Skema Cara Pasang Audio Mobil Plus Aki Tambahan dan Power

Bagaimana ya skema cara pasang audio mobil? Cek informasi lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Setiap berkendara dengan mobil, tentu tak lengkap rasanya jika tidak ditemani alunan musik, apalagi saat kita berkendara sendirian dan dihadang kemacetan di jalanan.

Agar kita senantiasa merasa nyaman, musik bisa jadi salah satu solusinya. 

Sayangnya, banyak mobil yang hanya dibekali sistem audio standar dari pabrik. Akibatnya, kualitas suara yang dihasilkan pun kurang memadai.

Namun, tak perlu khawatir. Sebab kamu bisa melakukan modifikasi pada sistem audio mobilmu dengan mudah agar kualitas suara yang dihasilkan lebih maksimal. Perjalananmu pun menjadi lebih menyenangkan.

Untuk mengetahui skema cara pasang audio mobil, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu komponen audio mobil yang diperlukan terlebih dahulu sebelum melakukan modifikasi.

Komponen yang diperlukan dalam skema cara pasang audio mobil

Skema Cara Pasang Audio Mobil Plus Aki Tambahan dan Power

1. Head unit

Head unit adalah komponen audio yang dapat kamu lihat di dashboard mobilmu. Ini adalah komponen utama yang menjadi otak dari sistem audio pada mobil.

Ada dua jenis head unit, yaitu single DIN dan double DIN. DIN sendiri adalah singkatan dari Deutsches Institut for Normung dan merupakan standar ukuran head unit yang berlaku secara internasional.

Untuk single DIN, ukuran head unit adalah satu frame atau umumnya 180 x 50 mm. Sementara double DIN berukuran 180 x 100 mm.

Keduanya memiliki fungsi yang sama, tapi head unit double DIN memiliki tampilan yang lebih cantik dan umumnya sudah dibekali layar sentuh dan bisa disambungkan dengan kamera belakang pada mobil dan smartphone.

2. Speaker

Speaker adalah komponen yang bertugas untuk mengeluarkan suara berdasarkan sinyal yang ditangkap.

Dalam menghasilkan suara, speaker memiliki beberapa tipe, yaitu tweeter, mid range, full range, subwoofer, dan woofer.

Speaker tweeter atau treble adalah speaker kecil yang menghasilkan frekuensi suara antara 3.500 Hz-20 kHz. Diafragma tweeter modern ada yang terbuat dari sutra, film atau kain poliester, aluminium, bahkan titanium.

Speaker midrange memiliki frekuensi suara antara 500-5.000 Hz. Jenis speaker ini mampu menciptakan suara yang terdengar lebih jelas dan terfokus. Ukuran speaker ini berada di kisaran 4 hingga 6 inci saja.

Selanjutnya adalah tipe full range bekerja di frekuensi yang sangat lebar, mulai dari 40 Hz-2 kHz. Biasanya  speaker ini digunakan pada sound system luar ruangan agar bisa menghasilkan suara yang jelas dengan jarak yang jauh.

Terakhir, ada speaker woofer dan subwoofer. Woofer yang juga disebut speaker bass dapat memproduksi suara frekuensi rendah, antara 40-1.000 Hz. Woofer memiliki diameter yang lebih kecil, kurang lebih 4-12 inci.

Sementara subwoofer merupakan speaker dengan frekuensi suara antara 20 Hz-200 Hz. Fungsinya adalah untuk menambah bass dari speaker utama.

3. Crossover

Crossover adalah komponen di dalam mobil yang berfungsi untuk menentukan kualitas suara dari audio. 

Komponen ini akan mengatur pembagian frekuensi ke speaker-speaker mobil sehingga kamu bisa mendengarkan suara musik, radio, atau panggilan suara dengan jernih tanpa tumpang tindih.

Tanpa adanya crossover, kejernihan suara dari audio akan terganggu atau malah terdengar sumbang. 

4. Power amplifier

Power amplifier adalah sebuah alat yang  memiliki fungsi utama sebagai penyuplai tenaga listrik yang dibutuhkan perangkat audio agar sound quality menjadi lebih maksimal.

