Tipe Mobil KIA – Harga, Spesifikasi, dan Keunggulannya

Berbagai jenis dan tipe mobil KIA sudah memiliki nama baik di pasar Indonesia. 

Mobil buatan Korea Selatan ini tak hanya menawarkan desain yang menawan di jalanan, tapi juga menyediakan fitur-fitur yang inovatif dan menggunakan teknologi canggih.

Harga mobil KIA yang terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni. Menjadi alasan kalau mobil KIA banyak diminati konsumen di Indonesia.

Buat kamu yang ingin membeli mobil KIA lama atau baru dan masih bingung menentukan pilihan, simak yuk penjelasan jenis mobil KIA, harga, spesifikasi, dan keunggulannya di bawah ini. 

Jenis atau tipe mobil KIA di Indonesia

Perusahaan KIA Mobil Indonesia pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 1999 dan Tommy Soeharto sebagai pemegang lisensi perusahaan ini.

Ada dua tipe mobil KIA yang dirakit yang dirakit di Indonesia sampai saat ini, yaitu jenis mobil KIA Travelio dan KIA Pregio.

Sebagai perusahaan otomotif berskala global, KIA cukup bersaing dengan merek-merek global lainnya.

Sebab KIA juga mampu untuk memproduksi mobil yang sesuai dengan berbagai kebutuhan pelanggan dari kategori mobil hatchback, city car, SUV, hingga pick up.

Berikut daftar kategori dan jenis mobil KIA.

Kategori

Tipe Mobil Kia

SUV Sportage
Sonet
Seltos
Sorento
MPV Carens/Rondo
Carnivals/Sedona
Hatchback Rio/Pride
Cerato/Forte
Crossover Soul
Minibus Pregio

Spesifikasi mobil KIA terpopuler di Indonesia

Tipe Mobil KIA – Harga, Spesifikasi, dan Keunggulannya

Dari berbagai macam tipe dan jenis mobil KIA yang ditawarkan, ada beberapa jenis mobil KIA yang menjadi unggulan di kelasnya, seperti KIA Grand Sedona untuk kategori SUV, KIA Rio untuk kategori hatchback, dan KIA Sportage untuk kategori MPV.

Berikut ini ulasan dan spesifikasi yang dipasang dari tiga jenis mobil KIA yang populer di pasaran Indonesia. 

1. KIA Grand Sedona

Dengan interior yang lapang, jenis mobil KIA Grand Sedona mampu menampung hingga 11 orang. Menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin membeli mobil keluarga.

Desain yang aerodinamis membuat mobil ini nyaman dikendarai. Tak hanya itu, bagian eksteriornya juga cukup eksklusif. Ketika kamu mengendarai KIA Grand Sedona, akan terkesan mewah seperti mobil-mobil buat Eropa. 

Fitur Sunroof dan Automatic Sliding door juga diaplikasikan di series mobil KIA Grand Sedona ini. Tak perlu khawatir soal keamanan, KIA sangat memerhatikan hal ini dengan memasang sistem keamanan yang komplet. 

Menggunakan mesin 3,342 CC V6 Dohc 6 silinder 26 dan katup 266 TK dan 317 NM akan terasa gagah dan nyaman saat berkendara.

Ada fitur Active Eco yang cukup menarik di seri ini. Fitur tersebut digunakan untuk membantu menghemat BBM. Jadi, pengeluaran untuk bensin bisa lebih hemat. 

2. KIA All New Rio

Dari kelas hatchback, tipe mobil KIA All New Rio jadi favorit karena desainnya yang ramping, tapi tetap ganas di jalanan.

Seri terbaru KIA Rio membawa desain yang lebih segar. Namun, KIA  tetap mempertahankan ciri khas grilnya “Tiger Nose”. 

Mobil KIA All New Rio adalah satu-satunya mobil dari kategori hatchback yang menggunakan sunroof. Kemudian dibekali dengan fitur tilt dan teleskopik membantu mendapatkan pengalaman terbaik saat mengemudi. 

Menggunakan mesin Kappa 1400 CC Dual CVVT berdaya 98 TK dan torsi 133,3 NM membuat mobil ini bermanuver lebih lincah dan responsif. 

3. KIA Sportage

Kalo kalian sedang mencari mobil jenis SUV, jenis mobil KIA Sportage mungkin bisa jadi pilihan kamu. Sebab seri ini masih terus diproduksi yang akan melahirkan generasi baru di kelas KIA Sportage SUV.

Desain interior yang terkesan mewah dengan kabin yang senyap dan lapang. Tampak luar, Mobil KIA Sportage ini berubah total dan lebih tampak berisi dibanding series sebelumnya.

