Mengenal Rumah Sakit – Pengertian, Tipe, dan Jenis Pelayanan

Rumah sakit adalah salah satu fasilitas kesehatan yang memiliki pelayanan terpadu mulai dari layanan konsultasi dokter, pemeriksaan dan diagnosa penyakit, rawat inap, perawatan intensif, pembedahan serta menjadi tempat pendidikan.

Artikel ini akan membahas secara lengkap terkait tujuan dan fungsi rumah sakit, jenis, tipe, pelayanannya, hingga tips memilih rumah sakit yang tepat.

Pengertian rumah sakit

Mengenal Rumah Sakit – Pengertian, Tipe, dan Jenis Pelayanan

Rumah sakit menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 didefinisikan sebagai institusi pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan terpadu mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga gawat darurat. 

Sedangkan rumah sakit menurut WHO didefinisikan sebagai organisasi sosial dan juga kesehatan yang memberikan layanan komprehensif termasuk pencegahan penyakit serta penyembuhannya. 

RS juga didefinisikan sebagai tempat pendidikan khusus untuk tenaga kesehatan meliputi penelitian.

Tujuan rumah sakit

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, berikut ini tujuan dari berdirinya RS.

  • Meningkatkan mutu pelayanan serta standar pelayanan rumah sakit.
  • Memudahkan masyarakat dalam mengakses fasilitas dan pelayanan kesehatan.
  • Melindungi keselamatan pasien, masyarakat, serta sumber daya yang ada di rumah sakit.
  • Menjamin kepastian hukum pada masyarakat, pasien, sumber daya manusia, dan rumah sakit itu sendiri.

Tugas rumah sakit dan fungsinya

Rumah sakit memiliki tugas utama, yakni memberikan akses layanan kesehatan yang berkualitas dengan harga terjangkau kepada masyarakat dengan harapan mampu meningkatkan kesehatan masyarakat secara terpadu serta melakukan penyembuhan dengan maksimal. 

Berikut ini fungsi rumah sakit menurut Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit:

  1. Memelihara dan juga meningkatkan kesehatan masyarakat melalui layanan kesehatan yang maksimal sesuai dengan kebutuhan medis.
  2. Menyelenggarakan layanan kesehatan serta penyembuhanya sesuai dengan standar layanan kesehatan yang ditetapkan.
  3. Menyelenggarakan pengembangan teknologi di bidang kesehatan serta penelitian guna meningkatkan layanan kesehatan sesuai etika ilmu pengetahuan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi serta meningkatkan layanan kesehatan.

Dalam menjalankan fungsinya ini, RS pun menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menunjang layanan kesehatan seperti: 

  1. Layanan medis
  2. Administrasi umum dan keuangan
  3. Pelayanan kesehatan masyarakat dan rujukan
  4. Pendidikan, pengembangan, dan pelatihan
  5. Layanan penunjang medis dan non-medis
  6. Layanan dan asuhan keperawatan

Jenis rumah sakit

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/MENKES/PER/III/2010, rumah sakit terbagi ke dalam dua jenis, yakni rumah sakit umum dan juga rumah sakit khusus. 

  • Rumah sakit umum: pelayanan yang diberikan ditujukan untuk semua jenis penyakit, tidak hanya satu penyakit khusus saja.
  • Rumah sakit khusus: pelayanan yang diberikan khusus untuk penyakit jenis tertentu, seperti masalah jantung, otak, hingga paru-paru.

Mengenal tipe rumah sakit

Rumah sakit umumnya dibedakan menjadi beberapa tipe, yakni tipe A, B, C, D, dan juga E. Tipe ini biasanya dibedakan berdasarkan pelayanan yang diberikan. Berikut ini beberapa penjabarannya.

RS tipe A

Rumah sakit tipe ini memberikan pelayanan yang lengkap, mulai dari dokter spesialis hingga sub spesialis. RS tipe A juga bisa dibilang sebagai fasilitas kesehatan rujukan tertinggi karena memiliki fasilitas medis yang lengkap, atau disebut juga sebagai rumah sakit pusat. 

