Samsat – Fungsi, Layanan, Jadwal dan Alamat Samsat Keliling

Hadirnya kantor Samsat sangat membantu warga karena memberikan berbagai macam pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor (Ranmor) hingga pembayaran pajak atas kendaraan bermotor.

Semua keperluan administrasi dan pembayaran tersebut dilakukan secara terintegrasi dan terkoordinasi dengan cepat, tepat, transparan, akuntabel, dan secara informatif.

Bukan tanpa alasan, penyelenggaraan Samsat ini sudah diatur dalam undang-undang. Jadi, semua keperluan yang dilakukan di Samsat tidak boleh asal-asalan dilakukan.

Yuk, ketahui lebih dalam informasi tentang Samsat di bawah ini.

Apa itu Samsat?

Samsat adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Menurut Peraturan Presiden (PP) No. 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Samsat, Samsat adalah sebuah rangkaian sistem berbagai kepentingan pembayaran.

Fungsi utama sistem ini yaitu untuk menyelenggarakan tugas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Registrasi serta Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regiden Ranmor), dan juga pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLJ).

Fungsi Samsat 

Seperti nama atau kepanjangannya tersebut yang tak terlepas dari fungsinya, terdapat tiga instansi pelaksana dan disebut dengan nama Tim Pembina SAMSAT, yaitu:

Layanan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) 

Layanan Dispenda bertanggung jawab dalam pengelolaan pajak kendaraan bermotor. Tugas utamanya adalah menerima dan mengelola pembayaran pajak atas kendaraan bermotor, yang meliputi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. 

Adapun hasil penerimaan PKB ini minimal 10 persen, termasuk bagi hasil kepada kabupaten atau kota. Nantinya hasil penerimaan ini akan dialokasikan pada pembangunan dan pemeliharaan jalan, maupin peningkatan moda-sarana transportasi umum.

Ditlantas Polda

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) yang menjalankan fungsi Regident Ranmor alias Registrasi dan Identifikasi kendaraan bermotor sebagai bagian dari fungsi Kepolisian. Instansi ini bertanggung jawab atas sejumlah layanan registrasi dan identifikasi ranmor dengan rincian sebagai berikut:

  • Pendaftaraan kendaraan bermotor baru
  • Pendaftaraan atas perubahan identitas Ranmor dan pemilik
  • Perpanjangan Ranmor 
  • Pengesahan Ranmor
  • Pemblokiran dokumen Regident Ranmor yang terkait tindak pidana
  • Penggantian dokumen Regident Ranmor
  • Penghapusan nomor registrasi Ranmor

PT Jasa Raharja (Persero) 

Terakhir merupakan kerja sama dengan PT Jasa Raharja dalam mengelola SWDKLLJ. Sumbangan tahunan ini wajib dibayar oleh pemilik kendaraan sebagai dana untuk pertanggungan wajib kecelakaan lalu lintas.

Selain SWDKLLJ, fungsi ini juga berperan mengelola Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP). Dana ini terhimpun dari hasil iuran-iuran, kecuali jumlah yang akan ditetapkan oleh Menteri, yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan untuk pembayaran ganti rugi akibat kecelakaan penumpang angkutan umum.

Jenis layanan Samsat

Samsat – Fungsi, Layanan, Jadwal dan Alamat Samsat KelilingUntuk menjalankan fungsinya, Samsat memiliki sejumlah layanan. Tak hanya layanan bersifat offline dan manual, Samsat juga mengembangkan teknologi sebagai alternatif yang bisa memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanannya.,

Adapun sejumlah layanan yang dimiliki Samsat adalah sebagai berikut:

Samsat Induk 

Layanan ini menggunakan sistem konvensional dengan cara datang langsung ke kantor Samsat. Di sini tersedia loket sesuai alur, seperti pendaftaran dan verifikasi, maupun loket pembayaran dan penyerahan.

Lantaran sistemnya yang konvensional, kamu harus membawa berbagai dokumen dalam bentuk hardcopy. Pembayarannya pun hanya tersedia dalam bentuk tunai. 

