Pengertian Tabungan, Jenis, dan Keuntungannya

Memiliki tabungan memiliki banyak sekali manfaat, tidak hanya sebagai alat untuk menyimpan uang tetapi membantu dalam pengelolaan keuangan, terutama untuk merencanakan masa depan. Kamu juga dengan mudah melakukan berbagai transaksi, seperti pembayaran tagihan listrik, sebagai alat jual beli, hingga membayar premi asuransi setiap bulannya. 

Tak perlu khawatir menyimpan uang di bank karena terjamin keamanannya. Pengelolaan lembaga bank diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut ini informasi lebih detail terkait pengertian tabungan, jenis-jenisnya, hingga berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 

Apa yang dimaksud dengan tabungan?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tabungan adalah salah satu layanan simpan uang di lembaga perbankan yang dalam proses transaksinya dilakukan sesuai dengan syarat tertentu. 

Saat membuka tabungan, kamu akan mendapatkan buku tabungan serta kartu ATM yang dilengkapi dengan PIN pribadi yang hanya kamu yang mengetahuinya. Kini, penggunaan tabungan semakin dipermudah dengan adanya layanan internet banking dan juga mobile banking. 

Menurut Undang-Undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998, tabungan didefinisikan sebagai simpanan uang yang penarikannya sesuai dengan syarat tertentu dan tidak ditarik menggunakan cek, bilyet giro, atau alat tukar lainnya. 

Saat kamu menabung, kamu juga akan mendapatkan bunga yang besarannya sudah ditentukan oleh masing-masing bank.

Manfaat memiliki tabungan

Pengertian Tabungan, Jenis, dan Keuntungannya

Selain sebagai alat penyimpan uang, menabung juga memiliki banyak sekali manfaat yang memudahkan aktivitas finansialmu. Berikut ini di antaranya:

Memberi rasa aman

Kamu tidak perlu was-was karena uang yang disimpan di bank memiliki keamanan khusus sehingga tidak mudah dicuri atau hilang. 

Selain itu, uang yang kamu simpan sudah mendapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga apabila bank mengalami bankrut, uang simpananmu tetap aman dan bisa kembali. 

Memperoleh bunga atau bagi hasil

Dengan menabung, kamu juga berkesempatan mendapatkan bunga atau bagi hasil. Besaran bunga ini ditentukan oleh masing-masing bank dan berbeda-beda. Uang simpananmu pun jadi akan bertambah.

Memudahkan transaksi

Menabung di bank kini sudah dilengkapi dengan berbagai kemudahan teknologi seperti penggunaan ATM yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah hingga penggunaan mobile banking atau internet banking.

Dalam bertransaksi, kini kamu tak perlu repot mengambil uang di bank. Cukup dengan transfer secara online atau penggunaan kartu debit ATM, transaksimu akan berhasil diproses tanpa ribet. 

Uang bisa diambil kapan saja

Dengan kemajuan teknologi, kini kamu bisa menarik uang yang kamu tabung kapan saja melalui ATM tanpa harus repot datang ke bank. 

Meskipun seluruh uangmu disimpan di bank, kamu tetap bisa mengambilnya kapan saja tanpa khawatir hilang. 

Dilengkapi layanan 24 jam

Apabila ada masalah dengan transaksi, kamu juga bisa melaporkan kendala tersebut pada customer service yang siap melayani kamu selama 24 jam. Kamu tak perlu panik apabila transaksi gagal atau terhambat.

Jenis-jenis tabungan

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis-jenis simpanan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, berikut ini daftarnya. 

1. Tabungan konvensional

Jenis simpanan ini adalah jenis yang paling sering digunakan, bahkan hampir semua orang memiliki simpanan konvensional. Jenis ini memudahkan transaksi keuanganmu karena bisa diambil kapan saja dengan fasilitas seperti buku tabungan, ATM, dan layanan seperti internet banking dan juga mobile banking.

Tabungan konvensional juga menawarkan bunga mulai dari 0,5% hingga 2 persen sesuai dengan aturan dari bank masing-masing. Bank juga akan memberlakukan biaya administrasi setiap bulannya untuk jenis simpanan ini. 

2. Tabungan anak

Jenis simpanan anak dibuat dengan tujuan mempersiapkan masa depan anak sejak dini. Jenis ini bisa mulai dibuat saat anak usia 0 tahun. Kamu bisa membuat simpanan ini untuk keperluan biaya pendidikan anak, kesehatan anak, dan keperluan lainnya di masa depan. 

Apabila usia anak sudah 17 tahun, maka tabungan anak ini otomatis akan menjadi milik anak dan bisa digunakan untuk keperluannya. 