Untuk model power amplifier ada yang sudah termasuk Digital Sound Processor (DSP), amplifier untuk subwoofer, dan amplifier saja. Namun, sekarang lebih banyak yang memakai model DSP.

5.  Fuse box

Audio mobil juga memerlukan sekring untuk mencegah terjadinya korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Karena itu, kamu wajib memasang fuse box.

6. Kapasitor bank

Karena kelistrikan juga memainkan peran penting bagi audio mobil, kapasitor bank juga wajib kamu miliki. Fungsi utama kapasitor bank adalah sebagai sarana penyimpanan arus listrik. 

Aki memang adalah sumber arus listrik utama.

Namun, karena posisinya ada di bagian mesin yang terletak jauh dari komponen audio, diperlukan sumber arus listrik alternatif yang berkapasitas kecil namun cepat dalam mengalirkan arus.

Karena itu, kamu memerlukan kapasitor bank. 

7. Aki

Aki merupakan penampung dan penyuplai listrik mobil yang utama.

Fungsinya adalah mengalirkan arus listrik untuk segala kebutuhan mobil, mulai dari mendukung proses starter hingga menyalakan komponen-komponen pendukung, seperti lampu, AC, dan audio mobil.

Jika kamu ingin menambah banyak komponen pada audio system mobil, kamu bisa mempertimbangkan untuk pasang aki tambahan untuk audio mobil agar kinerjanya lebih ringan.

Skema cara pasang audio mobil dengan tepat

1. Pilih kabel yang tepat dan sambungkan

Cara pasang audio mobil sendiri cukup mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih kabel yang tepat untuk disambungkan ke perangkat audio dan sumber kelistrikan.

Kabel ini memiliki fungsi untuk menyalurkan daya listrik pada setiap perangkat audio mobil agar bisa menghasilkan suara dan musik yang berkualitas.

Pastikan setiap bilah kabel tersusun rapi, tidak terkelupas, dan tidak tertumpuk agar tidak ada yang korsleting.

2. Masukkan sumber listrik dari aki

Kedua, kamu perlu memasukkan sumber listrik yang diperoleh dari kepala aki positif dan negatif. Dalam hal ini, kamu harus menggunakan kabel yang tepat untuk menyambungkan speaker dengan aki. 

Lagi-lagi kamu harus pastikan kabel tidak ada yang bertumpuk atau terkelupas agar terhindar dari korsleting.

 3. Tambahkan power amplifier

Memasang power amplifier juga menjadi siasat instalasi audio mobil agar aki mobil tidak tekor. Pasalnya, power amplifier tidak membutuhkan daya secara konstan.

Namun, kalau kamu ingin pasang power audio mobil sendiri, kamu harus hati-hati dengan kabel-kabel yang digunakan saat memasang power amplifier.

Pastikan kabel penyambung dengan speaker ataupun subwoofer terpasang rapi dan ditutup dengan selotip agar terhindar dari konslet.

Selain itu, pilihlah kabel sesuai dengan daya yang dibutuhkan. Lalu, jauhkan kabel untuk power supply dengan kabel signal.

4. Sambungkan amplifier dengan speaker dan subwoofer

Terakhir, jika kamu ingin menambahkan speaker dan subwoofer agar suara yang dihasilkan semakin baik, kamu hanya perlu menyambungkan amplifier dengan perangkat speaker dan subwoofer yang kamu inginkan.

Cara pemasangan amplifier mobil juga tidak terlalu rumit dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Dijamin, suara yang keluar akan semakin jelas, keras, berdentum, dan memiliki kualitas yang semakin oke.

Cara meningkatkan kualitas audio mobil

Skema Cara Pasang Audio Mobil Plus Aki Tambahan dan Power

1. Ganti speaker untuk upgrade kualitas audio

Ada banyak cara untuk meng-upgrade audio system mobil. Salah satunya dengan mengganti speaker bawaan pabrik dengan speaker lain yang lebih berkualitas.

Cara memasang speaker pun sebenarnya cukup mudah. Pertama, lepaskan speaker lama dan pastikan kamu memasang rem tangan dan melepas kutub negatif dari aki mobil agar tidak terjadi korsleting. 