Samsat Kecamatan

Kamu tak perlu datang ke Samsat Induk tetapi sudah bisa mendatangi kecamatan. Di sejumlah kota besar seperti Jakarta, kecamatan sudah menghadirkan layanan ini supaya masyarakat bisa semakin mudah dan tidak perlu jauh maupun mengantri ketika akan melakukan layanan. 

Samsat Drive THRU

Ketika menggunakan layanan ini, kamu tidak perlu turun dari kendaraan. Cukup melakukan proses pendaftaran dan membayar dari atas kendaraan. Tetapi pastikan kamu sudah membawa dokumen yang lengkap sesuai kebutuhan. 

Mulai dari BPKB, STNK, dan KTP asli. Kelebihannya, kamu tidak harus melakukan foto kopi. Setelah registrasi, kamu bisa pindah ke loket dua untuk pembayaran dan pengambilan dokumen baru tanpa harus turun dari kendaraan.

Samsat Keliling

Layanan ini merupakan sistem jemput bola dengan langsung mendatangi masyarakat sesuai titik yang sudah ditentukan. Samsat Keliling beroperasi menggunakan mobil pada lokasi yang strategis, seperti pasar, kampus, instansi yang membutuhkan pelayanan pembayaran pajak secara kolektif, dan sebagainya.

Gerai Samsat

Masih menggunakan sistem jemput bola hanya saja berupa outlet. Gerai Samsat merupakan outlet berada di tempat pelayanan publik atau tempat berkumpulnya masyarakat, seperti pusat perbelanjaan atau mall.

Samsat Digital

Kalau kamu ingin kemudahan, maka bisa memanfaatkan layanan Samsat Digital. Seluruh kebutuhan terkait pelayanan Samsat bisa dilakukan secara elektronik. Mulai dari registrasi sampai penerimaan surat kendaraan bermotor sesuai permohonan.  

E-Samsat dan Samsat Online

Terakhir, merupakan layanan yang sangat praktis tanpa harus keluar rumah. Kamu bisa memanfaatkan e-Samsat melalui  aplikasi atau website resmi. Untuk pembayarannya, bisa dilakukan melalui ATM atau e-banking. Mudah, bukan?

Cara perpanjang SIM di Samsat

Pemilik kendaraan bisa memperpanjang SIM atau Surat Izin Mengemudi. Ada beberapa tahapan atau cara perpanjang SIM di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap terdekat.

Sebagai salah satu surat yang wajib kamu punya dan bawa setiap berkendara, kamu perlu melakukan perpanjangan SIM setiap lima tahun sekali.

Saat ini kamu sudah bisa lho memperpanjang SIM di beberapa titik layanan. Jadi, kamu gak harus selalu datang ke Samsat terdekat karena hadirnya layanan Gerai SIM dan SIM Keliling yang tersebar di beberapa titik.

Bahkan kamu bisa lho melakukan perpanjang SIM Online. Hal ini tentu saja menguntungkan kamu karena gak perlu terlalu lama mengantre saat proses perpanjangan mengingat keramaian antrean menjadi terpecah karena banyaknya pemohon.

Namun, kali ini yang akan dibahas adalah adalah cara perpanjang SIM di Samsat. Bagaimana sih caranya? Apa saja persyaratan yang harus disiapkan?

1. Dokumen persyaratan yang harus dibawa

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sudah tentu adalah membawa seluruh dokumen persyaratan untuk perpanjangan SIM. Ada beberapa dokumen yang wajib kamu bawa, yakni:

  • KTP asli dan fotokopi sebanyak dua lembar
  • SIM asli yang masuk berlaku dan fotokopi sebanyak dua lembar
  • Surat keterangan sehat yang bisa didapatkan di dokter atau di loket khusus yang telah tersedia

2. Mengisi formulir

Saat kamu sudah sampai di kantornya dan mengambil nomor antrean, jangan lupa untuk mengisi formulir permohonan yang disediakan atau diberikan oleh petugas.

Isi seluruh formulir sesuai dengan benar dan selengkap mungkin agar jelas. Jangan sampai ada yang terlewat dan kosong karena nanti bisa membuat proses perpanjangan menjadi lebih lama. Gak mau kan kamu menunggu?

