Kaca Spion Mobil – Jenis dan Harga untuk Avanza hingga Alphard

Spion mobil adalah salah satu komponen kendaraan yang sangat penting keberadaannya.

Spion dapat digunakan untuk melihat ke sisi belakang, kanan, atau kiri ketika sedang berkendara, khususnya saat akan berpindah jalur, membelok, atau menyeberang ke sisi jalan lainnya.

Secara tidak langsung, keberadaan spion ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Itulah mengapa sebaiknya pengguna mobil harus memasang dan memilih spion dengan baik dan benar. 

Jenis cermin yang digunakan pada kaca spion mobil

Kaca Spion Mobil – Jenis dan Harga untuk Avanza hingga Alphard

Kaca spion mobil atau car mirror didesain dengan menggunakan cermin cembung dan hal ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Cermin cembung dapat menghasilkan kurva ke arah luar sehingga pantulan cahaya akan fokus pada sumber yang jatuh ke atasnya.

Dengan jenis pantulan semacam ini, gambar yang akan tertangkap cermin cembung akan menjadi lebih kecil dibandingkan objek asli atau objek sebenarnya.

Itulah mengapa meskipun car mirror terlihat sangat kecil, tapi tetap dapat memberikan visibilitas yang cukup luas guna memantau area belakang mobil ketika berkendara.

Efek dari pantulan cermin cembung ini juga membuat jarak kendaraan menjadi tampak lebih dekat sehingga dapat membuat pengendara semakin waspada.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa penggunaan cermin cembung untuk car mirror ini bertujuan untuk memperluas visibilitas dan mempersempit area atau titik buta.

Bagaimana jika spion mobil diganti dengan cermin biasa?

Mengganti spion dengan cermin biasa sebetulnya tidak menjadi masalah selama cermin yang digunakan adalah cermin cembung.

Lain hal jika yang kamu gunakan untuk  mengganti spion adalah cermin datar. Hal ini tentu bisa membahayakan keselamatan berkendara.

Sifat cermin datar adalah hanya menangkap gambar apa adanya. Artinya, cermin datar memiliki visibilitas yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan cermin cembung.

Penggunaan spion dengan cermin datar memang cukup ramai pada era 90-an. Hal ini karena pantulan gambar yang diciptakan cermin datar memang terlihat lebih nyata.

Selain itu, biaya produksinya pun masih cukup terjangkau. Akan tetapi, seiring waktu berjalan, pemasangan spion cermin datar tak lagi dilakukan.

Hal ini karena cermin datar hanya bisa menangkap sedikit ruang visibilitas. Pengendara bahkan hanya bisa melihat pantulan gambar dari objek yang berada tepat di belakangnya. 

Ini tentu bisa membahayakan, sebab sisi belakang kanan dan kiri tidak akan tampak dalam cermin spion. Membahayakan lagi jika kondisinya pengendara akan berbelok atau berpindah jalur.

Karena itu, jika kamu ingin mengganti atau mengubah kaca car mirror, pastikan bahwa cermin yang digunakan adalah cermin cembung.

Fungsi dari tiap bagian spion Mobil: tengah, universal, hingga belakang

Pada sebuah mobil, umumnya spion terdapat pada bagian depan, yaitu di sisi kanan dan kiri pintu depan (spion universal), spion tengah yang ada di dalam ruang kemudi, dan di belakang.

Tiap-tiap bagian spion ini sebetulnya memiliki fungsi yang berbeda.

  • Spion mobil universal atau spion yang ada di bagian sisi kanan dan kiri kemudi dekat pintu depan memiliki fungsi untuk melihat tepat ke sisi belakang mobil serta bagian belakang kanan dan kiri mobil ketika pengendara akan berbelok, pindah jalur, atau sedang parkir. 
  • Kaca spion belakang mobil biasanya terpasang di pintu bagasi belakang mobil, tapi tidak semua mobil menyertakan spion yang satu ini. Fungsi dari kaca spion belakang adalah untuk mendapatkan penglihatan pada sisi belakang sampai roda belakang mobil. Kaca spion ini juga cukup penting ketika akan parkir mundur.
  • Lalu ada juga spion tengah yang biasanya dipasang di bagian depan tengah di atas kemudi. Spion ini sangat diperlukan ketika berkendara pada malam hari agar dapat melihat mobil yang ada di belakang mobil kita. Terkadang cahaya yang datang dari pengemudi di belakang kita akan membuat silau, karenanya penting untuk mengatur sudut spion agar dapat mengurangi efek silau tersebut. Fungsi lain dari spion tengah mobil adalah untuk membantu membiaskan sinar lampu yang berlebihan dari kendaraan yang ada di belakang, terutama di malam hari.

Cara mengatur spion mobil yang benar dan aman

Tidak semua pengendara mobil memahami cara mengatur spion yang benar dan aman. Seperti yang kita tahu, spion memiliki peran yang cukup besar dalam keselamatan berkendara.