Umumnya speaker berada di ujung bawah panel pintu untuk mobil nonsedan dan di bagian belakang kursi penumpang untuk mobil sedan.

2. Tambahkan amplifier dan subwoofer jika perlu

Kamu bisa menambah amplifier dan subwoofer untuk mendukung kualitas suara yang optimal.

Cara pasang subwoofer mobil di rumah umumnya cukup simpel dan mudah karena biasanya hanya ada dua kabel yang harus ditangani, satu untuk daya dan satu lagi untuk input audio.

Sebaliknya, cara menyambungkan subwoofer dengan amplifier cukup variatif. Metode yang paling umum dilakukan dengan menghubungkan subwoofer ke output SUB OUT atau LFE dari amplifier.

Namun, kamu mungkin juga menemukan subwoofer yang menggunakan koneksi kabel RCA atau speaker stereo.

Untuk amplifier, kamu bisa pertimbangkan penggunaan monoblock. Fungsi monoblock pada audio mobil adalah memperkuat saluran tunggal daripada dibagi di antara beberapa saluran.

Saat kamu memutuskan untuk membangun sistem audio dengan cara ini, efek suaranya akan semakin menakjubkan.

Cara setting monoblock cukup mudah.

  • Lepaskan terminal negatif dari baterai,
  • Jalankan kabel daya dari baterai melalui firewall ke amplifier.
  • Potong kabel daya dan letakkan dudukan sekring di dekat baterai.
  • Jalankan kabel ground dari baterai ke amplifier dan jalankan kabel sinyal dari head unit ke amplifier.
  • Hubungkan remote, kabel jarak jauh, dan kabel sinyal ke amplifier.
  • Hubungkan amplifier dengan kabel daya dan ground.
  • Lalu tempatkan monoblock di posisinya.
  • Hubungkan kabel speaker dari amplifier ke subwoofer dan lakukan pengujian serta temukan bass yang kamu hendaki.

3. Tingkatkan kualitas suara dengan audio prosesor

Digital sound processor berperan dalam mengolah frekuensi suara yang dihasilkan dari setiap speaker agar rentang dan arahnya bisa terfokus pada satu titik pantulan.

Namun, prosesor lebih baik dipasang jika speaker mobilmu masih asli bawaan pabrik. Sebab biasanya speaker aftermarket sudah dibekali perangkat crossover yang menjadi kesatuan bagian dari speaker.

Akibatnya, frekuensi yang dihasilkan malah terlalu kecil dan suara yang keluar cenderung terpendam.

FAQ

Apa saja yg diperlukan untuk audio mobil?

Ada beberapa komponen penting yang kamu perlukan untuk audio mobil. Mulai dari aki, kapasitor bank, fuse box, speaker, crossover, amplifier, juga head unit.

Selain itu, kamu membutuhkan kabel-kabel yang sesuai dengan fungsinya agar modifikasi bisa dilakukan tanpa konslet.

Apa fungsi power pada audio mobil?

Power amplifier berfungsi sebagai penguat daya sehingga suara yang dihasilkan lebih kuat, bagus, dan maksimal. Dengan begitu, pengalaman saat berkendara sambil mendengarkan musik jadi lebih baik lagi.

Apa fungsi power mobil?

Secara umum, fungsi power audio mobil adalah untuk menambah daya pada speaker, tweeter, dan subwoofer sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih maksimal.

Apakah speaker mobil bisa untuk rumah?

Speaker rumahan dan speaker mobil memiliki beberapa perbedaan. Speaker mobil khusus didesain agar bisa digunakan pada mobil, sedangkan speaker rumah relatif lebih fleksibel dan bisa digunakan di banyak tempat.

Untuk bisa berfungsi, speaker pada mobil tidak berdiri sendiri dan harus terhubung dengan perangkat lain seperti head unit, amplifier, kapasitor, peredam, dan subwoofer. Sementara speaker rumah bisa berdiri sendiri.

Speaker mobil sebetulnya bisa saja dijadikan speaker rumahan, tapi perlu dimodifikasi sedemikian rupa terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.