3. Membayar biaya perpanjangan SIM

Selanjutnya, jika proses verifikasi data yang dilakukan oleh petugas sudah diterima, maka kamu harus membayar biaya perpanjangan SIM. Biaya yang harus kamu bayarkan terhitung beragam, tergantung dari jenis SIM yang ingin diperpanjang, berikut daftar biaya perpanjangan SIM:

  • Biaya perpanjang SIM A dan A umum: Rp80.000
  • Biaya perpanjang SIM B1 dan B1 umum: Rp80.000
  • Biaya perpanjang SIM B2 dan B2 umum: Rp80.000
  • Biaya perpanjang SIM C: Rp75.000
  • Biaya perpanjang SIM D: Rp30.000
  • Biaya pemeriksaan kesehatan: Rp25.000
  • Biaya Asuransi: Rp30.000.

4. Melakukan proses foto, sidik Jari, dan tanda tangan

Setelah proses pembayaran selesai dilakukan, kamu akan menunggu kembali untuk nantinya melanjutkan proses lain, yakni pengambilan foto diri, sidik jari, dan tanda tangan.

Gak usah khawatir, proses tersebut terhitung cepat, kok. Prosesnya diawali dengan tanda tangan secara virtual, sidik jari, dan foto diri.

Oh iya, saat pengambilan foto, kamu harus menggunakan baju yang rapi. Sebisa mungkin pakai baju berkerah agar tetap terlihat professional dan resmi.

Jangan lupa, kenakan juga celana panjang dan sepatu. Jangan sampai kamu pakai celana pendek dan sandal karena kehadiran kamu nantinya bisa ditolak oleh pihak Samsat. Jangan sampai, deh!

5. Pengambilan SIM

Inilah saatnya, sekarang kamu tinggal menunggu proses pencetakan SIM baru tersebut. Biasanya untuk pengambilan SIM baru, kamu akan diarahkan ke loket yang berbeda. Jangan kaget kalau kamu akan melihat antrean pengambilan SIM yang memang cukup ramai.

Jangan dijadikan masalah karena pihak petugas pasti akan memanggil setiap nama pemohon perpanjangan SIM jika SIM-nya memang sudah jadi. Kamu tinggal menunggu dan terus memasang telinga untuk mendengar setiap nama yang dipanggil petugas hingga giliran kamu.

Jam kerja Samsat

Ketika kamu ingin melakukan sejumlah kegiatan, seperti mengurus SIM termasuk perpanjangannya, maka harus tahu jam kerja Samsat. Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia karena ternyata sudah tutup atau bahkan ternyata libur.

Untuk daerah DKI Jakarta, jam operasional kantor Samsat Jakarta sama dengan jam operasional kantor pada umumnya, yaitu buka pada jam 08:00 dan berakhir pada jam 15:00. Namun berhubung dengan kondisi pandemi Covid-19, maka jam operasional kantor samsat tutup satu jam lebih awal yaitu pada jam 14:00.

Sehingga bagi kamu warga DKI Jakarta yang memiliki keperluan di kantor Samsat, alangkah baiknya datang sebelum jam operasional berlangsung atau belum buka.

Lalu, untuk wilayah lainnya juga biasanya tidak berbeda jauh. Karena jumlah orang yang berkepentingan di kantor tersebut tidak hanya satu tapi banyak, sehingga perlu waktu untuk mengantri apabila anda datang akhir.

Alamat kantor Samsat daerah DKI Jakarta

Untuk daerah DKI Jakarta, berikut alamat kantor Samsat yang bisa dikunjungi untuk melakukan berbagai macam keperluan dari perpanjang STNK hingga perpanjang SIM.