Contoh rumah sakit di Indonesia yang termasuk ke dalam rumah sakit tipe A adalah RS Cipto Mangunkusumo, RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung, RSUP Dr Soetomo Surabaya, dan juga RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar Sulawesi Selatan.

RS tipe B

RS tipe B adalah rumah sakit yang lokasinya berada di ibukota provinsi dan menjadi rumah sakit rujukan dari rumah sakit yang ada di kabupaten.

Layanan medis yang diberikan yakni dokter spesialis dan juga subspesialis namun terbatas. Selain itu, RS tipe B juga memiliki fasilitas dengan minimal kamar tidur sebanyak 200 buah.

Rumah sakit yang termasuk ke dalam tipe B adalah RSUP Dr Kariadi Semarang, RSUP Dr Sardjito, RSU Tangerang, dan RSUD Labuang Baji.

RS tipe C

Rumah sakit ini memiliki layanan dokter spesialis yang terbatas, yakni pada layanan medis berupa penyakit dalam, pembedahan, hingga kebidanan dan kandungan. RS tipe C biasanya berlokasi di ibukota kabupaten dan menjadi rujukan dari fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.

Beberapa contoh dari RS tipe C seperti RSUD Sleman, Yogyakarta, RSUD Rantau Prapat, dan RS Jakarta. 

RS tipe D

Fasilitas kesehatan tipe D termasuk rumah sakit transisi yang akan dinaikan menjadi RS tipe C. Pelayanannya pun sudah cukup lengkap dan menjadi rujukan untuk fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.

Contoh RS tipe Di seperti, RSU Kartini Jakarta, RSUD Kota Tangerang Selatan, RS Mutiara, Papua Barat, hingga RSUD Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah.

RS tipe E

Termasuk ke dalam RS khusus yang fokus pada satu pelayanan, misalnya RS kanker, RS paru, RS kusta, RS ibu dan anak, dan RS jantung. 

Contoh rumah sakit tipe seperti, Rumah Sakit Kanker Dharmais, Rumah Sakit Jantung, RSIA Bunda dan lain sebagainya.

Pelayanan yang ada di rumah sakit

Mengenal Rumah Sakit – Pengertian, Tipe, dan Jenis Pelayanan

Pelayanan yang ada di fasilitas kesehatan satu ini tentunya sangat banyak. Bahkan setiap RS pun memiliki layanan unggulannya masing-masing. 

Namun, biasanya ada 5 layanan utama yang wajib ada pada RS, seperti unit medis, rawat inap, hingga unit keperawatan. Berikut ini penjabarannya. 

Layanan medis

Unit ini bisa dibilang sebagai unit utama, karena meliputi tindakan medis yang akan diterima ketika seseorang datang ke RS.

Beberapa bagian dari unit medis terdiri dari:

  • Poliklinik masing-masing spesialis
  • Bagian Unit Gawat Darurat
  • Ruang operasi
  • Laboratorium klinis
  • Radiologi, ruang tunggu pasien

Layanan rawat inap

Pelayanan utama berikutnya yang ada di RS adalah layanan rawat inap yang bertujuan mengobati pasien dengan pantauan lebih intens dari dokter dan juga perawat. 

Layanan rawat inap ini terdiri dari beberapa bagian, seperti:

    • Ruang tidur rawat inap
    • Ruang obat
  • Nurse station

Layanan keperawatan

Layanan ini juga cukup penting dan bertugas memantau perkembangan kesehatan pasien setiap harinya sebelum ditangani oleh dokter.

Beberapa layanan yang termasuk layanan keperawatan meliputi:

  • Farmasi
  • Ruang perawat
  • Perawatan poliklinik
  • Rekam medik

Layanan administrasi

Layanan ini juga tak kalah penting, karena berkaitan dengan pengelolaan manajemen rumah sakit sehingga fasilitas kesehatan ini bisa bisa beroperasi dengan lancar dan juga sistematis. 

