Turun Mesin – Penyebab, Biaya Jasa, dan Komponen yang Diganti

Apa itu turun mesin pada mobil? Turun mesin adalah suatu proses pelepasan mesin dari sasis kendaraan guna diperiksa dan diperbaiki masalahnya.

Istilah turun mesin mobil sering juga dikenal dengan istilah overhaul. Proses turun mesin memang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para pemilik mobil.

Meskipun memang proses ini ditujukan untuk memperbaiki kerusakan atau masalah yang ada, proses overhaul ini memang biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. 

Overhaul dapat dilakukan ke setengah (mesin bagian atas saja) atau bisa juga dilakukan menyeluruh, tergantung pada kerusakan atau masalah yang terjadi.

Penyebab turun mesin mobil

Turun Mesin – Penyebab, Biaya Jasa, dan Komponen yang Diganti

Biasanya overhaul dilakukan jika diperlukan perbaikan pada bagian pusat mesin. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil harus mengalami overhaul, yaitu:

1. Overheating

Overheating kerap kali menyebabkan mesin mobil mengalami mogok. Overheating ini dapat memicu berbagai kerusakan, seperti melengkungnya kepala silinder, oli serta air yang bercampur, dan lain sebagainya.

Jika kamu mengendarai mobil dengan laju yang pelan, tapi suhu mesin mobil selalu naik dan tinggi, bisa jadi mesin mobil kamu sedang  mengalami overheating.

Kemungkinan mesin mobil kamu memerlukan penanganan overhaul untuk mengatasi masalah tersebut. 

2. Oli yang bercampur dengan air

Oli dan air dapat bercampur sebab air berdiam di ruang pembakaran.

Salah satu tanda bahwa mobil kamu mengalami oli yang bercampur dengan air adalah warna oli mesin yang berubah warna menjadi kecoklatan menyerupai susu coklat.

Kondisi ini dapat memicu korosi pada bagian cylinder head dan menyebabkan sirkulasi menjadi tidak beres, bahkan dapat membentuk buih atau busa.

3. Timing belt putus

Penyebab overhaul mobil yang lain adalah putusnya timing belt. Komponen yang satu ini memiliki fungsi menyalurkan tenaga dari poros engkol.

Jika timing belt putus, piston dan katupnya akan saling bertumbukan dan hal ini tentu dapat menyebabkan kerusakan pada piston dan katup.

Beberapa kasus timing belt yang putus memang tidak menyebabkan kerusakan parah, tapi tetap bisa membuat mobil mogok.

4. Mesin terendam air

Banjir adalah salah satu penyebab terbesar bagaimana mesin mobil terendam air, entah dalam kondisi terparkir maupun dikendarai.

Air yang masuk ke dalam mesin akan terperangkap dalam ruang bakar dan dapat memicu berbagai kerusakan. Jika ada tekanan dari piston, air ini bisa menyebabkan piston berlubang atau pecah.

Hal ini biasa dikenal dengan water hammer dan menjadi salah satu penyebab overhaul yang cukup sering dijumpai.

5. Kurangnya air radiator

Berkurangnya air radiator juga dapat menyebabkan mobil mengalami overhaul. Hal ini biasanya ditandai dengan menyemburnya air radiator ketika mobil distarter.

Kerusakan bisa saja terjadi pada komponen cylinder head, silinder gasket, kebocoran pada radiator, mesin, ataupun water pump.

6. Asap knalpot berwarna putih

Asap putih pada knalpot biasanya disebabkan masuknya oli ke ruang bakar serta busi yang ikut terbakar.

Hal ini berakibat pada berkurangnya oli secara signifikan sehingga akan memberikan efek pada komponen lain, seperti cylinder head, piston, paking head, bore silinder, serta seal valve

Jika knalpot mobil kamu mengalami hal tersebut, cara memperbaikinya adalah dengan melakukan overhaul

7. Air radiator berminyak

Air radiator dapat berminyak karena adanya cylinder head yang berkarat sehingga membuat beberapa lubang yang menyebabkan oli masuk ke dalam saluran air atau air masuk ke ruang kompresi.