3. Tabungan berjangka

Jenis simpanan ini bisa digunakan untuk kamu yang ingin menabung dalam jangka waktu tertentu. 

Prosesnya, pihak bank akan menarik uangmu secara otomatis dari rekening utama ke rekening berjangka dengan nominal tertentu dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Sebelum jatuh tempo, kamu tidak bisa menarik uangmu. Apabila ditarik maka kamu akan mendapatkan penalti. 

4. Tabungan haji

Simpanan jenis ini ditujukan untuk kamu yang berencana melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Mengingat biaya yang diperlukan tidak kecil, kamu bisa menabungnya secara rutin hingga terkumpul dana untuk bisa beribadah ke tanah suci. 

5. Tabungan giro

Simpanan ini biasanya digunakan untuk transaksi bisnis dan biasa dipakai oleh perusahaan. Manfaatnya yakni bisa digunakan untuk transaksi dengan bilyet giro dan juga cek. 

Untuk jenis ini tidak diberikan buku tabungan, hanya akan diberikan rekening koran setiap bulannya. 

6. TabunganKu

Jenis simpanan ini adalah inisiasi dari pemerintah  dan Bank Indonesia pada tahun 2010 untuk mendukung Gerakan Indonesia Menabung (GIM). Selain itu, TabunganKu memang ditujukan agar masyarakat mau menabung, sehingga tidak dikenai biaya administrasi serta setoran awalnya pun rendah.

Bank yang memiliki jenis TabunganKu seperti BCA, BRI, dan juga BNI.

7. Tabungan digital

Seiring dengan kemajuan teknologi, di Indonesia kini mulai tersedia simpanan secara digital, di mana proses pembuatan rekening tidak harus dilakukan di bank, cukup menggunakan aplikasi dan online melalui handphone.

Jenis simpanan ini dianggap lebih praktis khususnya untuk kaum muda karena tidak harus mengurus ke bank. Biaya administrasi juga rendah bahkan Rp0 rupiah. Selain itu, simpanan digital juga menawarkan bunga yang tinggi hingga 4% dibanding tabungan konvensional.

8. Tabungan investasi

Di Indonesia juga sudah tersedia jenis simpanan investasi seperti deposito, saham hingga simpapana valas atau mata uang asing. 

Menabung investasi ini tentunya menawarkan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan jenis simpanan lainnya.

Informasi bunga tabungan

Pengertian Tabungan, Jenis, dan Keuntungannya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu keuntungan menabung di bank adalah adanya bunga atau bagi hasil dengan persentase mulai dari 0,5% hingga 2%.

Setiap bank memiliki nilai yang berbeda-beda. Berikut ini informasi nilai bunga pada masing-masing bank yang ada di Indonesia serta biaya administrasinya.

Bank Produk Suku bunga Biaya administrasi
Bank BNI BNI Taplus 0% –  2% Rp11 ribu
BNI Taplus Muda 0% –  2,2% Rp5 ribu
BNI Taplus Bisnis 0,5% –  1,25% Rp10 ribu
Bank Mandiri Tabungan Mandiri 0% – 1,9% Rp12.500
Tabungan Mandiri Bisnis 0% – 1,9% Rp12.500
Tabungan Mandiri Rencana 2,5% Gratis 
Bank BCA Tahapan BCA 0%-0,21% Blue: Rp15 ribu

Gold: Rp17 ribu

Platinum: Rp20 ribu

Tahapan Xpresi 0% – 0,10% Rp7.500
Tahapan Gold 0,10% Blue: Rp15 ribu

Gold: Rp17 ribu

Platinum: Rp20 ribu

Bank BRI BriTama 0% – 1,9% Classic: Rp2.000

Gold: Rp6.500

Simpedes 0% – 1,75% Rp5.500
Junio 0% – 1,9% Rp5.000
Bank BTN Tabungan BTN Batara 0% – 2,75% Rp12 ribu
Tabungan BTN Cermat 1% Gratis
Tabungan BTN e’Batarapos 0% –  2,5% Gratis

Bagaimana menghitung bunga tabungan?

Kamu bisa menghitung besaran bunga yang diperoleh per tahun dengan cara ini. Metode yang digunakan dengan saldo terendah

Sebagai contoh, kamu menabung di bank selama tiga bulan, yakni Rp2 juta, Rp5 juta, dan Rp5 juta dengan suku bunga 3%. Maka bunga yang akan diterima adalah:

Bunga per bulan = saldo terendah x suku bunga per tahun x (hari/365 hari)

Rp1 juta x 3% x(30/365) = Rp2.400

Cara membuka tabungan

Untuk bisa menabung di bank, caranya cukup mudah kok. Biasanya, kamu hanya perlu membawa kelengkapan seperti KTP dan juga NPWP saja. 

