Travel Insurance untuk Visa Schengen – Daftar dan Tips Memilih

Benua Eropa memang menarik untuk dikunjungi. Sebelum ke sana, pastikan kamu sudah membuat dan memiliki Visa Schengen dan jangan lupa juga ajukan travel insurance untuk Visa Schengen juga ya. 

Apa itu Visa Schengen? Bisa dibilang Visa Schengen adalah visa yang menjadi syarat untuk bisa menjelajah dengan leluasa dan aman di negara-negara Eropa yang masuk dalam kawasan Schengen. 

Buat kamu yang baru pertama kali merencanakan bepergian ke benua Eropa, wajib simak informasi lengkapnya tentang asuransi perjalanan Schengen berikut ini.

Apa itu travel insurance untuk Visa Schengen?

Travel Insurance untuk Visa Schengen – Daftar dan Tips Memilih

Visa Schengen menjadi visa khusus yang hanya berlaku di 26 negara di kawasan Eropa.

Sebagai informasi, kawasan Schengen merupakan 26 negara di Eropa yang telah resmi menghapus kebijakan paspor untuk mengontrol wilayah perbatasannya. 

Berikut daftar 26 negara Eropa yang memberlakukan Visa Schengen.

Negara dengan Visa Schengen

Eropa Utara Denmark
Estonia
Finlandia
Irlandia
Latvia
Lithuania
Norwegia
Swedia
Eropa Selatan Malta
Portugal
Spanyol
Italia
Yunani
Slovenia
Eropa Timur Polandia
Hungaria
Republik Ceko
Slovakia
Eropa Barat Prancis
Belgia
Belanda
Luksemburg
Jerman
Swiss
Austria
Liechtenstein

Visa Schengen memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan di negara-negara Eropa walaupun paspor kamu masih kosong karena kamu belum memiliki riwayat perjalan negeri sebelumnya. 

Yang unik dari Visa Schengen adalah visa ini hanya bisa digunakan untuk kebutuhan berlibur dan urusan bisnis dengan durasi masa berlaku selama 90 hari atau 6 bulan jasa. 

Asuransi perjalanan Visa Schengen wajib dimiliki pelancong yang memiliki Visa Schengen. 

Sebagai kita ketahui, travel insurance adalah jenis asuransi yang ditujukan khusus untuk memberikan perlindungan ketika bepergian.

Asuransi perjalanan untuk Visa Schengen memberi proteksi kamu dari berbagai risiko yang merugikan, seperti kehilangan barang, membutuhkan bantuan medis, isu teror di negara yang dikunjungi hingga keterlambatan penerbangan.

Produk travel insurance untuk Visa Schengen terbaik

Tak perlu khawatir, ada beberapa travel insurance untuk Visa Schengen Indonesia.

Berikut adalah beberapa referensi asuransi perjalanan ke Eropa terbaik bagi pemilik Visa Schengen. 

1. Asuransi perjalanan Zurich

Zurich sebagai salah satu perusahaan terkemuka di kancah dunia menyediakan asuransi perjalanan bagi pelancong Indonesia yang ingin melakukan perjalanan di beberapa negara di Eropa. 

Dengan Zurich Passport Travel Silver, pemegang Visa Schengen mendapat perlindungan risiko perjalanan apabila terjadi sakit, penundaan, dan pembatalan perjalanan tertentu akibat kondisi atau keadaan darurat di negara tujuan.

Zurich juga meng-cover risiko keterlambatan koper hingga pengurangan penumpang atau perjalanan yang memaksa pemegang polos meninggalkan perjalanan di negara tujuan akibat kondisi tertentu.

Selain itu, pemegang polis juga menerima perlindungan kecelakaan yang terjadi di negara tujuan.

Nilai pertanggungan yang diberikan untuk biaya medis hingga Rp700 juta dan untuk biaya kecelakaan sebesar Rp500 juta. 

2. Asuransi perjalanan AXA

AXA menawarkan dua jenis asuransi perjalanan yang ditawarkan untuk nasabah, yaitu AXA Smart Traveller dan AXA Travel Domestik.

AXA Smart Traveller adalah asuransi Visa Schengen karena cakupan pertanggungannya diperuntukan untuk perjalanan ke luar negeri. 

Asuransi ini memberikan pertanggungan atas risiko perjalanan seperti penundaan, perlindungan, hingga pengurangan perjalanan.

AXA Smart Traveller memang bentuk asuransi perjalanan, tetapi di dalamnya juga termasuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang bisa diklaim ketika kamu bepergian ke luar negeri. 

3. Asuransi perjalanan Allianz

Allianz memiliki berbagai produk travel insurance untuk Visa Schengen yang mungkin saja pas dengan kebutuhan kamu.

Pertama, TravelPro dengan manfaat medis dengan pertanggungan hingga USD 2 juta untuk biaya rawat inap akibat kecelakaan di luar negeri dengan sistem cashless dan reimburse.

Selain itu, ada New Annual TravelPRO memberikan perlindungan perjalanan hingga 90 hari untuk satu perjalanan ke luar negeri.

Untuk asuransi syariah, Allianz menyediakan Allisya New TravelPro.

Sementara Garuda Indonesia Travel Insurance adalah asuransi perjalanan Allianz yang bekerja sama dengan perusahaan penerbangan Garuda untuk memberikan perlindungan perjalanan dan santunan kecelakaan, kondisi darurat, perjalanan yang tidak nyaman, dan bantuan medis. 

4. Asuransi perjalanan ACA

ACA New Travel Safe-Individu dan ACA New Travel Safe-Keluarga adalah produk travel insurance untuk Visa Schengen yang disediakan asuransi ACA.

