Biaya Service AC Mobil Dilihat dari Kerusakan Plus Tips Merawatnya

AC mobil yang bermasalah pasti bikin pengalaman berkendara jadi nggak nyaman dan  membuat udara di mobil jadi pengap. Sebaiknya segera perbaiki di bengkel terdekat. Estimasi biaya service AC mobil bervariasi, bergantung pada masalahnya. 

Untuk masalah ringan, biaya service AC mobil mulai dari Rp100 ribuan saja, namun apabila masalahnya berat maka biayanya bisa mencapai Rp4 juta.

Masalah pada AC mobil biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti AC yang tidak dingin, ketersediaan freon yang mulai menipis, hingga AC yang mengeluarkan bau tak sedap.

Masalah pada AC mobil juga bisa disebabkan karena tidak melakukan perawatan secara rutin. Baiknya, AC mobil diservis setiap 20.000 km.

Untuk penanganan yang tepat, sebaiknya segera mendatangi bengkel service AC mobil terdekat dengan pelayanan yang bagus agar AC mobil bisa berfungsi normal lagi. 

Berikut ini informasi lengkap terkait biaya service AC mobil berdasarkan masalah yang dialami serta tips perawatan AC mobil agar tetap awet dan dingin. 

Biaya service AC mobil berdasarkan kerusakannya

Biaya Service AC Mobil Dilihat dari Kerusakan Plus Tips Merawatnya

Biaya service AC mobil berbeda-beda, tergantung pada masalah, jenis mobil, dan juga penangannya. 

Mobil keluaran Eropa biasanya memiliki biaya yang lebih mahal dibanding mobil keluaran Jepang. Contohnya harga service AC mobil Avanza dan mobil BMW tentu berbeda. Berikut ini estimasi harganya. 

1. Service blower AC mobil yang bermasalah

Mungkin kamu pernah mengalami AC sudah dinyalakan tetapi blower malah tidak hidup. Hal ini menandakan adanya masalah pada blower AC mobil kamu. 

Saat blower bermasalah, service akan berpusat pada bagian sekring, saklar, relay, atau resistor. Berikut ini kisaran biaya service blower AC mobil:

  • Harga sekring: Rp2 ribu – Rp5 ribu per item
  • Relay: Rp15 ribu – Rp25  ribu
  • Resistor: Rp100 ribu- Rp300 ribu
  • Saklar blower: Rp300 ribu – Rp700 ribu

Apabila setelah pengecekan ternyata masalahnya ada pada motor blower, maka biayanya akan lebih mahal lagi sesuai dengan jenis mobil. Harga motor blower yakni antara Rp300 ribu – Rp700 ribu.

Harga di atas biasanya tidak termasuk dengan biaya servicenya. 

2. Biaya tambah Freon AC mobil yang tidak dingin

Penyebab AC tidak dingin biasanya disebabkan karena isi freon yang mulai menipis. Kamu bisa mengisi freon pada AC mobil dengan estimasi biaya sekitar Rp200 ribu. 

Tapi, penyebab AC tidak dingin juga bisa disebabkan adanya komponen lain yang rusak. Untuk biayanya berbeda-beda bergantung jenis mobilnya.

Untuk mobil produksi Jepang, biayanya mulai dari Rp300 ribu – Rp400 ribu. Sedangkan untuk mobil produksi Eropa, biayanya mulai dari Rp1,2 juta – Rp4 jutaan.

3. Biaya service kompresor AC mobil mati

AC yang mati total biasanya menandakan ada masalah pada komponen utamanya, seperti kompresor atau v belt. 

Montir akan melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah masih bisa diperbaiki atau harus diganti secara total. 

Estimasi biayanya adalah mulai dari Rp1 juta – Rp3 juta bergantung pada kerusakan yang dialami. Apabila memang rusak total dan harus diganti mungkin biayanya akan jauh lebih mahal.

