Mengenal Ban Run Flat Tyre, Fungsi, Kelebihan, dan Harga Terbaru

Saat berkendara dengan mobil, kini tak perlu khawatir lagi apabila ban terkena paku, ranjau, atau kempis. Sebab, ban mobil sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi Run Flat Tyre (RFT).

Ban Run Flat Tyre adalah salah satu jenis ban yang sudah dibekali dengan teknologi terbaru di mana saat ban mengalami masalah seperti kempes atau bocor di jalan, ban tetap bisa dikendarai dengan aman. 

Selain itu, ban Run Flat Tyre yang mengalami masalah juga bisa tetap dipakai hingga jarak 80-150 km dengan kecepatan maksimal 80 km per jam. 

Jadi, apabila kamu sedang bepergian dan ban kamu bocor atau kempes di jalan, mobil tetap bisa melaju dengan baik. 

Hal ini akan sangat membantu hingga kamu bisa menemukan bengkel mobil terdekat, tanpa harus repot-repot mengganti ban sendiri atau menunggu bantuan mobil derek. 

Dari segi keamanan, menggunakan ban RFT juga menjadi pilihan yang tepat. Bayangkan saja apabila ban kamu tidak menggunakan RFT dan tiba-tiba ban bocor saat berkendara, mungkin mobil akan oleng dan musibah kecelakaan tidak bisa terhindarkan. 

Tapi, kalau kamu sudah menggunakan ban jenis Run Flat Tyre, setidaknya kamu akan tetap aman dan mobil bisa terus dikendarai sampai menemukan bengkel terdekat.

Ban yang diproduksi oleh Bridgestone ini juga sudah mulai diaplikasikan pada mobil BMW. 

Berikut ini informasi terkait ban RFT, cara kerja, manfaatm, harga, hingga kelebihannya yang perlu kamu ketahui. 

Cara kerja ban Run Flat Tyre

Mengenal Ban Run Flat Tyre, Fungsi, Kelebihan, dan Harga Terbaru

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana sih cara kerja ban Run Flat Tyre ini sehingga tetap aman dikendarai meskipun ban kempes atau bocor? Berikut ini penjelasannya. 

Pada ban RFT, sudah dilengkapi dengan konstruksi dinding samping yang kuat. Sehingga, ketika ban kehilangan udara karena tertusuk paku, ranjau, atau kempes, bagian dinding ini akan menjaga ban tetap stabil dan bisa berkendara hingga jarak yang sudah ditentukan. 

Selain itu, pada ring ban RFT juga dilengkapi tambahan lapisan karet yang mengikat ring velg, sehingga bisa mencegah ban menempel pada velg ketika mengalami masalah.

Terkadang pengendara mungkin tidak sadar apabila ban mengalami masalah. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memasang fitur Tire-Pressure Monitoring System (TPMS) untuk mengetahui dan juga memantau tekanan ban kamu.

Apabila tekanan ban kosong, maka fitur TPMS ini akan memberitahu kamu dan kamu bisa langsung mencari bengkel terdekat untuk mengatasi masalah tersebut.

Manfaat ban Run Flat Tyre

Berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan apabila menggunakan ban Run Flat Tyre. 

1. Tidak perlu repot membawa ban cadangan

Ketika menggunakan ban biasa, kamu harus bersiap-siap membawa ban cadangan apalagi saat bepergian jarak jauh. 

Sebab, pada ban biasa yang belum dilengkapi dengan teknologi RFT bisa menyebabkan ban meledak apabila tidak langsung diganti, tentunya hal ini akan membahayakan.

Namun, kalau kamu sudah menggunakan ban RFT, kamu tak perlu repot membawa ban cadangan karena mobil masih bisa dikendarai dengan kecepatan maksimal 80 km per jam dengan jarak hingga 150 km.

Jadi, kamu bisa mencari bengkel ban mobil terdekat dengan aman tanpa repot menggantinya dulu.

2. Aman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila ban RFT sudah dilengkapi dengan konstruksi yang kuat di dinding samping yang mencegah ban meledak saat udara kosong.

Dengan begitu, kamu bisa terus mengendarai mobil kamu dengan aman hingga menemukan bengkel mobil terdekat. Cocok sekali digunakan ketika bepergian jarak jauh. 

Harga ban Run Flat Tyre dan tipenya

Mengenal Ban Run Flat Tyre, Fungsi, Kelebihan, dan Harga Terbaru

Berikut harga ban RFT yang diambil dari berbagai situs e-commerce di Indonesia dan tipenya. Dari segi harga, memang lebih mahal dibandingkan ban biasa. Namun, sebanding dengan keamanannya. 