Layanan ini bertugas mengurus masalah-masalah administrasi, meliputi data-data pasien, data staff, pembayaran pengobatan, dan administrasi lainnya. 

Layanan housekeeping dan teknis

Sebagai rumah sakit yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan, sudah tentu kebersihannya harus bisa dijaga. Oleh sebab itu, layanan housekeeping ini juga cukup krusial.

Dengan layanan housekeeping dan teknis lainnya, membantu berjalannya aktivitas-aktivitas RS dengan baik tanpa ada kendala.

Beberapa layanan yang termasuk pada housekeeping dan teknis seperti gudang umum, menaikal, elektrikal, laundry, cleaning service, dan juga laundry

Tips memilih rumah sakit untuk berobat

Untuk mendapatkan pelayanan pengobatan yang maksimal, kamu juga wajib tahu cara memilih RS yang benar. 

Jangan sampai, RS yang kamu pilih ternyata tidak memenuhi syarat dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang membuat pengobatan kamu tidak maksimal. Berikut ini beberapa tipsnya.

Pilih lokasi yang terdekat dengan rumah

Ketika kamu akan menjalani pengobatan, sebaiknya pilih RS yang paling dekat dengan rumah. Hal ini akan memudahkan mobilitas kamu untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal. 

Apabila RS dekat, kamu tidak perlu bingung apabila ada masalah darurat terkait kesehatan kamu dan juga keluarga.

Pastikan juga RS  yang kamu pilih ini memiliki layanan kesehatan yang lengkap dan juga berkualitas, ya. 

Pastikan memiliki dokter dan tenaga medis yang kompeten

Sesuai dengan standar dari KARS, RS yang baik harus memenuhi kompetensi untuk tenaga medisnya, ditandai dengan adanya Surat Tanda Registrasi (STR) untuk tenaga medis dan juga Surat Izin Praktik (SIP) untuk dokter.

Jadi, pastikan bahwa tenaga medis yang ada pada RS yang kamu pilih sudah memiliki itu semua. Biasanya akan terpampang Surat Izin Praktik dokter pada papan namanya di RS. 

Layanan lengkap

Untuk menjamin pengobatanmu, pastikan kamu juga memilih RS dengan layanan medis yang lengkap, meliputi layanan rawat jalan, rawat inap, dan juga layanan gawat darurat yang beroperasi selama 24 jam. 

Selain itu, terdapat juga layanan spesialis lainnya yang lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan kesehatanmu.

Perhatikan akreditasi rumah sakit

Memilih RS yang sudah terakreditasi dengan baik itu juga penting loh! Artinya, RS tersebut memang benar-benar memperkerjakan tenaga medis yang kompeten, profesional, dan terpercaya. 

Melihat akreditasi RS juga memastikan bahwa RS tersebut menjamin keselamatan pasien dengan baik di mana tenaga medis bekerja sesuai dengan SOP yang diberikan sesuai dengan KARS.

Sebelum mengunjungi RS tersebut, ada baiknya mengetahui akreditasinya. Sebab hanya 50% RS yang memenuhi akreditasi dari KARS.

Dengan mengetahuinya, maka kamu akan merasa lebih aman karena sudah dipastikan pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku.

Daftar rumah sakit terbaik di Jakarta

Ada 10 rumah sakit terbaik di Jakarta yang jadi rekomendasi Duit Pintar. Berikut ini daftarnya untuk kamu jadikan referensi. 

RSU Bunda Jakarta

Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta adalah salah satu RS yang cukup terkenal dengan pelayanan medisnya yang lengkap.

RSU Bunda memiliki beberapa pelayanan medis unggulan di antaranya:

  • Oncology Clinic
  • Bunda Hearth Centre
  • Neuro Center
  • Robotic Surgery

Fasilitas robotic surgery di RSU Bunda Jakarta adalah salah satu inovasi terbaru dalam dunia medis di mana prosedur operasi menggunakan sistem robot yang memudahkan kinerja dokter, sehingga tidak harus berada di ruang operasi. 

