SEO dan Media Sosial Bantu Pemilik Usaha Kecil Jualan Lebih Tepat Sasaran

Pemilik usaha kecil (UKM) tentu sering dihadapkan dengan tantangan bisnis yang beragam, mulai dari sulitnya mengumpulkan modal untuk memulai usaha, hingga perencanaan alokasi dana untuk mempertahankan usaha yang sudah berjalan. Strateginya untuk membantu jualan lebih tepat sasaran adalah, melalui SEO dan media sosial.

Perkembangan industri bisnis yang semakin cepat juga memaksa pengusaha kecil memutar otak untuk memasarkan produk yang dijual dengan budget seadanya.

Berangkat dari masalah ini, Lifepal berkolaborasi bersama Pawoon POS , sebuah aplikasi kasir atau point of sale yang memiliki fitur sangat lengkap dan bisa digunakan di banyak jenis usaha melaksanakan #KelasPawoon Webinar dengan judul: Jualan Lebih Tepat Sasaran, SEO dan Media Sosial jadi Senjata Andalan, bersama Dudung Rahmanto, selaku Head of SEO di LifePal.

Dalam sesinya, Dudung menjelaskan pentingnya pemasaran sebuah produk / jasa menggunakan konten, dalam bentuk tertulis maupun gabungan antara audio dan visual. Nggak cuma diajarkan tentang cara membuat konten yang menarik, para peserta juga diajarkan cara menggunakan tools digital untuk mulai memasarkan konten yang sudah dibuat.

Penasaran bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak ulasannya seperti dituturkan Head of SEO marketplace asuransi Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto.

Cara Membuat Konten SEO yang Menarik

SEO dan Media Sosial Bantu Pemilik Usaha Kecil Jualan Lebih Tepat Sasaran
Cara Membuat Konten SEO yang Menarik

Sebelum mulai memasarkan produk menggunakan channel digital seperti SEO, SEM, maupun media sosial, kamu harus menyiapkan dulu konten yang akan dibuat. Dudung menjelaskan, ada beberapa jenis konten yang bisa dibuat, yakni konten tulisan, atau konten audio visual seperti video. Apapun jenis konten yang mau dibuat, kamu harus terlebih dahulu memahami konsepnya, agar konten lebih tepat sasaran.

Jika masih bingung bagaimana cara membuat konsep, kamu bisa mulai dengan memanfaatkan momen atau topik yang sedang viral. Kamu bisa menggunakan alat pencarian seperti Google Trends, atau menyimak berita terkini dari laman trending di beberapa platform berita maupun media sosial yang kamu gunakan sehari-hari. Setelah mendapatkan tema, kamu bisa mulai membuat konsep dari konten menarik yang akan dibuat.

Selain menggunakan keyword yang tepat, hal yang paling penting dalam membuat konten yang menarik adalah memahami keyword yang dituju, dan tidak menunggu-nunggu dalam membuat konten, agar kamu tidak kehilangan momennya.

SEO dan Media Sosial: Optimasi Konten untuk Maksimalkan Penjualan Usaha Kecil

SEO dan Media Sosial Bantu Pemilik Usaha Kecil Jualan Lebih Tepat Sasaran
SEO dan Media Sosial: Optimasi Konten untuk Maksimalkan Penjualan Usaha Kecil

Setelah menyiapkan konten yang menarik, kini saatnya kamu mulai melakukan pemasaran melalui channel yang dimiliki. Dalam hal ini, pemilik usaha kecil bisa memanfaatkan channel promosi tanpa biaya, seperti menggunakan SEO dan bantuan dari Media Sosial. Lalu, apa langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan promosi melalui SEO?

Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari pahami jenis optimasi apa yang bisa dilakukan dengan menggunakan kaidah SEO, yakni optimasi On-Page dan Off-Page.

  • Optimasi On-Page. Optimasi yang berhubungan dengan unsur eksplisit dalam konten. Hal ini mencakupi judul, deskripsi, keyword, internal linking, dan segala bentuk tautan yang terhubung pada produk yang ingin dijual.
  • Optimasi Off-Page. Optimasi yang berhubungan dengan unsur implisit dalam konten, seperti bertukar link dengan komunitas, dan saling melakukan review dan pandangan terhadap konten yang dibuat.

Selain memahami apa saja optimasi yang bisa dilakukan dengan SEO, kamu juga perlu memahami bahwa SEO memiliki sifat seperti investasi, yang memerlukan resource banyak, dan harus dilakukan dalam jangka panjang.

Jadi, kamu akan kesulitan mendapatkan hasil yang cepat. Namun kuncinya adalah produktif dalam membuat konten agar traffic yang masuk ke website atau laman penjualan kamu semakin banyak, dan hasilnya semakin maksimal.

Jika ingin mendapatkan hasil promosi yang cepat, kamu bisa menggunakan channel lain seperti salah satunya media sosial.

Walaupun di channel promosi yang berbeda, kualitas dan originalitas konten tetap menjadi hal yang penting dan harus diutamakan. Tidak ada salahnya melakukan riset ke beberapa kompetitor untuk menemukan cara terbaik untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan.

Satu hal yang nggak kalah penting adalah CTA (Call to Action) yang bisa langsung mengarahkan penonton ke laman pembelian produk. Dengan begitu, penonton yang tertarik akan bisa mengakses laman penjualan produk dan membeli produk yang disukai.

Intinya, apapun konten yang kamu buat, jangan lupa untuk menyertakan command atau perintah yang mengarahkan penonton untuk langsung membeli produk yang kamu promosikan.

Catatan penulis:

Artikel ini dibuat Pawoon sebagai bagian dari kolaborasi bersama Lifepal.co.id.