3 Cara Penarikan Dana Prudential dan Dampaknya

Prudential merupakan salah satu asuransi terkemuka tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Dunia. Buat kamu yang menjadi nasabah Prudential, informasi mengenai cara penarikan dana Prudential berikut ini akan membantumu suatu saat nanti.

Seperti yang kamu tahu, perusahaan asuransi yang berbasis di New Jersey, Amerika Serikat ini mulai melakukan ekspansi ke banyak negara. Salah satunya adalah Indonesia pada tahun 1995 dan berdiri di bawah naungan PT Prudential Life Assurance.

Sejak awal kemunculannya di Indonesia, Prudential dikenal sebagai asuransi terbaik untuk produk asuransi jiwa.

Kemudian empat tahun setelahnya, Prudential meluncurkan produk asuransi sekaligus investasi (unit link) perdananya. Hingga saat ini Prudential masih menjadi market leader untuk produk tersebut di negeri ini.

Cara penarikan dana Prudential

3 Cara Penarikan Dana Prudential dan Dampaknya

Pada produk asuransi unit link di Prudential, seorang nasabah tidak hanya akan mendapatkan layanan asuransi, tapi juga dapat menyimpan uang tunai dalam bentuk investasi. 

Sebagai bentuk manfaat yang diberikan saat sebagian uang digunakan untuk investasi, nasabah tentu akan mendapatkan keuntungan juga yang bisa dilakukan penarikan dana kapan pun mereka inginkan.

Namun, masih banyak yang belum tahu cara penarikan dana, padahal uang ini dapat digunakan kapan pun nasabah inginkan. Beberapa cara penarikan dana Prudential ini dengan mudah adalah sebagai berikut.

1. Menghubungi agen asuransi

Cara paling umum yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pencairan dana prudential adalah menghubungi agen asuransi.

Ini merupakan cara yang dinilai paling efisien karena agen asuransi Prudential tentu sudah sangat paham langkah apa yang harus kita kerjakan agar dapat mencairkan dana yang ada di asuransi kita.

Jika agen Prudential kamu sudah tidak aktif atau bekerja lagi di sana, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk melakukan pencairan dana adalah dengan menghubungi customer service (CS), baik lewat telepon maupun email.

2. Menghubungi customer service

Cara untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai penarikan dana di Prudential adalah dengan langsung menghubungi nomor customer service di 150008 ataupun langsung mengirimkan email ke customer.idn@prudential.co.id.

Kamu bisa menghubungi nomor ataupun alamat email dari customer service pada jam kerja agar bisa mendapatkan konfirmasi dan balasan yang lebih cepat.

3. Mendatangi kantor Prudential terdekat

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk dapat melakukan pencairan dana adalah dengan langsung mendatangi kantor Prudential terdekat dari domisilimu.

Namun, selalu pastikan untuk membawa identitas diri dan dokumen lengkap sebagai syarat untuk pengambilan dana agar prosesnya menjadi lebih mudah.

Tanyakan pula cara mengisi formulir penarikan dana Prudential. Nantinya kamu akan dibantu dengan diberikan contoh pengisian formulir penarikan dana Prudential atau form penarikan dana Prudential.

Dampak dari penarikan dana Prudential

Manfaat penarikan dana dari produk unit link ini barangkali merupakan fasilitas yang menyenangkan.

Namun, kamu harus mengetahui betul bahwa penarikan dana ini berarti adalah penarikan sejumlah unit setiap dana investasi yang ada di asuransimu.

Penarikan dana dilakukan dengan cara pembatalan unit pada polis bersangkutan yang mana harga unit akan mengikuti ketentuan pada tiap-tiap jenis dana investasi yang berlaku di Prudential.

Penarikan dana ini akan memberikan dampak berupa tujuan awal investasi yang terganggu atau bahkan tidak tercapai akibat berkurangnya potensi investasi.

Lebih parahnya lagi, penarikan dana juga dapat menyebabkan unit yang tersedia tidak mencukupi lagi untuk membayar biaya asuransi/iuran tabarru’, biaya/ujrah administrasi sehingga polis menjadi tidak aktif/lapse.

Untuk menjaga keberlangsungan polis agar sesuai dengan tujuan perlindungan asuransi, sebisa mungkin penarikan dana hanya dilakukan pada kondisi darurat.

Batas dana minimal yang harus tersisa

3 Cara Penarikan Dana Prudential dan Dampaknya

Jika kamu tetap memutuskan untuk melakukan penarikan dana, ada beberapa ketentuan yang harus kamu penuhi termasuk dana yang tersisa di dalam asuransi.

Batas dana minimal tersisa ini dibagi menjadi tiga sesuai dengan produknya, yaitu:

  1. Investasi Prudential (syariah dan konvensional), minimal penarikan Rp1 juta dan minimal sisa dana adalah Rp15 juta. 
  2. Asuransi Prudential (konvensional), minimal penarikan Rp500 ribu dan minimal dana tersisa adalah Rp1 juta. 
  3. Asuransi Prudential (syariah), minimal penarikan Rp1 juta dan minimal sisa saldo Rp3 juta. 

FAQ

Apa saja produk asuransi di Prudential?

Prudential memiliki berbagai produk untuk proteksi jiwa dan unit link. Asuransi ini dibagi menjadi asuransi Prudential Konvensional dan Syariah yang bisa kamu pilih berdasarkan dengan kebutuhan.

Bahkan, kamu juga bisa memiliki produk khusus investasi, baik itu syariah maupun konvensional yang dapat kamu tarik dananya sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Bagaimana cara penarikan dana Prudential?

Kamu bisa melakukan penarikan dana saat dibutuhkan ini melalui tiga cara, yaitu dengan menghubungi agen asuransi.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi nomor customer service di 150008 ataupun langsung mengirimkan email ke customer.idn@prudential.co.id pada jam kerja agar mendapat respon yang cepat.