Dengan fasilitas robot surgery, hasil operasi pun jadi lebih bagus karena bisa menurunkan trauma jaringan yang biasanya muncul saat operasi. Sayatan yang dihasilkan pun lebih kecil dan mencegah terjadinya pendarahan.

Fasilitas kamar rawat inap juga cukup lengkap, mulai dari kelas VVIP hingga kelas III yang pastinya bersih dan nyaman.

RSU Bunda beralamat di Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 21 Menteng, Jakarta Pusat dengan nomor telepon 1500 799.

RS Mayapada Jakarta Selatan

RS Mayapada Jakarta Selatan sendiri letaknya di kawasan Lebak Bulus, yakni di Jalan Lebak Bulus I Kav. 29, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

 Layanan unggulan RS Mayapada Jakarta Selatan di antaranya:

  • Tahir Neuroscience Center
  • Tahir Uro-nephrology Center
  • Cardiovascular Center
  • Gastro Hepatology
  • Oncology Center
  • Orthopedic Center
  • Obstetric and Gynecology Center
  • Immunology Pulmonology and Internal Medicine
  • Pediatric Center
  • Dermato and Aesthetic Clinic
  • Gastrointestinal and Liver Center
  • Spine and Arthroplasty Center

RS Mayapada Jakarta Selatan juga didukung dengan tenaga kesehatan yang ahli di bidangnya masing-masing dan juga profesional.

Tak perlu khawatir karena RS Mayapada memiliki pelayanan unit gawat darurat selama 24 jam dengan penanganan yang cepat dan tepat. 

RS MMC Kuningan

Rumah Sakit MMC Kuningan adalah salah satu RS swasta yang memiliki tenaga medis profesional yang terdiri dari 30 dokter sub spesialis yang sudah bergelar profesor, serta 200 lebih dokter spesialis yang berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing.

RS MMC Kuningan juga didukung dengan teknologi teranyar dalam dunia medis yang membantu pasien dalam menangani masalah kesehatannya.

Beberapa layanan unggulan RS MMC Kuningan di antaranya:

  • Comprehensive Orthopaedic and Rheumatology Centre
  • Uro Nephrology Centre
  • Oncology Centre
  • Pusat Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah
  • Digestive Centre
  • Rehabilitasi Medik

Untuk meningkatkan kepuasan pasien dalam pelayanan medis, RS MMC juga dilengkapi dengan layanan unggulan lain seperti Center of Excellent dan Diagnostic Center untuk membantu dalam diagnosis penyakit yang akurat hingga teknologi MRI dan juga CT Scan untuk memeriksa lebih detail masalah kesehatan pasien.

RS Pondok Indah

RSPI adalah salah satu RS swasta di Indonesia yang cukup terkenal dengan pelayanannya yang mumpuni. 

Selain itu, RS ini juga didukung oleh dokter spesialis yang ahli di bidangnya masing-masing serta tenaga kesehatan yang professional. 

Fasilitas medisnya pun sudah terintegrasi dengan teknologi terbaru, sehingga pelayanan yang diberikan pun lebih cepat dan juga maksimal.

Beberapa layanan unggulan di RSPI di antaranya:

  • Gastrointestinal, Liver, & Pancreas Centre
  • Orthopedic Centre
  • RS Pondok Indah IVF Centre
  • Aesthetic Clinic & Breast Centre
  • Jakarta Knee & Shoulder Orthopedic Sport Centre (JKOSC)
  • Jakarta Spine Clinic (JSC)
  • Skin & Aesthetic Clinic
  • Women & Fetal Diagnostic Centre

Selain itu, RSPI juga terkenal dengan layanan laktasi, persalinan yang bagus dan sudah bersertifikat IBCLC.

Kamu bisa menemukan cabang RS Pondok Indah, yakni di RSPI Puri Indah dan juga RSPI Bintaro Jaya.

RS Pusat Pertamina

Rumah Sakit Pusat Pertamina terkenal dengan layanan unggulan seperti layanan unit luka bakar terbaik di Indonesia yang didukung dengan penanganan yang terpadu serta pemulihan trauma yang bagus.