4. AC mengeluarkan bau tidak sedap

AC yang bermasalah juga bisa menyebabkan bau yang tidak sedap dan malah mengganggu pernapasan. 

Hal ini bisa disebabkan karena adanya mesin yang bocor atau kabin yang kotor dan tidak pernah dibersihkan.

Biaya service untuk AC yang mengeluarkan bau tidak sedap adalah mulai dari Rp200 ribu hingga Rp400 ribu. 

Biaya-biaya di atas bisa berbeda-beda di setiap bengkel. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya menanyakan terlebih dahulu estimasi biayanya pada masing-masing bengkel. 

Pastikan, kamu melakukan perawatan AC mobil secara berkala, ya agar AC tetap awet dan tidak mengalami kerusakan total.

Tips merawat AC mobil agar tidak cepat rusak 

Seringkali pemilik mobil baru men-service AC mobil saat AC mobil mulai bermasalah. Padahal, seharusnya service AC mobil dilakukan secara rutin setiap beberapa bulan sekali.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan AC mobil yang bisa lebih parah lagi. Untuk service rutin, biaya yang dikenakan sebesar Rp100 ribu – Rp200 ribu. 

Selain melakukan service AC rutin, kamu juga bisa melakukan perawatan AC mobil sendiri di rumah. Tujuannya agar AC mobil selalu dalam keadaan bersih dan mencegah dari masalah.

Rutin membersihkan kabin mobil

Menjaga kebersihan kabin mobil itu penting. Sebab, kabin mobil yang kotor dan penuh dengan debu bisa menyebabkan AC mudah kotor juga.

Akibatnya, bisa menyebabkan AC mengeluarkan bau tidak sedap hingga AC menjadi kurang dingin. Jadi, pastikan kamu menjaga kebersihan mobil setiap saat, ya. 

Jangan hidupkan AC saat mobil masih dalam keadaan panas

Hal yang sering dilakukan oleh pemilik mobil adalah langsung menghidupkan AC saat suhu pada mobil masih panas. Contohnya, saat mobil di parkir di luar ruangan. 

Apabila kebiasaan ini sering dilakukan bisa menyebabkan kerja AC mobil semakin berat dan membuat AC mobil jadi cepat rusak.

Solusinya, kamu bisa membuka semua jendela terlebih dahulu agar udara dari luar bisa masuk dan membuat mobil tidak panas. Kemudian kamu bisa mulai menyalakan AC saat mobil mulai tidak panas. 

Hindari membuka jendela saat menyalakan AC

Saat AC mobil menyala, hindari membuka jendela. Sebaiknya tutup rapat jendela untuk mencegah kinerja AC mobil yang semakin berat. 

Dengan menutup jendela mobil, AC mobil yang dihasilkan juga maksimal dan suhu jadi lebih cepat dingin. 

Jangan merokok saat AC mobil menyala

Hindari merokok saat kondisi AC mobil kamu menyala. Asap rokok bisa membuat kinerja AC mobil tidak maksimal dan tentunya tidak baik untuk kesehatan. 

Selain itu, abu rokok yang masuk ke mobil juga bisa menyebabkan kotoran jadi menumpuk dan menyebabkan AC mobil tidak dingin. 

Ketika AC mobil tidak bekerja maksimal, maka biaya servicenya bisa makin tinggi.

Rutin bersihkan kondensor dan filter AC

Selain rutin membersihkan kabin, jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kondensor dan juga filter AC. 

Bersihkan debu dan kotoran-kotoran yang bisa menyebabkan kinerja AC tidak maksimal. Bila perlu, ganti filter AC secara rutin setiap beberapa bulan sekali sesuai dengan rekomendasi. 

Tambah pengharum khusus mobil

Agar udara pada area mobil tidak pengap, sebaiknya tambahkan pengharum ruangan khusus mobil. Yang jadi kesalahan, biasanya para pemilik mobil malah menggunakan pengharum ruangan, sehingga seringkali membuat kepala jadi pusing. 