Jadi, pastikan kamu paham bagaimana cara mengatur spion yang tepat agar dapat memberikan visibilitas yang maksimal.

1. Mengatur spion kiri dan kanan

Saat akan mengatur spion sisi kanan, kamu bisa duduk di kursi pengemudi. Dekatkan kepala pada kaca di sebelah kanan sambil melihat pantulan gambar yang tampak di cermin spion.

Sesuaikan posisi spion agar kamu bisa melihat sedikit bagian dari sisi pinggir kanan mobil. Jika dirasa posisi spion sudah pas dan tepat, kamu bisa melakukan cara yang sama untuk car mirror bagian kiri. 

2. Pengaturan spion tengah

Pantulan gambar yang tercipta antara spion kanan dan kiri, serta spion tengah seharusnya berbeda.

Spion tengah harus bisa memberikan penampakan kondisi di sisi belakang mobil, sedangkan spion kanan kiri meluas ke samping kanan dan kiri belakang.

Jika spion tengah dan samping memiliki pantulan penampakan yang sama, itu berarti kamu harus menyetel ulang posisi spion tengah.

3. Pastikan bisa mendapat visibilitas jalur sebelah

Penampakan jalur sebelah sangat dibutuhkan ketika berkendara, terutama saat akan menyalip kendaraan di depan, saat akan berbelok, menyebrang, atau berpindah jalur.

Untuk itu, pastikan bahwa spion samping kamu bisa memberikan visibilitas pada area jalur sebelah. Jika jalur sebelah belum nampak di pantulan cermin, cobalah untuk mengkalibrasi lagi posisi spion kamu. 

4. Waspada blindspot

Blindspot adalah area yang tidak tampak di cermin, padahal seharusnya jika diposisikan dengan baik area tersebut masih masuk dalam area tampak.

Hal ini bisa terjadi karena ukuran spion yang terlalu kecil atau bisa juga pengaturan posisi spion yang belum tepat. 

Blindspot sebisa mungkin harus diminimalkan. Sebab ini akan menjadi berbahaya jika kamu mengendarai mobil di area yang padat.

5. Minta orang lain berjalan berkeliling mobil

Untuk mengetes apakah masih ada area blindspot, cobalah untuk meminta orang lain berjalan mengelilingi mobil. Pastikan bahwa kamu bisa melihat orang tersebut dari ketiga spion yang ada (kanan, kiri dan tengah).

Jika ada satu titik dimana kamu kehilangan bayangannya, kamu harus segera mengatur posisi spion. 

Harga spion mobil

Kaca Spion Mobil – Jenis dan Harga untuk Avanza hingga Alphard

Harga spion mobil sangat bervariasi, tergantung pada jenis dan merk mobil.

Misalnya saja, harga car mirror Avanza atau beberapa jenis mobil standar lainnya, seperti Ayla, Agya, Xenia, Calya, Sigra, dan banyak lagi lainnya berkisar dari Rp150 ribu hingga Rp500 ribuan.

Sementara harga untuk mobil premium, seperti Toyota Alphard, tentu memiliki range yang lebih tinggi, yaitu sekitar Rp2 juta hingga Rp5 juta.

Harga ini pun masih bisa sangat variatif. Biasanya ada juga penjual yang menawarkan harga spion berdasar klasifikasi pabrik.

Misalnya saja, spion original khusus mobil Jepang dijual mulai dari Rp300 ribuan hingga Rp500 ribuan. Sementara car mirror Eropa dimulai dari Rp1 juta.

Selain itu, ada juga spion yang manual folding dan auto folding, sudah pasti keduanya memiliki range harga yang berbeda.

Jika harga spion manual folding dibandrol dari harga ratusan ribu rupiah, harga spion auto folding biasanya memiliki harga di atas Rp1 jutaan.

Kembali lagi pada jenis mobil, biasanya semakin mahal harga mobil, akan semakin mahal juga harga aksesorisnya, termasuk untuk harga spionnya.

FAQ

Berapa harga spion mobil universal?

Harga car mirror universal sangat bervariasi tergantung pada jenis dan merk mobil.

Harga car mirror manual biasanya dibanderol dari harga ratusan ribu rupiah, sedangkan untuk spion auto folding umumnya di atas satu jutaan.

Harga spion juga akan semakin mahal untuk berbagai jenis mobil premium.

Apakah spion mobil rusak masih bisa diservis?

Car mirror yang rusak masih bisa diservis. Jika kamu berada di kawasan Jakarta, salah satu tempat untuk servis spion ada di kawasan Pasar Asem Reges No. 45 di area lantai 2.

Apa fungsi kaca spion mobil tengah?

Fungsi kaca car mirror tengah adalah untuk membiaskan pantulan cahaya agar tidak terlalu silau saat malam hari dan juga memberikan visibilitas pada area belakang mobil.