Harga Press Ban Mobil dan Cara Kerjanya

Press ban mobil adalah adalah salah satu metode untuk menambal ban yang bocor dengan cara membuka pelek ban dan menambalnya dari dalam.

Metode ini sudah banyak tersedia di bengkel-bengkel otomotif dan spesialis ban karena semakin diminati.

Metode press ini dianggap lebih presisi menutup lubang. Terus hasilnya pun disebut lebih awet dibandingkan metode tambal ban lainnya.

Berapa harga press ban mobil dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Cara kerja press ban mobil

Harga Press Ban Mobil dan Cara Kerjanya

Press ban menggunakan metode tambal ban yang sangat berbeda dengan tambal ban jenis cacing, payung, ataupun peluru. Menambal ban dengan metode ini tidak bisa sembarangan lho.

Bengkel membutuhkan alat press ban mobil khusus untuk menekan ban saat ditambal.

Alat pres ban mobil manual ini menggunakan listrik sebagai sumber tenaga panasnya. Alat press khusus ini memanfaatkan tekanan dan panas dari komponen press.

Tekanan dan panas inilah yang membuat hasil tambal metode press menjadi lebih awet.

Bagaimana cara kerja tambal metode press tubeless?

  • Pertama-tama, ban harus dibongkar dan dipisahkan dari peleknya.
  • Setelah itu, penyebab kebocoran harus dicari.
  • Jika kebocoran ban disebabkan benda tajam, benda tajam tersebut harus dibuang terlebih dahulu sehingga tidak ada yang menempel di permukaan ban.
  • Apakah setelah dibersihkan ban sudah dapat ditambal? Ternyata masih ada langkah-langkah lain yang harus dilakukan.
  • Metode press ini menggunakan patch khusus yang berbahan dasar karet untuk menambal kebocoran.
  • Agar patch karet ini dapat menempel dengan sempurna di ban, ban mobil harus mendapatkan perlakuan khusus.
  • Permukaan ban mobil yang bocor harus dibersihkan dan digerinda agar patch karet tersebut dapat menyatu.
  • Jadi. saat dipanaskan, patch karet bisa meresap ke dalam dan menyatu dengan ban.

Setelah ban dibersihkan dan digerinda, di sekitar bagian yang berlubang akan diolesi dengan lem perekat untuk menyatukan ban dengan patch karet.

Ban kemudian ditempatkan pada mesin press elektrik bertenaga listrik untuk dipanaskan sekitar 30 menit. Tekanan dan panas dari alat press akan membuat patch karet melunak dan menutup lubang pada ban.

Jika sudah, ban dilepaskan dari mesin press dan dipasangkan kembali bersama dengan peleknya. Untuk memastikan tambal ban sudah sempurna, ban diisi angin kembali dan dicek apakah masih ada kebocoran atau tidak.

Kelebihan dan kekurangan press ban mobil

Press ban merupakan metode yang kini mulai dilirik para pemilik mobil. Namun, sebelum mencobanya, ada baiknya kamu tahu apa kelebihan dan kekurangan dari metode ini.

1. Kelebihan press ban mobil

Rata-rata pemilik mobil yang sudah pernah mencoba metode press mengaku hasilnya memuaskan karena lebih aman dan awet.

Hasil metode press ban mobil lebih tahan lama karena lubang tertutup dengan lebih presisi dan ban dalam tidak melipat.

Selain itu, metode press juga aman karena tidak merusak lapisan ban. Pasalnya, lubang kebocoran tidak perlu dibesarkan sebelum ditambal, seperti yang dilakukan dalam metode tambal ban cacing.

Meskipun demikian, kamu juga harus ingat metode tambal ban ini menggunakan patch karet. Artinya, akan ada bekas yang terlihat di ban seperti hasil tambal ban metode cacing.

Bedanya, bekasnya terlihat lebih menyatu karena patch karet tersebut ditekan dan dipanaskan dengan alat press khusus.