Jaga kecepatan mobil stabil

Cara lain untuk menjaga AC mobil tetap dingin adalah dengan melakukan kebiasaan yang baik, salah satunya adalah mengendarai mobil dengan kecepatan yang stabil. Hal ini akan membuat kinerja AC mobil tetap baik.

Tips memilih bengkel service AC

Biaya Service AC Mobil Dilihat dari Kerusakan Plus Tips Merawatnya

Apabila kamu berniat melakukan service AC mobil, sebaiknya jangan asal dalam memilih bengkel service AC.

Mengejar harga murah, kamu malah terjebak dengan bengkel abal-abal yang membuat AC mobil makin bermasalah. Berikut ini tips memilih bengkel service AC terbaik. 

  1. Pastikan teknisi yang bekerja sudah berpengalaman dan profesional.
  2. Alat-alat yang digunakan lengkap dan memenuhi standar. Selain itu, bengkel juga dilengkapi fasilitas ruang tunggu yang nyaman.
  3. Pilih bengkel mobil dengan kinerja yang baik dilihat dari review atau berdasarkan pengalaman orang.
  4. Pilih bengkel service AC mobil dengan harga yang wajar dan terjangkau namun kualitasnya bagus tidak abal-abal.
  5. Pastikan pelayanan yang diberikan bagus, mulai dari kecepatan penanganan, teliti, dan juga ramah.
  6. Untuk kamu yang memegang prinsip cashless, penting untuk memilih bengkel yang menyediakan berbagai macam metode pembayaran. 
  7. Pilih lokasi bengkel yang tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga jika terjadi apa-apa bisa langsung ditangani. 

Pentingnya punya asuransi mobil

Mengingat biaya service dan perbaikan mobil tidak murah, sebaiknya miliki asuransi mobil yang mampu meringankan beban finansial kamu dari tagihan-tagihan bengkel yang jumlahnya tidak murah.

Asuransi mobil akan memberikan kamu manfaat pertanggungan mulai dari mengcover biaya kerusakan mobil dari yang ringan hingga berat, mengganti biaya apabila mobil hilang dicuri dalam waktu satu tahun, hingga kerusakan mobil akibat bencana alam atau gempa bumi.

Kamu bisa memilih premi sesuai dengan kebutuhanmu. Semakin banyak premi, maka semakin banyak juga manfaat yang akan kamu dapatkan.

Pastikan asuransi mobil yang kamu pilih sudah bekerja sama dengan banyak bengkel rekanan, sehingga mobil kamu bisa diperbaiki di bengkel yang tepat dan tidak abal-abal. 

Yuk, beli asuransi mobil di Lifepal!

FAQ seputar biaya service AC mobil

Berapa biaya service AC mobil?

Biaya service AC mobil berbeda-beda bergantung pada masalah kerusakannya. Untuk masalah ringan, biaya service AC mobil mulai dari Rp100 ribuan saja, namun apabila masalahnya berat maka biayanya bisa mencapai Rp4 juta.

Kapan service AC mobil dilakukan?

Sebaiknya service AC mobil setiap 20.000 km atau sekitar satu tahun sekali. Tapi, ada mobil baru, sebaiknya dilakukan pada 10.000 km pertama. 

Apakah asuransi mobil penting?

Mengingat biaya service dan perbaikan mobil tidak murah, sebaiknya miliki asuransi mobil yang mampu meringankan beban finansial kamu dari tagihan-tagihan bengkel yang jumlahnya tidak murah. Termasuk di dalamnya ketika AC mobil memerlukan perbaikan.

Asuransi mobil akan memberikan kamu manfaat pertanggungan mulai dari mengcover biaya kerusakan mobil dari yang ringan hingga berat, mengganti biaya apabila mobil hilang dicuri dalam waktu satu tahun, hingga kerusakan mobil akibat bencana alam atau gempa bumi.