Cara Membersihkan Filter Udara Mobil Sendiri Tanpa ke Bengkel

Ada banyak perawatan mobil yang harus kamu lakukan agar awet dan tidak bermasalah. Salah satunya menjaga filter udara pada mobil tetap bersih. Cara membersihkan filter udara mobil gampang kok. Kamu nggak perlu repot-repot ke bengkel karena bisa dilakukan sendiri di rumah dan tentunya bikin pengeluaran lebih hemat. 

Filter udara mobil adalah salah satu komponen yang memiliki peran penting, yakni membantu menyerap dan menyaring kotoran-kotoran, sehingga udara bersih bisa masuk dan mengoptimalkan proses pembakaran pada mesin mobil. 

Bayangkan saja apabila udara bersamaan dengan debu dan kotoran, otomatis kinerja mesin mobil akan terganggu dan performanya pun makin menurun. Udara kotor diketahui bisa membuat mesin mobil cepat panas. Hal ini juga berimbas pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Oleh sebab itu, kamu perlu membersihkannya secara berkala, ya. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah kok. Berikut ini beberapa cara membersihkan filter udara mobil disesuaikan dengan bahannya.

Cara membersihkan filter udara sesuai jenis bahannya

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil Sendiri Tanpa ke Bengkel

Setiap mobil memiliki bahan filter udara yang berbeda-beda. Ada yang dari bahan spons, kain, hingga karton. Berikut ini cara membersihkan filter udara mobil sesuai dengan jenis bahannya. 

1. Bahan spons

Apabila filter udara mobil kamu bahannya dari spons, berikut tahapan membersihkannya. 

  1. Buka bagian penutup filter udara.
  2. Siapkan air dan juga sabun cuci piring, kemudian campur.
  3. Masukkan filter udara bahan spons ke dalam larutan air dan sabun cuci piring.
  4. Bersihkan dengan cara meremas-remas secara perlahan dan jangan sampai dikucek terlalu keras.
  5. Jemur filter mobil di bawah terik matahari hingga kering.
  6. Apabila sudah kering, kamu bisa memasang filter udara mobil ke tempat semula.

2. Bahan kain

Apabila filter udara mobil kamu berbahan kain, proses pembersihannya pun tidak sulit. Namun, memang ada cairan khusus yang harus kamu gunakan. Berikut tahapannya.

  1. Buka bagian filter udara mobil.
  2. Semprotkan cairan khusus untuk filter kain dan degreaser. Tujuannya agar debu yang menempel bisa dikeluarkan.
  3. Kemudian kamu bisa memanfaatkan kompresor dengan tekanan tinggi atau alat lain seperti vacuum cleaner untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel.
  4. Rendam filter kain dengan air sabun kemudian keringkan filter dan pasang lagi saat sudah kering.

3. Bahan karton

Apabila filter udara mobil kamu berbahan karton, proses pembersihannya lebih mudah. Kamu bisa langsung menggunakan alat seperti kompresor yang memiliki tekanan udara tinggi. 

Setelah itu, debu atau kotoran yang menempel bisa langsung bersih seketika. Agar lebih bersih, kamu juga bisa menyikatnya dengan sikat gigi bekas yang sudah kering. Hindari membersihkan filter udara mobil jenis karton dengan cairan karena bisa rusak. 

Sebaiknya kamu sudah mulai rutin membersihkan filter udara mobil setiap mobil menempuh jarak 1.000 km, ya.

Fungsi filter udara mobil

Berikut ini beberapa fungsi filter udara mobil yang wajib kamu ketahui. 

1. Menyaring udara

Fungsi pertama dari filter udara mobil adalah menyaring udara yang masuk ke dalam mesin mobil. Sehingga, mesin tetap bersih dan udara yang bersih bisa masuk dan memaksimalkan proses pembakaran.

Mesin jadi lebih awet, tidak mudah panas, dan performa mobil akan semakin bagus. 

2. Mencegah karat

Tidak hanya menyaring kotoran dan debu, filter mobil juga berfungsi mencegah air hujan masuk ke dalam bagian mesin. Apabila air hujan merembes, maka bisa menimbulkan karat yang bisa menurunkan kualitas mesin mobil. 

3. Mencegah risiko mesin mobil menurun

Fungsi lain dari filter udara mobil adalah mencegah risiko performa mesin mobil menurun. Semakin bersih filter udara mobil maka mesin bisa bekerja dengan optimal dan bisa tetap awet hingga beberapa tahun ke depan. 

4. Menjaga ruang pembakaran tetap bersih

Filter udara mobil juga memiliki fungsi dalam menjaga kebersihan ruang pembakaran mesin mobil di mana mencegah kotoran yang menumpuk. 

Ruang pembakaran yang bersih bisa mengoptimalkan kinerja mesin mobil dengan baik. 

5. Komponen mesin mobil yang lain jadi awet

Selain menjaga mesin mobil dari kotoran dan karat, fungsi membersihkan filter udara mobil secara rutin adalah menjaga agar komponen mesin mobil lainnya seperti busi tetap awet dan terjaga. 

Biaya ganti filter udara mobil

Dalam beberapa kasus, bisa jadi kamu mungkin tidak memiliki waktu untuk membersihkan filter udara mobil. Akibatnya, bagian dalam mesin jadi kotor, berkerak, dan mesin pun tidak bisa berfungsi normal.