Alamat Samsat Jakarta Utara dan Pusat

  • Alamat: Jl. Gunung Sahari No. 13, Pademangan, Jakarta Utara 14420
  • Telepon: (021) 64715202
  • Email: samsat.pusat@jakarta.go.id

Alamat Samsat Jakarta Timur

  • Alamat: Jl. D.I. Panjaitan Kav. 55, Jatinegara, Jakarta Timur 13410
  • Telepon: (021) 8199852
  • Email: samsat.timur@jakarta.go.id

Alamat Samsat Jakarta Selatan

  • Alamat: Jl. Jendral Gatot Subroto, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110
  • Telepon: (021) 5737219
  • Email: samsat.selatan@jakarta.go.id

Alamat Samsat Jakarta Barat

  • Alamat: Jl. Daan Mogot KM. 13, Cengkareng, Jakarta Barat 11720
  • Telepon: (021) 5442283, 5442301, 5442302
  • Email: samsat.barat@jakarta.go.id

Jadwal Samsat Keliling

Samsat – Fungsi, Layanan, Jadwal dan Alamat Samsat Keliling

Salah satu kemudahan yang kini ditawarkan adalah hadirnya Samsat Keliling. Untuk bisa menggunakan layanan ini, kamu harus tahu jadwal dan Samsat Keliling terdekat dari tempat kamu.

Ini daftar Samsat Keliling daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Jadwal Samsat Keliling DKI Jakarta

Bagi warga DKI Jakarta, berikut ini jadwal Samsat Keliling yang bisa kamu lihat sebagai referensi sebelum melakukan keperluan perpanjangan STNK atau SIM. Samsat Keliling DKI Jakarta buka dari Senin hingga Kamis, dari pukul 08.00 – 14.00 WIB.

  1. Depan Graha Gepermbri, JI. Boulevard Barat Blok XB, Jakarta Utara
  2. Depan Pasar Induk Kramat Jati, JI. Raya Bogor, Jakarta Timur
  3. Kantor Kecamatan Pasar Minggu No.29, Jl. Ragunan Raya, Jakarta Selatan
  4. Depan Kantor Pos Pusat, Lapangan Banteng Utara No 1, Jakarta Pusat
  5. Mal Ciputra/Citraland, Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat

Jadwal Samsat Keliling Bandung

Warga Bandung bisa menggunakan layanan Samsat Keliling di Ruko Nasution Square setiap hari Senin – Kamis jam 08.00 – 13.00 dan Jumat – Sabtu pada jam 08.00 – 11.00.

Wajib diingat ya kalau jadwal Samsat Keliling bisa berubah sewaktu-waktu. Kamu perlu mengupdate jadwalnya secara rutin saat ada keperluan.

Itulah informasi seputar Samsat yang berguna buat kamu untuk menyelenggarakan tugas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Registrasi serta Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regiden Ranmor), dan SWDKLLJ.

FAQ seputar Samsat

Apa itu Samsat?

Samsat singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Menurut Peraturan Presiden (PP) No. 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Samsat, Samsat adalah sebuah rangkaian sistem berbagai kepentingan pembayaran seperti Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Registrasi serta Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regiden Ranmor), dan juga pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLJ).

Bagaimana cara perpanjang SIM di Samsat?

  • KTP asli dan fotokopi sebanyak dua lembar
  • SIM asli yang masuk berlaku dan fotokopi sebanyak dua lembar
  • Surat keterangan sehat yang bisa didapatkan di dokter atau di loket khusus Samsat yang tersedia
  • Setelah itu, mengisi formulir
  • Membayar biaya perpanjangan SIM
  • Melakukan proses foto, sidik Jari, dan tanda tangan
  • Pengambilan SIM

Jam operasional kantor Samsat berapa?

Untuk daerah DKI Jakarta, jam operasional kantor samsat Jakarta sama dengan jam operasional kantor pada umumnya, yaitu buka pada jam 08:00 dan berakhir pada jam 15:00. Namun berhubung dengan kondisi pandemi Covid-19, maka jam operasional kantor samsat tutup satu jam lebih awal yaitu pada jam 14:00.

Di mana alamat Samsat Keliling daerah Jakarta?

  • Depan Graha Gepermbri, JI. Boulevard Barat Blok XB, Jakarta Utara
  • Depan Pasar Induk Kramat Jati, JI. Raya Bogor, Jakarta Timur
  • Kantor Kecamatan Pasar Minggu No.29, Jl. Ragunan Raya, Jakarta Selatan
  • Depan Kantor Pos Pusat, Lapangan Banteng Utara No 1, Jakarta Pusat
  • Mal Ciputra/Citraland, Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat