Asuransi Zurich – Jenis Produk, Call Center, dan Keunggulan

Zurich menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia saat ini. Belum lama ini, Zurich menambah member baru dengan bergabungnya Adira Insurance menjadi bagian dari perusahaan pengalih risiko dari Swiss.

Jangkauannya yang luas membuat perusahaan ini mampu melayani nasabah lokal dan internasional dengan rangkaian produk layanannya baik asuransi umum ataupun asuransi jiwa di 210 negara dan wilayah. Bisa dibayangkan luasnya wilayah cakupan proteksi dan layanan yang ditawarkannya. 

Sebelum membahas lebih jauh jenis produk dan manfaat yang ada di dalamnya, perlu kamu tahu juga cikal bakal lahirnya perusahaan asuransi ini hingga menjadi besar seperti sekarang. Yuk, simak informasinya berikut ini. 

Sekilas tentang Zurich

Asuransi Zurich – Jenis Produk, Call Center, dan Keunggulan

Berdiri sejak 1872 berpusat di Zurich, Swiss, Zurich Insurance Group (Zurich) hingga kini sudah melayani lebih dari 170 negara di dunia. Perusahaan induk Zurich Insurance Group Ltd (ZURN) telah terdaftar di bursa SIX Swiss Exchange serta mendapat level I American Depositary Receipt untuk program (ZURVY), yang diperdagangkan di OTCQX. 

Nasabah yang dimiliki perusahaan ini hingga saat ini berasal dari berbagai lapisan mulai dari perorangan, UMKM, perusahaan besar hingga perusahaan multinasional. Tak heran bila perusahaan asuransi ini memiliki posisi kuat dan terus bertumbuh di Amerika Utara, Eropa, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Zurich sendiri merupakan perusahaan jasa asuransi berpengalaman baik di pasar domestik maupun internasional. Tahun 1997, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) mendapat izin usaha di bidang asuransi umum dengan nama PT Asuransi Kerugian Nexus. Kemudian di tahun 2002, berubah menjadi PT Asuransi Adira Dinamika hingga akhirnya di tahun 2019 bertransformasi menjadi ZAI yang berfokus pada asuransi kendaraan. 

PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk merupakan perusahaan asuransi umum yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan memperkuat pasarnya di Indonesia. Di tahun yang sama, bulan November, ZAI bergabung dengan Zurich melebarkan sayap dengan memberi perlindungan terbaik di kelasnya. 

Sebagai bagian dari perusahaan, PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) menawarkan asuransi umum yang dikelola dengan prinsip syariah. Zurich Syariah menjalankan akad wakalah bil ujrah dan tabarru’ untuk mengelola risiko dan kontribusi nasabah dengan tujuan kebaikan dan tolong menolong antar nasabah. 

Selain ZAI dan Zurich Syariah, PT Zurich Topas Life pun berada di bawah bendera Zurich dengan sebagian besar dimiliki juga oleh PT Mayapada Prasetya Prakarsa sebagai mitra lokal. Perusahaan asuransi ini lebih berfokus pada asuransi jiwa dan sudah terdaftar juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Jenis produk asuransi Zurich 

Bila melihat dari track record dan perjalanan panjangnya sebagai perusahaan asuransi umum, pastinya tak ada yang meragukan kredibilitas Zurich sebagai pemain asuransi berpengalaman. 

Demi memudahkan nasabahnya, perusahaan ini hadir dengan jenis asuransi jiwa dan juga umum, antara lain:

Asuransi mobil Autocillin 

Produk bernama asuransi mobil Autocilin memberi perlindungan untuk kendaraan roda empat, dengan tiga manfaat, yaitu: 

  • Jaminan total loss only: mengganti kerusakan atau kerugian yang terjadi karena pencurian, kebakaran atau kecelakaan dengan total nilai 75 persen. 
  • Jaminan comprehensive: mengganti kerusakan atau kerusakan sebagian atau kerugian total dari risiko kecelakaan, kehilangan dan kebakaran. 
  • Comprehensive plus: selain memberi manfaat perlindungan atas risiko kebakaran, pencurian dan kecelakaan, jenis asuransi ini juga menanggung dan memberi perlindungan terhadap risiko bencana alam, kerusuhan juga kecelakaan diri dan penumpang. 

Asuransi Motor Motopro 

Memberi perlindungan pada motor dengan manfaat mengganti rugi akibat kehilangan atau kerusakan total, lebih dari 75 persen, pada motor milik kamu dengan usia kendaraan 7 tahun. Produk ini bisa digunakan untuk kendaraan pribadi dan dinas. 

Tersedia jaminan perluasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, seperti kecelakaan diri, penggantian biaya pengobatan sebesar 10 persen dari limit kecelakaan diri bagi pengemudi akibat kecelakaan berkendara, bencana alam, dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

Asuransi motor mikro syariah 

Asuransi ini juga memberi perlindungan pada motor kesayangan kamu, dengan keunggulan adanya pemberian santunan saat motor mengalami kerusakan total lebih dari 75 persen. 

Biaya kontribusinya pun cukup murah hanya Rp50.000 per tahun. 

Autocillin Ikhlas 

Asuransi perlindungan pada mobil dengan prinsip syariah ini menawarkan paket pilihan comprehensive dan total loss only. Tarif kontribusinya pun bisa disesuaikan dengan jenis proteksi yang kamu pilih. 

Mobilite 

Asuransi kendaraan ini memberi proteksi pada mobil dan pengendaranya langsung dengan premi yang terjangkau. Harga premi asuransi mikro mobilite senilai Rp300 ribu untuk 12 bulan. 

Motolite 

Asuransi motor ini memberi perlindungan berupa santunan kehilang motor, santunan kecelakaan diri, dan santunan tanggungjawab pihak ketiga, dengan nilai santunan mulai dari Rp2,5 juta – Rp5 juta. Besaran premi asuransi ini senilai Rp50 ribu selama satu tahun. 

Motopro Syariah 

Perlindungan pada motor ini memiliki manfaat perlindungan komprehensif risiko kerugian atau kerusakan total pada motor yang dikelola secara syariah. Manfaat tambahan untuk pemegang polis selama mengendarai motor tersebut. 

Asuransi Mesin 

Memberi proteksi untuk mesin yang rusak dan menyebabkan kendaraan tidak dapat berfungsi. Manfaat yang diberikan berupa santunan dari risiko kerusakan mekanis dan elektris pada kendaraan. 

Zurich Pro-Care

Asuransi kesehatan yang membantu kamu mengantisipasi biaya perawatan selama di rumah sakit. Asuransi ini menjamin penggantian biaya medis dengan fasilitas cashless untuk perawatan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Zurich asuransi kesehatan ini juga memberi manfaat pemeriksaan kesehatan tahunan, layanan medis pramutama, dengan maksimal usia peserta 69 tahun. 

Zurich Principle Care

Merupakan asuransi kesehatan yang memberi manfaat keunggulan klaim multiple, klaim kanker lanjutan, layanan second opinion, manfaat angioplasti dan santunan meninggal dunia. 

Zurich Optimal Health Assurance

Asuransi kesehatan Zurich ini memberi perlindungan manfaat berupa biaya perawatan medis, manfaat pemantauan untuk perawatan kanker, perlindungan perawatan medis hingga seluruh dunia. 

Asuransi Kesehatan Medicillin

Memberi perlindungan kesehatan karyawan, dengan manfaat rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, kacamata dan persalinan, beserta keluarga dengan fasilitas cashless di seluruh jaringan rumah sakit dan klinik rekanan. 

Asuransi Accident Solution

Jenis asuransi ini memberi perlindungan kecelakaan selama 24 jam saat kamu beraktivitas baik di dalam ataupun di luar negeri, terhadap risiko kematian, cacat tetap dan biaya pengobatan. 

Pet Insurance

Memberi perlindungan untuk hewan peliharaan dengan manfaat santunan kematian, pemakaman, biaya iklan dan reward saat hewan peliharaan hilang, biaya pengobatan dan bedah juga perlindungan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga yang disebabkan hewan peliharaan. Premi untuk perlindungan maksimal hewan peliharaan sebesar Rp425 ribu per tahun. 

Bicycle Insurance

Asuransi jenis ini memberi proteksi saat kamu bersepeda dengan manfaat santunan kehilangan sepeda, kerusakan sepeda, kecelakaan diri, biaya pengobatan dan tanggung jawab pihak ketiga. Biaya premi untuk jenis ini hanya Rp75 ribu per tahun dengan manfaat pertanggungan Rp32,5 juta. 

Asuransi perjalanan Zurich Travellin Syariah

Asuransi ini bisa jadi pilihan kamu yang sering melakukan perjalanan wisata halal domestik maupun internasional juga perlindungan saat beribadah haji atau umroh. 

Ada beberapa pilihan untuk asuransi jenis yaitu untuk perjalanan domestik ada Paket Safe dan Paket Comfort, sedangkan untuk perjalanan internasional tersedia paket Platinum, Silver, Gold dan Haji Plus. 

Asuransi Kecelakaan Diri Syariah

Memberi perlindungan berupa penggantian biaya pengobatan dan santunan pada kecelakaan yang menyebabkan cacat tetap dan atau kematian dengan manfaat pertanggungan hingga Rp50 juta dengan nilai premi Rp50 ribu per tahun yang dikelola dengan prinsip syariah. 

Asuransi Hospital Cash Plan 

Memberi perlindungan terhadap lima jenis penyakit seperti DBD, tipus, pneumonia, meningitis dan difteri dengan premi terjangkau sebesar Rp150 ribu per tahun. 

Asuransi Critical Illness

Asuransi kesehatan ini memberi manfaat perlindungan lengkap terhadap 36 penyakit kritis dengan santunan penyakit kritis, santunan rawat inap dan santunan pembedahan. 