Mengganti cylinder head yang berkarat dengan yang baru sebetulnya sudah bisa dijadikan solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Akan tetapi, jika kondisi oli sudah berwarna kecoklatan dan bercampur air radiator, terpaksa harus overhaul.

Apa saja yang diganti saat turun mesin mobil?

Turun Mesin – Penyebab, Biaya Jasa, dan Komponen yang Diganti

Pada proses overhaul, biasanya akan dilakukan penggantian beberapa komponen atau spare part baru. Hal ini terutama dilakukan pada komponen yang memang sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. 

Lalu, komponen apa saja yang biasanya diganti? Jawabannya tentu berbeda, tergantung pada jenis kerusakan yang terjadi pada mobil tersebut.

Biasanya komponen yang diganti saat overhaul adalah:

  • piston,
  • stang piston,
  • metal mesin, atau
  • beberapa komponen lainnya. 

Nah, ternyata selain mesin mobil, girbok juga bisa mengalami overhaul. Hal ini memang sangat tergantung pada penyebab mengapa mobil tersebut harus mengalami turun mobil.

Kapan harus melakukan turun mesin mobil?

Overhaul akan dilakukan jika mobil mengalami kerusakan yang cukup berat dan biasanya kerusakan tersebut terdapat pada bagian pusat mesin.

Overhaul sebaiknya dilakukan jika kamu sudah menemukan beberapa tanda turun mesin, mulai dari overheating, mesin yang baru saja terendam air, asap berwarna putih, dan penyebab lain seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya. 

Jika kamu sampai terlambat melakukan overhaul, performa komponen mesin akan semakin buruk, bahkan juga performa transmisi.

Segera lakukan overhaul jika menemukan beberapa ciri atau tanda di atas.

Selain itu, mobil juga sebaiknya dibongkar jika sudah mencapai jarak tempuh 150.000 km agar performa mesin dapat ditingkatkan atau diperbaiki lagi.

Estimasi biaya turun mesin mobil

Estimasi biaya overhaul mobil bisa jadi sangat berbeda, tergantung pada jenis kerusakan dan penggantian komponennya.

Semakin parah kerusakan dan semakin banyak komponen mesin yang diganti, tentu akan semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan. 

Rata-rata biaya jasa turun mesin mobil Jepang berkisar Rp2 juta – Rp5 juta. Biaya ini belum termasuk dengan biaya penggantian komponen yang terhitung cukup mahal, bisa mencapai Rp5 juta – Rp10 juta lebih. 

Sebagai gambaran contoh kasus, kamu akan melakukan overhaul pada mobil Toyota Avanza generasi yang pertama. Kita anggap biaya jasa overhaul mobil Rp3 juta.

Kali ini kamu juga mengganti beberapa komponen, misalnya packing set seharga Rp1,5 juta, piston seharga Rp1,8 juta, stang piston seharga Rp325 ribu, dan ring piston seharga Rp450 ribu.

Ditambah lagi dengan kondisi engine mounting sudah harus diganti yang akan memakan dana Rp630 ribu. Dari kondisi ini saja ,kamu akan memakan biaya sekitar Rp7 jutaan. 

Berapa lama perbaikan mobil turun mesin?

Lamanya waktu perbaikan atau overhaul mobil akan sangat mungkin berbeda pada kondisi masing-masing. Semua kembali lagi pada kondisi kerusakan yang dialami mobil tersebut.

Idealnya, pengerjaan overhaul akan memakan waktu sekitar 2 hari – 5 hari. Sementara lama pengerjaan maksimal adalah 7 hari atau satu minggu.

Waktu pengerjaan bisa jadi semakin lama jika komponen atau spare part mobil kamu sulit untuk dicari sehingga bengkel harus mencari atau memesannya terlebih dahulu. 

Keuntungan setelah turun mesin mobil

Meskipun overhaul mobil memang memakan biaya besar dan waktu pengerjaan yang cukup lama, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari overhaul ini, yaitu:

1. Performa mobil meningkat

Setelah mobil selesai diperbaiki atau selesai menjalani overhaul, performa mobil akan menjadi lebih baik dan mesin juga semakin bertenaga. Kamu mungkin akan merasakan bahwa mobil kamu akan seperti baru kembali. 