Pada generasi terbaru KIA Sportage, terdapat fitur-fitur canggih yang disematkan di mobil ini, seperti

  • Vehicle Stability Management (VSA),
  • Highway Driving Assist (HDA),
  • Blind Spot View Monitor (BVM),
  • Remote Smart Parking Assist (RSPA),
  • Downhill Brake Control (DBC), dan masih banyak lagi.

Berbicara soal mesin, KIA menggunakan mesin bensin 4-silinder TGDI turbocharged 1.600 cc dengan tenaga 180 ps dan torsi 265 NM.

Tak hanya mesin bensin, KIA Sportage juga dibekali mesin diesel 2000 cc 4-sillinder Variable Geometry Turbo (VGT) yang bertenaga 183 HPS dan torsi 417 NM

Harga mobil KIA Baru

Ketika kamu ingin membeli mobil KIA baru, salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan adalah harga mobil KIA itu sendiri.

Kenapa? Harga bisa dijadikan patokan untuk menilai kelayakan dan spesifikasi dari sebuah produk. Berikut daftar harga yang ditawarkan untuk mobil KIA baru berdasarkan jenis mobil.

Jenis Harga Mobil KIA Baru
KIA Sonet Rp193,00 juta – Rp296,00 juta
KIA Picanto Rp221,80 juta – Rp236,77 juta
KIA Seltos Rp300,00 juta – Rp360,00 juta
KIA All New Rio Rp277,45 juta – Rp292,70 juta
KIA Grand Sedona Rp656,70 juta – Rp692,40 juta
KIA All New Picanto Rp221,80 juta – Rp236,77 juta
KIA Pick Up Rp193,20 juta
KIA Box Rp234,45 juta

Harga mobil KIA bekas atau mobil KIA lama

JIka memiliki budget yang pas-pasan, mobil KIA bekas mungkin bisa jadi alternatif buat kamu.

Mobil KIA lama nggak melulu jelek kok jika kamu teliti dan bersabar pasti bisa menemukan mobil KIA bekas di bawah Rp50 juta dengan performa yang masih baik. 

Harga mobil KIA bekas akan selalu lebih rendah dibanding harga mobil KIA baru. Namun, kamu jangan gegabah ambil keputusan ketika diberikan harga yang sangat “miring” dibanding harga pasaran. 

Biar kamu nggak ketipu, coba dicek dulu daftar harga mobil KIA bekas di pasaran di bawah ini. Sebab bisa dijadikan acuan kamu saat membeli nanti.

Model Mobil KIA

Harga Mobil KIA Bekas

KIA Sorento Mulai harga Rp72 jutaan
KIA Picanto Mulai harga Rp28 jutaan
KIA All New Rio Mulai harga Rp28 jutaan
KIA Grand Sedona Mulai harga Rp33 jutaan
KIA Box Mulai harga Rp200 jutaan
KIA Sportage Mulai harga Rp50 jutaan

Keunggulan Mobil KIA

Tipe Mobil KIA – Harga, Spesifikasi, dan Keunggulannya

Mobil pabrikan negara ginseng ini sangat dicintai penggemar otomotif. Tak hanya spesifikasinya, harga yang diberikan juga sebanding kualitasnya.

Berikut keunggulan mobil KIA yang mungkin belum kamu ketahui.

Bicara soal garansi, mobil KIA baru memiliki garansi 7 tahun. Hal ini membuktikan bahwa KIA berusaha memberikan kepercayaan dengan kualitas kendaraan yang diproduksinya.

Keamanan saat mengendarai menjadi prioritas mobil KIA dibuat. Dibuktikan dengan membekali fitur-fitur canggih di setiap jenis mobil KIA yang menambah rasa aman saat berkendara.

Selain itu, mobil KIA juga memiliki peringkat bintang lima oleh pemerintah di sisi keamanan.

Walaupun KIA adalah mobil buatan Asia tetapi kualitas yang diberikan hampir menyamai mobil buatan Eropa. Keren ya?

FAQ

Tipe Mobil KIA apa saja?

Tipe mobil KIA sangat beragam dan bersegmen. Untuk kategori SUV, ada KIA Sportage, KIA Sonet, KIA Sorento, dan KIA Seltos. 

Sementara untuk kelas MPV, ada KIA Carens, KIA Carnival, dan KIA Sedona. Ada kategori hatchback, seperti KIA Rio, KIA Pride, dan KIA Forte.

Dari mana asal mobil KIA?

Mobil KIA merupakan perusahaan otomotif global asal Yeongdeungpo, Seoul, Korea Selatan.

Berapa harga KIA EV6?

Harga untuk mobil KIA EV6 terbaru berkisar Rp823.000.000.

Mobil KIA Rio buatan apa?

Mobil Kia Rio merupakan salah satu tipe mobil KIA di kelas hatchback yang diproduksi sejak tahun 1999.