Mau tak mau kamu harus mengganti filter udara mobil yang baru karena memang sudah tidak bisa digunakan lagi. 

Harga filter udara mobil baru berbeda-beda, tergantung pada jenis mobil dan juga jenis filter udara yang kamu pilih.

Estimasi harganya adalah mulai dari Rp100 ribu hingga Rp1 juta. Pastikan kamu memilih bengkel yang resmi dan terpercaya, ya. Jangan tergoda dengan barang yang murah tetapi kualitasnya malah tidak bagus. 

Lalu, apakah filter udara mobil bisa dicuci? Sebaiknya, filter udara tidak boleh dicuci. Kalau filter udara dicuci atau dibersihkan menggunakan sikat, maka hanya akan merusak serat-serat bahan yang digunakan pada komponen tersebut. Jika filter udara rusak, maka penyerapan kotoran di dalam mobil tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

Akibat filter udara mobil yang kotor 

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil Sendiri Tanpa ke Bengkel

Apabila filter udara mobil kamu tidak rutin dibersihkan, akan berpengaruh pada performa mobil kamu. Berikut ini beberapa akibatnya. 

1. Asap knalpot jadi hitam

Apabila filter udara mobil kotor, otomatis akan mengganggu ruang pembakaran pada mesin mobil dan tidak bisa bekerja dengan maksimal. 

Akibatnya, akan keluar asap knalpot berwarna hitam. Selain membuat performa mesin buruk, asap knalpot hitam juga bisa mengganggu orang lain dan membuat kualitas udara buruk. 

2. Performa mesin mobil makin menurun

Disebabkan ruang pembakaran kotor dan dipenuhi oleh debu, maka performa mesin pun akan makin menurun. 

Hal ini karena kondisi di dalam mesin penuh dengan kotoran yang menempel, sehingga udara bersih tidak bisa masuk dan proses pembakaran tidak optimal.

3. Membuat mesin mobil cepat berkerak

Dampak lain dari filter udara mobil yang kotor adalah munculnya kerak pada mesin mobil. Kerak ini bisa muncul karena penumpukan kotoran dan membuat udara di dalam mesin mobil pengap.  

Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih boros karena tidak ada oksigen di dalam mesin, sehingga membutuhkan energi lebih banyak.

Rekomendasi dan harga filter udara mobil yang bagus

Apabila kondisi filter udara mobil kamu sudah mulai kotor dan harus diganti, ada beberapa rekomendasi yang cukup populer di Indonesia.

Apex

Selain berfungsi menyaring debu dan kotoran, filter udara mobil Apex ini juga berfungsi membuat kinerja mesin mobil lebih optimal.

Filter udara mobil dari Apex ini dibuat dari bahan katun dan juga polyester. Kombinasi kedua bahan ini cukup bagus dalam menyaring udara. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp200 ribuan. 

Filter udara mobil ini cocok digunakan untuk kamu yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi yang tinggi. 

Ferrox

Filter udara mobil dari Ferrox ini juga cukup populer. Filter ini dibuat dari bahan stainless steel, sehingga proses perawatan dan pembersihannya lebih praktis dan gampang. 

Namun, harga filter udara mobil Ferrox ini cukup mahal, yakni mencapai Rp800 ribu. Meskipun mahal, namun hasil yang didapatkan juga sebanding. 

Bahkan, beberapa orang mengatakan setelah menggunakan Ferrox performanya mesin mobil jadi lebih bagus.

Sakura

Filter udara mobil Sakura juga cukup populer bahkan filter ini mengklaim bisa membuat performa mesin mobil jadi bagus. Filter Sakura sendiri dibuat dari bahan kain kasa dengan rongga yang lebih besar. 

Namun, untuk perawatan, filter ini lebih sulit karena proses pembersihannya cukup sulit. Harus menggunakan cairan khusus dan kompresor. 

Segera ganti filter udara mobil kamu ke yang baru apabila filter sudah sangat kotor, hitam, dan tidak bisa dibersihkan lagi, ya.

FAQ seputar filter udara mobil

Bagaimana cara membersihkan filter udara mobil?

Kamu bisa membersihkannya sesuai dengan bahan filter udara mobil kamu. Apabila bahannya spons, kamu cukup merendamnya saja dengan air sabun dan keringkan. Untuk bahan kain, kamu bisa menggunakan cairan khusus, dan untuk bahan karton, kamu bisa membersihkannya dengan alat kompresor. 

Kapan membersihkan filter udara mobil?

Sebaiknya kamu sudah mulai rutin membersihkan filter udara mobil setiap mobil menempuh jarak 1.000 km, ya.

Kenapa filter udara mobil harus dibersihkan?

Sebab, apabila tidak segera dibersihkan akan menimbulkan penumpukan kotoran dan debu. Hal ini membuat udara bersih tidak bisa masuk dan menyebabkan proses pembakaran tidak maksimal. Mesin mobil pun akan mengalami penurunan. 

Apakah merk filter udara mobil bisa dicuci? 

Sebaiknya, filter udara tidak boleh dicuci. Kalau filter udara dicuci atau dibersihkan menggunakan sikat, maka hanya akan merusak serat-serat bahan yang digunakan pada komponen tersebut. Jika filter udara rusak, maka penyerapan kotoran di dalam mobil tidak bisa dilakukan dengan maksimal.