RSPP juga dilengkapi dengan layanan berupa unit hemodialisa, stroke unit, medical check up, hingga intensive care unit. 

Tersedia juga klinik spesialis khusus untuk akupuntur, klinik anak, andrologi, anesthesi, bedah jantung, thorax, dan pembuluh darah, bedah plastik, bedah saraf, penyakit dalam, hingga bedah urologi.

RS yang beralamat di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini juga didukung dengan teknologi mumpuni seperti instalasi radiologi, laboratorium patologi klinik, instalasi kedokteran nuklir, instalasi farmasi, instalasi gizi dan catering, hingga pusat sterilisasi. 

RS Cipto Mangunkusumo

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) adalah salah satu RS pemerintah yang berasal dari STOVIA.

RSCM juga menjadi rujukan untuk berbagai penyakit karena terkenal dengan fasilitas medisnya yang lengkap. Berikut ini beberapa layanan unggulan dari RS Cipto Mangunkusumo:

  • Pelayanan Jantung Terpadu
  • Sel Punca (STEMCELL)
  • Transplantasi ginjal
  • Transplantasi hati
  • Layanan Gamma Knife
  • RSCM Kintani yang menangani penyakit kandungan
  • Implan Cochlea
  • RSCM Kirana yang menangani kesehatan mata
  • RSCM Kencana yang merupakan instalasi pelayanan terpadu

Selain sebagai salah satu RS pusat di Jakarta, RSCM juga menjadi RS pendidikan yang digunakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia untuk kegiatan penelitian dan juga pembelajaran.

RS Mitra Keluarga Kelapa Gading

RS Mitra Keluarga Kelapa Gading juga termasuk ke dalam daftar RS dengan pelayanan medis yang bagus.

Salah satu layanan unggulannya yakni ESWL, berupa prosedur untuk mengatasi batu saluran kemih tanpa harus melakukan operasi. Prosedur ini juga membuat pasien lebih nyaman karena tidak merasa sakit dan lebih cepat pulih.

Selain itu, ada juga layanan Bonodensinometeri, yakni prosedur untuk mengukur kepadatan mineral pada tulang. Pemeriksaan ini digunakan untuk mendiagnosa penyakit dan mengetahui pengobatan selanjutnya.

RS Mitra Keluarga Kelapa Gading juga memiliki layanan Laparoskopi, yakni pembedahan untuk kasus kebidanan dan juga kandungan dengan sayatan yang kecil.

Layanan unggulan lainnya seperti Arthroscopy, yakni dilakukan untuk membersihkan jaringan yang rusak pada sendi yang sakit dengan teropong berisi fiber optik dan juga lensa. 

Ada juga layanan Mamografi untuk mendeteksi adanya kanker payudara pada tubuh pasien. 

Siloam Hospitals Kebon Jeruk

Siloam Hospitals Kebon Jeruk adalah salah satu rumah sakit yang lengkap di kawasan Jakarta Barat.

Layanan unggulan di rumah sakit ini termasuk ortopedi, jantung, masalah pencernaan, urologi, anak, dan juga saraf.

Siloam Hospital Kebon Jeruk juga dilengkapi dengan tim medis yang kompeten dan profesional yang membantu dalam menangani masalah kesehatan pada pasien. 

Terdapat juga paket medical check up lengkap untuk pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan. 

Kamu bisa langsung datang ke RS Siloam Kebon Jeruk yang beralamat di Jalan Raya Perjuangan Kav. 8, Kebon Jeruk, Jakarta.

RSUP Fatmawati

Berikut ini beberapa layanan unggulan di RSUP Fatmawati:

  • Hemodialisa
  • Orthopedi dan rehabilitasi medik
  • Layanan patologi
  • Layanan unit transfusi darah
  • Layanan endometriosis center
  • Program terapan rumatan metadon
  • Unit kardiovaskuler intervensi
  • Instalasi forensik dan pelayanan jenazah
  • Bedah sentral
  • Layanan radiologi
  • Layanan patologi
  • Layanan tumbuh kembang anak
  • Layanan sentra vaksinasi umroh
  • Layanan tulang belakang terpadu
  • Layanan medical check up

Apabila membutuhkan fasilitas kesehatan seperti di atas, kamu bisa langsung datang ke RSUP Fatmawati di alat Jalan TB Simatupang Nomor 18, Cilandak, Jakarta Selatan.