Kedua produk tersebut memiliki manfaat perlindungan yang sama seperti kebanyakan asuransi perjalanan lainnya. 

Bedanya, ACA New Travel Safe-Individu ditujukan untuk perjalanan sendiri. Sementara ACA New Travel Safe-Keluarga merupakan asuransi perjalanan kelompok atau keluarga.

5. Asuransi perjalanan Sinar Mas

Travel Overseas Simas Insurtech merupakan program asuransi perjalanan luar negeri terbaik dari salah satu perusahaan asuransi di Indonesia, yaitu Sinar Mas. 

Tersedia beberapa paket perlindungan untuk memberikan kenyamanan saat perjalanan.

Risiko perjalanan yang ditanggung meliputi risiko kecelakaan diri, ketidaknyamanan perjalanan, pelayanan medis, ganti rugi keterlambatan bagasi, ganti rugi biaya repatriasi dan santunan cacat permanen, hingga meninggal dunia. 

Pengecualian atau yang tidak di-cover asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan memang ditujukan untuk memberi pelindung ekstra ketika kamu bepergian baik di dalam dan di luar negeri. 

Namun, tak semua kerugian yang kemungkinan terjadi selama perjalanan akan dijamin asuransi. Sebab setiap plan asuransi atau perusahaan asuransi memiliki pengecualian klaim atas manfaat asuransi yang ditawarkan.

Agar kamu terhindar dari pengecualian manfaat asuransi perjalanan, disarankan untuk memahami secara cermat kontrak asuransinya sebelum tanda tangan.

Berikut kerugian yang kemungkinan tidak bisa bisa ditanggung asuransi perjalanan.

  • Kecelakaan atau sakit yang dialami Tertanggung yang disebabkan alkohol dan obat-obatan terlarang.
  • Kecelakaan atau sakit yang disengaja agar pemegang polis dapat mencarikan atau memperoleh uang asuransi perjalanan.
  • Musibah yang diakibatkan force majeure. Force majeure adalah kondisi yang terjadi di luar kemampuan kamu, seperti bencana alam atau kerusuhan yang terjadi di suatu negara.
  • Melakukan perjalanan ketika sakit dan mengabaikan saran atau anjuran dokter.
  • Mengalami keguguran atau butuh tindakan melahirkan di negara tujuan. 

Tips memilih asuransi perjalanan Visa Schengen

Travel Insurance untuk Visa Schengen – Daftar dan Tips Memilih

Setelah mengetahui pentingnya memiliki asuransi perjalanan dan beberapa produk travel insurance untuk Visa Schengen. 

Adanya pilihan yang begitu beragam dengan manfaat yang berbeda, tentu membuat bingung untuk menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Jangan pusing dulu! Sebab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk menentukan travel insurance manakah yang terbaik untuk kamu.

1. Pastikan asuransi perjalanan luar negeri yang dipilih sudah menjangkau negara-negara dengan Visa Schengen

Umumnya setiap paket asuransi perjalanan sudah memiliki daftar negara-negara. Pastikan apakah travel insurance untuk Visa Schengen sudah mencangkup 26 negara dengan Visa Schengen. 

Jika tidak ditulis dengan jelas, kamu bisa tanyakan dengan staf terkait.

2. Tentukan durasi perjalannya

Durasi perjalanan mempengaruhi dalam pembayaran premi.

Biasanya durasi perjalanan dihitung dari hari keberangkatan dari Indonesia hingga kepulangan ke Indonesia.

Untuk kamu yang sering bepergian ke negara Schengen dalam kurun waktu satu tahun, akan lebih hemat jika kamu memilih travel insurance untuk Visa Schengen dengan polis tahunan.

3. Tentukan sistem pembayaran atau klaim asuransi

Setiap produk asuransi memiliki dua kategori pembayaran untuk klaim polis. Ada yang menggunakan salah satu tapi ada juga yang menggunakan keduanya.

Cashless atau non tunai berarti pemegang polis dapat menggunakan manfaat asuransi menggunakan kartu asuransi atau nomor polis tanpa harus membayar terlebih dulu.

Sementara sistem reimbursement mengharuskan pemegang polis menggunakan biaya pribadi untuk mendapatkan manfaat asuransi yang nanti bisa mengajukan klaim untuk penggantian dana. 

4. Apakah kamu bepergian sendiri atau bersama keluarga?

Jika kamu akan bepergian sendirian karena urusan bisnis atau masih melajang, paket asuransi perjalanan untuk individu lebih cocok dengan premi yang sesuai.

Sementra jika bepergian bersama keluarga, kamu harus memilih paket travel insurance untuk Visa Schengen untuk keluarga atau kelompok. Sebab manfaatnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang banyak. 

FAQ

Di mana membeli asuransi perjalan untuk Visa Schengen?

Di Indonesia ada berbagai pilihan travel insurance untuk Visa Schengen dengan penawaran manfaat dan biaya premi yang berbeda.

Kamu bisa menemukan asuransi yang terbaik di website resmi Lifepal sebagai salah satu ecommerce asuransi terbesar di Indonesia.

Berapa biaya visa Schengen?

Untuk membuat Visa Schengen, kamu hanya perlu membayarkan biasa sebesar Rp760.000 atau 60 Euro. 

Kapan bisa apply visa Schengen?

Visa Schengen merupakan dokumen wajib ketika ingin berkunjung ke negara-negara Eropa. Disarankan kamu melakukan pengajuan Visa Schengen paling lambat 15 hari sebelum keberangkatan.

Apakah ke Eropa perlu visa?

Ya, liburan ke benua Eropa terutama jika ingin mengunjungi negara di wilayah Schengen. Wisatawan diwajibkan memiliki visa khusus Visa Schengen agar bisa berkunjung dengan aman.