  • Ban mobil Bridgestone RFT tipe 225 50 18 T005: Rp4,4 juta
  • Ban mobil Bridgestone RFT tipe 225 50 R17: Rp3,6 juta
  • Ban mobil Bridgestone RFT tipe 235 55 18 Alenza: Rp4,9 juta
  • Ban mobil Bridgestone Potenza S001 RFT 225/50 R17: Rp4,2 juta
  • Ban Pirelli Cinturato P7 RFT 225/50 R17: Rp3,4 juta
  • Ban Pirelli P Zero Run Flat 245/40 R20 99Y: Rp7 juta
  • Ban Continental CSC3 205/45 17 RFT Ban Mobil R17: Rp1,5 juta
  • RFT Michelin Primacy 3ST 225/50 R17: Rp3,4 juta

Untuk memastikan harga ban RFT sesuai dengan jenis mobil, kamu bisa langsung datang ke bengkel ban mobil terdekat, ya. 

Harga di atas bisa menjadi gambaran kamu untuk menentukan anggaran yang harus disiapkan untuk mengganti ban RFT. 

Kelebihan ban Run Flat Tyre

Meskipun sangat aman digunakan, namun kamu sebaiknya mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari ban jenis ini. Pastikan, kamu memang butuh mengingat harganya yang tidak murah.

Berikut ini kelebihan dari ban RFT:

1. Praktis dan aman

Ketika kamu menggunakan mobil untuk bepergian jarak jauh, kamu akan merasa lebih aman apabila di tengah jalan ban mobil kempes atau tertusuk paku.

Pasalnya, kamu tidak harus berhenti di pinggir jalan dan repot mengganti ban. Ban dengan teknologi RFT tetap bisa dikendarai hingga jarak 150 km.

Dengan kelebihan ini, kamu memiliki banyak waktu untuk mencari bengkel ban mobil terdekat, sehingga akan lebih aman.

2. Ban stabil

Ban dengan teknologi RFT juga lebih stabil. Hal ini lantaran ban RFT memiliki konstruksi dinding yang lebih kuat sehingga mampu menahan beban mobil ketika tekanan udara pada ban kosong. 

Ban mobil juga lebih aman karena menjaga mobil dengan aman dan tidak oleng. Menggunakan ban biasa berisiko membuat mobil oleng atau ban mobil meledak.

3. Tidak perlu langsung mengganti ban

Kabar baiknya, ban RFT tidak harus diganti saat mengalami masalah. Asalkan dinding bagian samping belum rusak, ban RFT kamu masih bisa diperbaiki, kok. Jadi tak harus mengeluarkan anggaran banyak karena harus mengganti ban.

Kekurangan ban RFT

Ban ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Kurang nyaman

Ban RFT memiliki konstruksi dinding samping yang kuat dan tebal, sehingga beberapa pengendara merasa kurang nyaman karena ban terasa lebih keras dibanding ban biasa. 

Apabila suspensi pada mobil tidak terlalu bagus, mungkin akan sangat terasa sekali. Selain itu ban juga lebih berat dan kaku. 

2. Harganya mahal

Dari segi harga, ban jenis RFT ini memiliki harga yang mahal hingga empat kali lipat harga ban biasa. 

Kamu harus mengeluarkan anggaran lebih hingga Rp20 juta untuk membeli ban RFT. 

3. Sulit mencari bengkel ban RFT

Mengingat penggunaan ban RFT tidak terlalu banyak, cukup sulit mencari bengkel ban mobil yang menyediakan ban RFT. Untuk kamu yang bepergian ke daerah mungkin akan sulit menemukannya. 

4. Risiko pecah tetap ada

Meskipun ban ini sudah mengklaim bisa menjaga ban tetap stabil, namun risiko ban RFT pecah tetap ada.

Hal ini bisa terjadi apabila kamu tidak memiliki fitur seperti Tire-Pressure Monitoring System (TPMS). Karena ketika menggunakan ban Run Flat Tyre mungkin kita tidak sadar ban mengalami masalah, sehingga tetap digunakan dalam jarak yang jauh atau kecepatan tinggi. 

Apabila kamu mengendarai mobil dengan kecepatan di atas 80 km per jam bisa saja ban akan mengalami pecah. 

Jangan lupa miliki perlindungan asuransi mobil untuk berbagai tipe kendaraan untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Asuransi mobil akan melindungi keuanganmu dari berbagai risiko pengeluaran akibat perbaikan di bengkel sesuai polis. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

FAQ seputar ban Run Flat Tyre

Apa itu ban Run Flat Tyre?

Ban Run Flat Tyre adalah salah satu jenis ban yang sudah dibekali dengan teknologi terbaru di mana ban mobil tetap bisa melaju dengan aman meskipun dalam keadaan kempes atau bocor. Ban jenis RFT tetap bisa dipakai hingga jarak 80-150 km dengan kecepatan maksimal 80 km per jam. 

Berapa harga ban Run Flat Tyre?

Harga ban RFT lebih mahal dibandingkan dengan ban biasa. Harganya mulai dari Rp3juta hingga Rp7 juta bergantung pada tipe mobilmu.

Apakah punya asuransi mobil penting?

Asuransi mobil bisa membantu meringankan beban finansialmu dari biaya-biaya perbaikan mobil yang mahal. Apabila kamu mengalami musibah seperti kecelakaan yang menyebabkan mobil rusak, maka pihak asuransi yang akan mengcover kerusakan mobil tersebut. Sehingga keuangan kamu akan tetap aman.