Proteksi 8 

Produk ini merupakan asuransi jiwa modern yang memberi perlindungan selama 8 tahun dan juga mengembalikan premi sebesar 108 persen di akhir masa perlindungan. 

Investa Plus

Asuransi jiwa unit link ini selain memberi manfaat meninggal dunia sebesar 125 persen juga investasi dengan pilihan dana investasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan investasi dan profil risiko. 

Profit 8

Asuransi jiwa unit link dengan berbagai pilihan manfaat dana masa depan yang bertumbuh. Asuransi ini juga memberi perlindungan dana santunan untuk keluarga nasabah bila terjadi risiko meninggal dunia atau cacat tetap total. 

Maximum Protection

Produk ini juga merupakan produk asuransi jiwa yang memberi perlindungan 100 tahun dengan manfaat investasi maksimal dan bonus loyalitas. 

Zurich Smart Care 

produk asuransi ini merupakan jenis perlindungan jiwa sekaligus investasi yang dilengkapi manfaat meninggal dunia sebesar uang pertanggungan dan manfaat investasi sebesar nilai investasi. 

Mahacita Protection

merupakan produk asuransi jiwa yang memberi perlindungan hingga tertanggung berusia 100 tahun dengan manfaat meninggal dunia dan investasi. 

Syarat membeli asuransi Zurich 

Asuransi Zurich – Jenis Produk, Call Center, dan Keunggulan

Bila kamu tertarik untuk membeli asuransi Zurich, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan diri sebagai nasabah perusahaan asuransi dari Swiss ini, antara lain :

  • Usia masuk peserta maksimal 70 tahun
  • Kelengkapan dokumen pribadi seperti KTP dan lampiran penunjang lainnya. 
  • Mengisi formulir permohonan keanggotaan asuransi Zurich

Call Center Zurich 

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi yang ditawarkan perusahaan ini, maka bisa menghubungi layanan pelanggan PT Zurich Asuransi Indonesia, Tbk. Berikut ini informasinya:

Alamat kantor pusat  

  • Graha Zurich, MT. Haryono Kav. 42 Jakarta Selatan 12780
  • Telepon: 1500 456
  • Email: zurichcare.general@zurich.co.id

Alamat Kantor Pelayanan Klaim

  • Plaza Sentral, 5B fl, Jl. Jend. Sudirman Kav 47, Jakarta 12930, Indonesia
  • Telepon:  (021) 255 35 255
  • Fax. (021) 255 436 70
  • Email : claim.indonesia@zurich.com

Cara Cek Saldo Asuransi Zurich

Sama seperti perusahaan asuransi lainnya, untuk mengecek saldo asuransi Zurich kamu cukup menghubungi agen dimana kamu membeli produk asuransi.

Selain itu bisa juga menghubungi call center 1500 456 serta datang langsung ke kantor asuransi Zurich di Graha Zurich, Jl. MT Haryono Kav. 42, Jakarta Selatan 12780. 

Keunggulan dan kelemahan asuransi Zurich

Seperti mata uang yang memiliki dua sisi, sebagai perusahaan asuransi umum Zurich memiliki keunggulan sekaligus kelemahan. Beberapa diantaranya adalah: 

Keunggulan Zurich 

  • Adanya jaminan pengembalian premi hingga 108% dari premi yang dibayarkan
  • Bisa dibilang Zurich merupakan perusahaan asuransi yang tingkat keamanannya tinggi karena kondisi keuangannya yang tergolong baik. 
  • Premi terjangkau dengan banyak manfaat 
  • Jaringan luas berlaku di seluruh dunia hingga Amerika Serikat
  • Pelayanan klaim cepat dan mudah

Kekurangan Zurich 

  • Dalam memasarkan produk Bancassurance, Zurich belum bekerjasama dengan bank ternama dalam pemasarannya sehingga menyulitkan nasabah. 
  • Hasil investasi belum tentu terjamin bagus artinya nilai tunai bisa naik turun di luar ekspektasi. 

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai asuransi Zurich. Tak perlu ragu membeli produk asuransi yang dipasarkan oleh perusahaan ini, terlebih jika mengingat jangkauan perusahaan yang luas serta jumlah bengkel maupun rumah sakit rekanan yang banyak. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

FAQ seputar Zurich 

Apa itu asuransi Zurich? 

Zurich menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia saat ini. Belum lama ini, Zurich menambah member baru dengan bergabungnya Adira Insurance menjadi bagian dari perusahaan pengalih risiko dari Swiss. .

Apa saja produk asuransi kendaraan di Zurich? 

  • Asuransi mobil Autocillin 
  • Asuransi motor Motopro 
  • Asuransi motor mikro syariah 
  • Autocillin ikhlas 
  • Mobilite 
  • Motolite 
  • Motopro Syariah 
  • Asuransi mesin 

Bagaimana cara menghubungi Zurich? 

Kamu bisa menghubungi layanan pelanggan di nomor 1500 456. Atau bisa juga mengirim email di zurichcare.general@zurich.co.id.