, berpengaruh juga pada besar kecilnya harga yang dipatok. 

Sebagai referensi, berikut daftar harga oli Shell buat kamu biar nggak bingung. 

Jenis oli  Harga 1 Liter  Harga 4 Liter 
Harga Oli Shell Helix Ultra 0W-20 Rp201 ribu Rp792 ribu
Harga Oli Shell Helix Ultra 5W-40 Rp165 ribu Rp475 ribu
Harga Oli Shell Helix Ultra Professional AV 0W-40 Rp200 ribu
Harga Oli Shell Helix HX8 5W-30 Rp172 ribu Rp675 ribu
Harga Oli Shell Helix HX7 10W-40 Rp97 ribu Rp373 ribu
Harga Oli Shell Helix HX6 10W-40 Rp94 ribu Rp284 ribu
Harga Oli Shell Helix HX7 10W-40 Rp97 ribu Rp373 ribu
Harga Oli Shell Helix HX5 15W-40 Rp71 ribu Rp269 ribu
Harga Oli Shell Helix HX3 20W-50 Rp47 ribu Rp172 ribu
Harga Oli Shell Helix Eco 0W-20 Rp172 ribu Rp675 ribu
Harga Oli Shell Helix Eco 5W-30 Rp172 ribu Rp675 ribu

Bagaimana cara mengecek keaslian oli Shell

Tingginya permintaan oli ini, membuat banyak oknum nakal memanfaatkan kondisi tersebut hingga banyak muncul produk oli palsu. 

Jelas hal ini sangat merugikan konsumen karena bakal berimbas pada kinerja mesin. Karena itu, untuk mengantisipasi pemalsuan oli Shell, ada baiknya kamu perlu tahu beberapa perbedaan antara oli Shell asli dan palsu. 

1. Perhatikan kualitas label kemasan 

Memeriksa label pada kemasan oli menjadi salah satu cara paling mudah untuk menilai apakah produk tersebut asli atau palsu. 

Meski sekilas cukup mirip, namun ada perbedaan yang bisa diamati dengan jelas seperti adanya hologram, kode, hingga kualitas printing yang tinggi sebagai tanda keaslian produk. 

Sedangkan untuk produk palsu, label kemasannya menggunakan printing berkualitas rendah, sehingga detail dan bahan kemasan label bisa dilihat perbedaannya. 

2. Produk asli tidak menggunakan botol bekas

Dibanding produk palsu yang memanfaatkan botol-botol kemasan bekas, produk asli memilih tetap menggunakan botol baru untuk kemasannya. Karena itu tampilan fisik oli Shell bisa mudah teridentifikasi mana yang asli dan palsu. 

3. Teknologi Jam Jar untuk oli Shell asli 

Shell menciptakan teknologi ‘Jam Jar’, segel inovatif untuk membedakannya dengan yang palsu. Segel ini memiliki kode QR di lapisan kedua yang bisa dipindai dan langsung terhubung ke server Shell Anti-Counterfeit System (sistem Shell untuk anti-pemalsuan). Dengan adanya teknologi ini jadi lebih mudah diketahui perbedaannya. 

Selain itu, Shell juga meletakkan kode tertentu di tutup kemasan dengan hologram anti rusak. Kamu cukup memindai kode tersebut untuk menandai oli tersebut asli. 

4. Verifikasi di web resmi Shell 

Jika kamu kurang yakin dengan hasil pindai QR code yang ada di lapisan kedua segel pengaman, kamu dapat mengunjungi laman resmi Shell. Kemudian masukkan 16 angla yang ada di segel pengaman untuk verifikasi produk oli tersebut. 

5. Harga 

Ada harga ada rupa, selalu ingat kiasan tersebut saat memutuskan membeli barang seperti oli mobil. 

Apalagi oli Shell yang banyak dipalsukan karena kepopuleran dan kualitasnya yang baik. Sebab itu, jangan pernah tergiur dengan harga miring dari harga di pasaran. Karena biasanya harga yang lebih murah mengindikasikan barang tersebut palsu. 

6. Bau dan warna oli 

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah oli tersebut asli atau palsu adalah dengan melihat warna dan mencium baunya. Pastikan oli tersebut memiliki warna bening dan tidak berbau. Sedangkan oli palsu memiliki warna yang keruh dan bau khas yang nggak enak di hidung. 

FAQ oli Shell 

Apa itu oli Shell Helix?

Oli Shell Helix adalah salah satu pelumas keluaran Shell yang dikhususkan untuk mobil adalah, Shell Helix. Keunggulan yang dimiliki oli Shell Helix, antara lain memberi perlindungan terhadap keausan dan korosi mesin dari pembakaran, sehingga mesin menjadi awet dan panjang usianya. 

Berapa harga oli Shell Helix 0W-20? 

Harga Oli Shell Helix Ultra 0W-20, Rp201 ribu untuk ukuran 1 liter dan Rp792 ribu untuk ukuran 4 liter. 

Bagaimana cara membedakan keaslian oli shell? 

  1. Perhatikan kualitas label kemasan 
  2. Produk asli tidak menggunakan botol bekas
  3. Teknologi Jam Jar pada oli Shell asli 
  4. Verifikasi di website resmi Shell 
  5. Harga lebih murah dari oli asli 
  6. Bau dan warna oli