2. Kekurangan press ban mobil

Ada dua kekurangan metode press yang harus kamu tahu. Pertama, waktu pengerjaan yang lebih lama. Kedua, harga metode press lebih mahal dibandingkan dengan harga tambal ban mobil tubeless lainnya.

Metode press membutuhkan waktu hingga satu jam, mulai dari pembongkaran ban sampai selesai.

Sebab ban harus dilepaskan dari peleknya, dibersihkan, dan digerinda terlebih dahulu sebelum dipanaskan di mesin press khusus.

Sementara penambalan dengan alat press membutuhkan waktu hingga 30 menit agar patch karet dapat menempel dengan sempurna.

Metode yang lebih rumit dibandingkan dengan metode tambal ban ini membuat metode press lebih mahal.

Harga press ban mobil 

Berapa harga tambal metode press? Harganya sangat beragam, tergantung pada kerusakan, jenis, dan ukuran ban yang harus ditambal.

Namun, ada rata-rata harga yang bisa kamu jadikan acuan.

  • Press ban mobil biasanya dipatok mulai harga Rp100 ribu per ban.
  • Press silicon tubeless sebesar Rp185 ribu.
  • Press silicon rubber seharga Rp 275 ribu.

Mengingat harganya yang mahal, ada baiknya sebelum menambal ban, kamu bertanya dahulu untuk memastikan berapa harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan layanan tersebut.

Kamu juga bisa melakukan survei dengan datang ke bengkel press ban mobil terdekat untuk membandingkan harga sebelum menentukan pilihan.

Perbedaan press ban mobil dengan tambal ban cacing dan peluru

Harga Press Ban Mobil dan Cara Kerjanya

Jika kamu merasa harga press ban mobil cukup mahal, kamu bisa memilih metode tambal ban lain seperti metode cacing dan peluru.

Jika tambal ban press harus memakai alat khusus, kedua metode tambal ban ini tidak memerlukan alat elektrik sehingga lebih sederhana dan cepat.

Metode tambal ban cacing dan peluru dilakukan tanpa memisahkan ban dengan peleknya. Ban pun tidak perlu ditekan dan dipanaskan, seperti yang dilakukan dalam metode press.

Pertama-tama, benda tajam yang menancap di tapak ban dilepaskan. Kemudian lubang bekas tusukan benda tajam tersebut dilubangi dengan alat khusus yang bentuknya mirip pengait agar lubang tersebut menjadi lebih lebar.

Setelah itu, karet penambal atau yang biasa disebut dengan string tubeless dimasukkan ke dalam lubang yang sudah dilebarkan tersebut sampai menutup dengan sempurna.

Setelah itu, sisa karet penambal yang masih menjuntai dipotong agar terlihat rapid an tidak mengganggu kinerja ban saat dikendarai.

Langkah-langkah dalam metode tambal ban cacing maupun peluru sama, perbedaannya terletak pada bentuk karet penambal yang digunakan.

Tambal ban peluru menggunakan karet penambal yang bentuknya seperti silinder dengan ujung lancip. Sedangkan bentuk karet penambal pada metode tambal ban cacing mirip seperti cacing, berbentuk silinder yang panjang.

FAQ

Berapa harga press silicon ban?

Harga press silicon ban bisa saja berbeda di satu bengkel dengan bengkel lainnya. Perbedaan harga juga bisa disebabkan karena perbedaan kerusakan, jenis ban, dan ukurannya.

Semakin besar ukuran ban, semakin mahal juga harganya. Namun, rata-rata harga press silicon biasanya dimulai dari Rp100 ribu hingga Rp300ribu per ban.

Berapa lama tambal ban dengan metode press?

Tambal ban dengan metode press biasanya membutuhkan waktu hingga satu jam.

Setengah jam pertama digunakan untuk membongkar ban, memisahkan ban dari pelek, mencari kebocoran, membersihkan permukaan ban dalam, dan menghaluskan bekas lubangnya.

Sementara setengah jam terakhir digunakan untuk memanaskan ban di alat press khusus.