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi saat akan menabung di bank:

  • Membawa identitas seperti KTP (beberapa bank sudah mewajibkan penggunaan e-KTP)
  • Membawa NPWP apabila sudah memiliki
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menyerahkan setoran awal sesuai jenis simpanan yang dipilih

Apabila persyaratan sudah terpenuhi, maka simpanan kamu akan segera diproses. 

Terkait domisili, kini beberapa bank tidak memerlukan surat keterangan domisili bagi kamu yang membuka simpanan di bank tidak sesuai dengan tempat tinggal sekarang. Salah satu bank yang sudah memberlakukan aturan ini adalah Bank BCA. 

Beberapa bank kini juga sudah memberikan layanan digital di mana proses pembukaan rekening bisa dilakukan secara online melalui aplikasi.

Berikut ini beberapa cara membuka simpanan di bank melalui kantor cabang dan juga aplikasi.

Membuka tabungan di kantor cabang

  1. Datang ke kantor cabang bank terdekat
  2. Mengisi formulir dan menyerahkan persyaratan pada customer service
  3. Pihak bank akan memproses dan memberikan buku tabungan serta kartu ATM
  4. Setelah selesai, kamu bisa menyetorkan setoran awal melalui teller
  5. Kamu bisa langsung memulai menabung

Membuka tabungan melalui online

  • Unduh aplikasi mobile banking bank yang kamu tuju
  • Klik daftar pembukaan rekening
  • Pilih jenis rekening yang diinginkan
  • Mengisi data pribadi
  • Mengirimkan foto berupa KTP, NPWP, dan juga foto diri secara selfie
  • Pihak bank akan memproses permintaanmu
  • Kamu bisa langsung melakukan video call dengan customer service untuk mengaktifkannya sehingga jika sudah aktif bisa digunakan
  • Kamu bisa mengambil buku tabungan dan ATM di cabang terdekat atau bisa juga dengan meminta bank mengirimkannya ke alamat kamu

Tips sebelum menabung

Sebelum memulai menabung, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan tentunya agar proses menabung kamu bisa berjalan lancar tanpa ada kendala. Berikut beberapa tipsnya.

Pilih bank terpercaya

Pastikan kamu memilih bank yang terpercaya dan sudah mendapatkan izin dari OJK. Jangan sampai kamu menabung di tempat yang ilegal. Bukannya untung, tabunganmu bisa saja dibawa kabur oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Pilih jenis tabungan sesuai kebutuhan

Beberapa bank tentunya menawarkan berbagai jenis simpanan dengan keunggulan masing-masing. Pastikan kamu memilih simpanan sesuai dengan kebutuhanmu, ya. 

Misalnya, pilih jenis simpanan dengan bunga yang kompetitif dan juga biaya administrasi yang tidak mahal agar finansial kamu tidak terkuras untuk biaya administrasi saja. 

Apabila kamu seorang pebisnis, pilih simpanan bank yang bisa melakukan transaksi dengan limit besar yang bisa mendukung kegiatan bisnismu.

Perhatikan fasilitas

Memilih simpanan dengan fasilitas yang lengkap itu juga penting loh! Hal ini akan memudahkan transaksi kamu.

Misalnya, kamu memilih jenis bank yang memiliki mesin tarik tunai yang tersebar di mana saja, fitur mobile banking lengkap, hingga fasilitas lainnya. 

Nah, itu dia beberapa informasi lengkap terkait pengertian tabungan, jenis-jenis, dan juga manfaatnya. 

FAQ seputar tabungan

Apa pengertian tabungan?

Tabungan adalah salah satu layanan simpan uang di lembaga perbankan yang dalam proses transaksinya dilakukan sesuai dengan syarat tertentu. Saat membuka tabungan, kamu akan mendapatkan buku tabungan serta kartu ATM yang dilengkapi dengan PIN pribadi yang hanya kamu yang mengetahuinya. Kini, penggunaan tabungan semakin dipermudah dengan adanya layanan internet banking dan juga mobile banking.  

Apa yang dimaksud tabungan konvensional?

Tabungan konvensional adalah jenis simpanan yang paling banyak digunakan dengan bunga 0,5-2 persen. Tabungan konvensional akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM.

Apa saja manfaat memiliki simpanan di bank?

  • Memberikan rasa aman
  • Berkesempatan mendapatkan bunga atau bagi hasil
  • Praktis bisa ditarik kapan saja
  • Ada layanan 24 jam
  • Memudahkan transaksi