Proses turun mesin mobil akan dibersihkan secara total, baik untuk kotoran maupun kerak yang menempel di berbagai komponen mesin.

Biasanya komponen yang menjadi fokus utama adalah ruang bakar, piston, saluran bahan bakar, saluran intake, dan exhaust.

2. Mesin terlihat lebih bersih

Jika kamu lihai dalam memilih bengkel untuk turun mesin, biasanya mereka memberikan layanan tambahan berupa pengecatan ulang sisi luar dari cylinder head, karter oli, blok mesin, dan komponen pendukung lainnya.

Itulah kenapa biasanya mobil yang baru saja mengalami turun mesin akan terlihat lebih bersih pada bagian mesinnya. Bahkan, mobil bisa tampak seperti baru lagi lho!

3. Gasket dan seal baru

Pada mobil yang baru saja mengalami turun mesin, kamu juga bisa menemukan gasket serta seal baru yang terpasang dalam mesin.

Hal ini memang wajar dan biasa ditemukan sebab gasket cair digunakan untuk merekatkan komponen sistem pendingin mesin seperti selang radiator.

Kamu juga mungkin akan menemukan kondisi gasket cylinder head yang lebih baru.

4. Mobil kembali ke masa penyesuaian

Setelah menjalani turun mesin, kondisi mesin mobil akan kembali ke masa penyesuaian atau sering juga dikenal dengan inreyen (break-in). Hal ini penting untuk kemampuan dan juga ketahanan mesin di masa yang akan datang. 

Masa penyesuaian akan memakan waktu sekitar satu bulan atau pemakaian dengan jarak tempuh 1.000 km. 

Bengkel turun mesin mobil

Turun mesin dapat dilakukan di hampir semua bengkel resmi, biasanya memang biayanya relatif lebih mahal.

Jika kamu ingin melakukan turun mesin di bengkel umum, berikut ini beberapa bengkel di kawasan sekitaran Jakarta yang dapat melayani overhaul.

1. Bengkel Wefixcar-2

  • Alamat: Jl. Dukuh Patra Raya, RT.11/RW.2, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan
  • Telepon/Whatsapp: +62 815-8007-303

2. Garasi-30

  • Alamat: Jalan Moh. Kahfi I Raya No 30 ( Depan Restoran Cwie Mie Malang), RT.2/RW.4, Jagakarsa, RT.2/RW.4, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan
  • Telepon: 0812-8222-339

3. KJS Motor – Spesialis Bengkel Mesin & Transmisi Mobil Jakarta

  • Alamat: Jalan Duri Kosambi no. 62, Dekat Pusdiklat Garuda, RT.3/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat
  • Telepon: 0815-1035-4184

4. CARfix Pondok Indah

  • Alamat: Jl. Ciputat Raya No.9, RT.2/RW.2, Kby. Lama Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan
  • Telepon: (021) 27084997

5. Global Jaya Motor

  • Alamat: jalan kh. hasyim ashari no.20, RT.1/RW.2, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat
  • Telepon: (021) 63856032

FAQ

Berapa biaya turun mesin mobil?

Biaya turun mesin sangat relatif pada jenis, merk, dan kerusakan yang dialami mobil. Namun, biasanya biaya turun mesin untuk Jepang berkisar Rp2 juta-Rp5 juta.

Jika perbaikan mengharuskan mengganti komponen yang cukup mahal, bisa memakan biaya hingga Rp5 juta-Rp10 juta.

Apa penyebab turun mesin mobil?

Ada banyak penyebab turun mesin mobil, yaitu overheating, bercampurnya oli dan air, asap putih pada knalpot, air radiator berminyak, timing belt putus, dan sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan turun mesin?

Turun mesin adalah suatu proses pelepasan mesin dari sasis kendaraan guna diperiksa dan diperbaiki masalahnya.

Apa saja yang perlu diganti saat turun mesin?

Komponen yang diganti bisa saja berbeda, tergantung pada kerusakan yang dialami. Biasanya komponen yang diganti saat turun mesin atau overhaul adalah piston, stang piston, metal mesin, atau juga beberapa komponen lainnya.