RS St Carolus

RS St Carolus termasuk ke dalam rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap. Layanan unggulan RS St Carolus seperti:

  • Bone and Joint Centre
  • Maternity and Child Centre
  • Uro-Nephrology Centre
  • Digestive Centre
  • Pain Clinic

RS St Carolus juga dilengkapi dengan layanan 24 jam seperti IGD, kamar bedah, laboratorium, farmasi, radiologi, hemodialisa, ICU, PICU, NICU, kamar bersalin, hingga sentral sterilisasi. 

Terdapat fasilitas kamar rawat inap mulai dari kelas suite room hingga kelas III yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. 

Asuransi kesehatan terbaik yang bisa menanggung biaya pengobatan

Meski sudah memiliki BPJS Kesehatan untuk biaya pengobatan, tidak ada salahnya memaksimalkan proteksi untuk finansial kamu dengan produk asuransi kesehatan terbaik. Sebab, ada beberapa pengobatan yang mungkin tidak bisa dicover oleh BPJS Kesehatan. 

Asuransi kesehatan akan memberikan manfaat pertanggungan lengkap sesuai dengan polis yang kamu pilih. Selain itu, asuransi kesehatan pun sudah bekerjasama dengan berbagai rumah sakit yang memiliki fasilitas medis lengkap.

Kamu bisa memilih asuransi kesehatan dengan manfaat Coordination of Benefit (CoB). Jadi, saat BPJS Kesehatan tidak bisa mengcover seluruh biaya pengobatan, maka kamu bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta yang terdaftar dalam program CoB.

Dengan asuransi ini, maka preminya tidak terlalu mahal karena sudah dibagi dengan memanfaatkan BPJS Kesehatan. 

Kamu juga bisa loh memilih asuransi kesehatan keluarga, sehingga setiap anggota keluarga bisa terdaftar dalam program asuransi dan preminya pun jadi lebih murah. 

Kamu bisa membeli produk asuransi kesehatan terbaik di Lifepal dengan prosedur klaim yang mudah dan akan dibantu hingga proses klaim berhasil.

FAQ seputar rumah sakit

Apa itu rumah sakit?

Rumah sakit menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 didefinisikan sebagai institusi pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan terpadu mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga gawat darurat. 

Pelayanan di rumah sakit apa saja?

Pelayanan yang diberikan oleh setiap rumah sakit bermacam-macam. Namun, terdapat 5 layanan utama yang harus ada seperti layanan keperawatan, layanan rawat inap, layanan medis, layanan administrasi, dan layanan housekeeping serta teknis. 

Apa saja tipe rumah sakit di Indonesia?

Rumah sakit di Indonesia terbagi menjadi 5 tipe, yakni tipe A, B, C, D, dan E.

  • RS tipe A: memberikan pelayanan yang lengkap, mulai dari dokter spesialis hingga sub spesialis. RS tipe A juga bisa dibilang sebagai RS rujukan tertinggi karena memiliki fasilitas medis yang lengkap, atau disebut juga sebagai rumah sakit pusat. 
  • RS tipe B: adalah RS yang lokasinya berada di ibukota provinsi dan menjadi fasilitas kesehatan rujukan dari RS yang ada di kabupaten.
  • RS tipe C: biasanya berlokasi di ibukota kabupaten dan menjadi rujukan dari fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.
  • RS tipe D: termasuk rumah sakit transisi yang akan dinaikan menjadi RS tipe C. Pelayanannya pun sudah cukup lengkap dan menjadi rujukan untuk fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.
  • RS tipe E: RS khusus yang fokus pada satu pelayanan, misalnya  RS kanker, RS paru, RS kusta, RS ibu dan anak, dan RS jantung.